Firm size, laverage, profitabilitas, likuiditas, kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan

Sinta Sholekhah Pratama Putri, Endang Masitoh Wahyuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji, menganalisis dan mengetahui hubungan antar variabel Firm Size¸Laverage, Profitabilitas, Likuiditas dan Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan. Populasi penelitian ini yaitu perusahaan sektor manufaktur  sub sektor tekstil dan garmen pada BEI periode 2015-2019 yang memiliki informasi sesuai dengan yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling dengan mendapatkan 11 perusahaan dari berbagai kriteria. Sumber data diambil dari BEI (www.idx.co.id) dan website perusahaan. Penelitian menggunakan analisis uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan pemanfaatan aplikasi SPSS versi 15. Hasil riset ini menunjukkan bahwa Firm Size dan Laverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan sedangkan, Profitabilitas, Likuiditas dan Kebijakan Deviden tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Hasil riset ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan manajemen perusahaan dalam memutuskan kebijakan yang terbaik dalam menentukan suatu pertimbangan yang dapat meningkatkan nilai perusahaan sehingga dapat menarik minat investor.



Keywords


Firm size; laverage; profitabilitas; likuiditas; kebijakan deviden; nilai perusahaan

References


Asna Nandita, R. K. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Size Dan Kebijakan . Cam Journal : Change Agent For Management Journal , 188-196.

Atmaja, L. P. (2008). Teori dan praktik manajemen keuangan. Yogyakarta: BPFE.

Baskara, I. P. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektorfood And Beverages. E-Jurnal Manajemen, 7399-7428.

Bernard, v. d. (1989). The nature and amount of information reflected in cash flows and accruals. The Accounting Review, 624-952.

Budagaga, A. (2017). Dividend payment and its impact on the value of firms listed on Istanbul stock exchange: A residual incomeapproach. International Journal of Economics and Financial issue, 370-376.

Cecilia, S. R. (2015). Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Perkebunan yang Go Public di Indonesia Malaysia, dan Singapura. Jurnal Simposium Ekonomi,, 1-23.

Chan, L. K. (2001). The Stock Market Valuation of Research and Development Expenditures. The Journal of Financial, 2431-2456.

Chia. (2020). Liquidity and firm value in an emerging market: Nonlinearity,political connections and corporate ownership. North American Journal of Economics, 1-26.

Christiawan, J. T. (2014). Kepemilikan Manajerial: Kebijakan Hutang dan Nilai Perusahaan. Diponegoro Journal of Accounting, -14.

Dermawan, A. (2013). Pengaruh Harga Saham dan Jumlah Saham yang Ditawarkan pada saat IPO terhadap Nilai Perusahaan ( pada Perusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah Tahun 2008-2012. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Dogan, M. &. (2014). The influence of dividend payments on company performance: The case of Istanbul stock exchange. European Journal of Business and Managemen, 189-197.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gordon, M. J. (1963). Optimal investment and financing polic. the Journal of Finance, 264-272.

Ha, N. M. (2017). Impact of Capital Structure and Cash Holdings on Firm Value: Case of Firm Listed on the Ho Chi Minh Stock Exchange. International Journal of Economics and Financial, 24-30.

Hairudin, U. B. (2020). Implikasi Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan dan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening (Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2016. Jurnal Manajemen Bisnis vol 17, 150-172.

Hamonangan, M. &. (2006). Mekanisme corporate governance, kualitas laba dan nilai perusahaan. Padang: SNAIX.

Hermuningsih, S. (2013). Pengaruh Profitabilitas growth opportunity, struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan publik di Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan , 127-148.

Herninta, T. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 22 No. 3, 325-366.

Hernita. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Esensi, 325-336.

Hung Ngoc Dang, V. T. (2020). Impact of divide nd policy on corporate value: Experiment in Vietnam. wileyonlinelibrary, 1-11.

Husnan, S. d. (2012). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Edisi Kelima. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Indonesia, B. E. (2019, Desember). Laporan Keuangn Thaunan 2015-2019. Retrieved from www.idx.co.id.

Isti'adah, U. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur. Jurnal nominal, 57-72.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i1.8745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sinta Sholekhah Pratama Putri, Endang Masitoh Wahyuningsih


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan