Pengaruh keamanan makanan, harga dan rasa terhadap keputusan pembelian
DOI:
https://doi.org/10.30872/jakt.v18i2.9694Keywords:
Keamanan makanan, harga, rasa, keputusan pembelianAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keamanan makanan, harga dan rasa terhadap keputusan pembelian pada konsumen mie Lemonilo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi 439.000 pada followers instagram Lemonilo. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan pengambilan sampel melalui kuesioner yang disebarkan secara online. Sampel akan disebarkan kepada 100 orang responden sesuai kriteria penelitian. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Adapun hasil penelitian menjelaskan bahwa variabel keamanan makanan (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) mie Lemonilo dengan nilai signifikan 0,033<0,05. Variabel harga (X2) juga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) mie Lemonilo dengan nilai signifikan 0,007<0,05. Kemudian variabel rasa (X3) juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) mie Lemonilo dengan nilai signifikan 0,000<0,05. Pada hasil koefisien determinasi (R²) variabel independen (keamanan makanan, harga dan rasa) berpengaruh secara simultan dengan memperoleh nilai R Square sebesar 66,3%.
References
Abadi, F., & Herwin. (2019). Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Beras Organik Di Jakarta. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 4(1), 1–8.
Adrian, M. G., & Irawan, A. (2020). Pengaruh Persepsi Nilai, Kesadaran Kesehatan dan Kepedulian Keamanan Pangan Terhadap Niat Beli Makanan Organik di Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 78(1), 140–149.
Arikunto, P. D. S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Darmawan, D. (2017). Pengaruh Kemasan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran Hidroponik. 1(April), 1–10. https://doi.org/10.31227/osf.io/vcsg3
Dhaefina, Z., Sanjaya, V. F., & Sedap, M. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image dan Testimoni Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Mie Instan Lemonilo pada Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen, 7(1), 43–48.
Fasya, D. A., & Rahwana, K. A. (2020). Pengaruh Kemasan dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Instan Indomie (Studi pada Mahasiswa/i Universitas Perjuangan Tasikmalaya). Jurnal Ekonomi Perjuangan (JUMPER), 2(2), 167–176.
Habibah, A. (2020). Analisis Labelisasi Halal, Harga dan Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Mie. Jurnal QIEMA (Qomaruddin Islamic Economy Magazine), 6(1), 59–84.
Hanifah, H. N., Hidayati, N., & Mutiarni, R. (2019). Pengaruh Produk Ramah Lingkungan (Green Product) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 2(1), 37–44. https://doi.org/10.26533/jmd.v2i1.345
Ilmi, S., Pawenang, S., & Marwati, F. S. (2020). Pengaruh Choi Siwon Sebagai Brand Ambassador, Brand Image, dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Korean Spicy Chicken. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(01), 103–113. https://doi.org/10.29040/jie.v4i01.822
Imantoro, F., Suharyono, & Sunnarti. (2018). Pengaruh Citra Merek, Iklan, Dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Terhadap Konsumen Mi Instan Merek Indomie di Wilayah Um Al- Hamam Riyadh ). Jurnal Administrasi Bisnis, 57(1), 180–187.
Instant Noodles at a Glance. (2020). WINA (World Instant Noodles Association). https://instantnoodles.org/en/noodles/report.html
Koesno, D. A. S. (2020). Kebiasaan Makan Orang Berubah Akibat Pandemi COVID-19. Tirto.Id. https://amp.tirto.id/survei-kebiasaan-makan-orang-berubah-akibat-covid-19
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip - Prinsip Pemasaran. In 1 , edisi 13 (p. 345). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kutresnaningdian, F., & Albari. (2012). Peran Kesadaran Kesehatan Dan Perhatian Pada Keamanan Makanan Terhadap Sikap Dan Minat Konsumen Dalam Membeli Makanan Organik. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 287461.
Limantara, Y. D. P. (2017). Pengaruh Customer Perception Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Multiattribute Attitude Model Pada Produk Makanan Organik. Jurnal Manajemen Pemasaran, 11(2), 69–77. https://doi.org/10.9744/pemasaran.11.2.69-78
Lismanizar, & Utami, S. (2018). Pengaruh Keamanan Pangan, Kesadaran Kesehatan, Nilai yang Dirasakan dan Harga terhadap Niat Beli Makanan Cepat Saji pada Konsumen KFC di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(2), 86–97.
Njoto, T. K. (2016). Pengaruh Desain Kemasan, Cita Rasa Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bumi Anugerah. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(4), 455–463.
Priherdityo, E. (2016). Survei : Masyarakat Indonesia Mulai Sadar Makanan Sehat. CNN Indonesia.
Raja Irfan, S., Osama, G., Iqra, H., Naeem, A., & Asad, U. R. (2014). Factors Affecting Customers Satisfaction in Restaurants Industry in Pakistan. International Review of Management and Business Research, 3(2), 869–876. http://www.irmbrjournal.com/papers/1399194994.pdf
Ramadhan, M. R., & Utami, S. (2019). Pengaruh Kesadaran Kesehatan, Nilai yang Dirasakan, Keamanan Pangan dan Harga Terhadap Niat Beli Ulang Pada Konsumen Pizza di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(2), 214–230.
Salleh, M. M., Ali, S. M., Harun, E. H., Jalil, M. A., & Shaharudin, M. R. (2010). Consumer ’ s Perception and Purchase Intentions Towards Organic Food Products : Exploring Attitude Among Academician. Canadian Social Science, 6(6), 119–129.
Siaputra, H. (2020). Bagaimana Keamanan Pangan, Kualitas Makanan Dan Citra Merek Mempengaruhi Minat Beli Ulang. Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(2), 79–87. https://doi.org/10.9744/jmp.6.2.79-87
Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia.com. AGORA, 5(1).
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.
Suharyadi, & Purwanto. (2015). Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern, edisi 3. In 1 (p. 14). Salemba Empat.
Sukmawati, N., & Ekasasi, S. R. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Sehat Soyjoy. Cakrawangsa Bisnis, 1(1), 17–28.
Sumarwan, U. (2002). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia.
Supporting Organic Farms and Businesses Through the COVID-19 Crisis. (2021). Organic Trade Association. https://ota.com/covid-19
Tjiptono, F., Chandra, G., & Adriana, D. (2008). Pemasaran Strategik. ANDI.
Widyastuti, P. (2018). Kualitas dan Harga sebagai Variabel Terpenting pada Keputusan Pembelian Sayuran Organik. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 17–28. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/manajemen/article/view/675/397
Wuntu, C. R. A., & Rofiaty. (2019). Pengaruh Cita Rasa Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rumah Makan Warung Sidik Kota Batu). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Universitas Brawijaya, 8(1).
Zani, Rosidita, A. V., Deorato, P., & Efendi, M. (2013). Analisis Pengaruh Label Halal dan Aman Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Malang. Jurnal Brawijaya Knowledge Garden, 1(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
pISSN: 0216-7743 eISSN: 2528-1135
is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License