Pengembangan bahan ajar e-book berbasis scientific approach mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan manufaktur

Shanti Indah Lestari, Agung Listiadi

Abstract


Riset ini bertujuan guna mengembangkan bahan ajar e-book berbasis scientific approach mata pelajaran praktikum akuntansi perusahaan manufaktur terintegrasi untuk peserta didik kelas XII bidang kompetensi Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Pengembangan bahan ajar e-book berdasarkan permasalahan pembelajaran, yaitu peserta didik masih kurang memahami terkait praktikum perusahaan manufaktur, serta dipengaruhi oleh sumber belajar yang kurang lengkap. Pada mata pelajaran praktikum perusahaan manufaktur menggunakan bahan ajar LKS dan buku paket, tetapi kompetensi dasar pada LKS dan buku paket tersebut kurang sesuai. Riset ini menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan. Subjek uji coba dilakukan pada 32 peserta didik kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Rajasa Surabaya. Instrumen pengumpulan data dengan memakai lembar telaah dan validasi ahli, serta kusioner respon peserta didik. Hasil penelitian pengembangan memperoleh rata-rata kelayakan keseluruhan dari para ahli sebesar 89,5% berkriteria sangat layak. Kelayakan tersebut dilihat berdasarkan komponen kelayakan materi sebesar 85,5%, kelayakan grafik sebesar 97,1%, dan kelayakan bahasa sebesar 86%. Respon peserta didik memperoleh hasil rata-rata sebesar 91,05% berkriteria sangat memahami. Sehingga bahan ajar e-book praktikum akuntansi perusahaan manufaktur sangat efektif digunakan pada kegiatan pembelajaran.


Keywords


Bahan ajar e-book; pendekatan ilmiah; model pengembangan 4d

References


BSNP. (2014a). Naskah Akademik Instrumen Penlilaian Buku Teks Kelayakan Kegrafikan. Jakarta: BSNP.

BSNP. (2014b). Naskah Akademik Instrumen Penlilaian Buku Teks Kelompok Peminatan Ekonomi. Jakarta: BSNP.

Chotimah, N. N., & Rochmawati. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF PENUNJANG KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN LAYANAN LEMBAGA PERBANKAN DAN KEUANGAN MIKRO KELAS XI PKM DI SMKN 1 JOMBANG. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(2), 223–229.

Dewi, D. R., & Suci, R. (2012). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Interaktif Materi Jurnal Khusus Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach Sebagai Sumber Belajar Alternatif Kelas XI SMK Negeri 2 Buduran Sidoarjo. 1(1), 0–216.

Dirgantama, C. H. A., Siswandari, & Indrawati, C. D. S. (2017). The Effectiveness of Archived E-Book Based Curriculum 2013 as an Effort to Improving Learning Outcomes in Vocational School. Journal of Education and Learning (EduLearn), 11(3), 251–256. https://doi.org/10.11591/edulearn.v11i3.5936

Fadhilah, N., & Susilowibowo, J. (2019). PENGEMBANGAN BUKU AJAR AKUNTANSI BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATERI PROSES PENCATATAN DAN PENGIKHTISARAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR KELAS X AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA SMK NEGERI 1 BANGKALAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3), 372–377.

Fitri, D. L., & Listiadi, A. (2019). PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA PELAJARAN PRATIKUM AKUNTANSI LEMBAGA/INSTANSI PEMERINTAH DI KELAS XI AKL SMK NEGERI 2 TUBAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(2), 210–216. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/30070

Fitriani, I., & Rohayati, S. (2019). PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XII AKUNTANSI DI SMK NEGERI 2 BUDURAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(1), 11–20.

Indriyani, S., & Hakim, L. (2019). PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH KELAS XII SEMESTER II SMK NEGERI 2 KOTA MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3), 310–314.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 60 Tahun 2014. Jakarta: Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kirana, R. W. C., & Susilowibowo, J. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK PRAKTIKUM AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH SEBAGAI SUMBER BELAJAR ALTERNATIF. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1), 80–90.

Liu, Y., Chou, P., & Lee, B. (2020). Nurse Education Today E ff ect of an interactive e-book on nursing students ’ electrocardiogram- related learning achievement : A quasi-experimental design. Nurse Education Today, 90(100), 104427. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2020.104427

Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membut Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Pratiwi, A. Z., & Rochmawati. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK INTERAKTIF PENDEKATAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA/INSTANSI PEMERINTAH KELAS XI AKL SMK NEGERI 1 LAMONGAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 07(02), 145–151.

Putri, R. S., & Listiadi, A. (2019). PENGEMBANGAN BUKU AJAR INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA DI SMK NEGERI 2 TUBAN. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3), 466–472.

Rahmawati, S., & Susanti. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK PADA MATA PELAJARAN PRAKTIKUM AKUNTANSI LEMBAGA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 7(3), 383–391.

Raihan, S., Haryono, & Ahmadi, F. (2018). Development of Scientific Learning E-Book Using 3D Pageflip Professional Program. Innovative Journal Of Curriculum and Educational Technology, 7(1), 7–14.

Rasiman., & Pramasdyahsari, A. S. (2014). Development of Mathematics Learning Media E- Comic Based on Flip Book Maker to Increase the Critical Thinking Skill and Character of Junior High School Students. International Journal of Education and Research, 2(11), 535–544.

Riduwan. (2016). Skala Pengukuran variabel penelitian. Bandung: ALFABETA.

Rokhman, F., & Yuliati. (2010). The development of the Indonesian teaching material based on multicural context by using sociolinguistic approach at junior high school. 9, 1481–1488. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.353

Saputri, A. E., & Susilowibowo, J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book pada Mata Pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Manufaktur. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 154–162.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Trianto. (2015). Mendesain Model Pembelajaran inovatif dan kontekstual. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i2.9767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Shanti Indah Lestari, Agung Listiadi


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan