Perbedaan faktor yang mempengaruhi trust dalam penggunaan e-banking berdasarkan gender

Authors

  • Dianty Sonia Puruhita Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.30872/jakt.v16i2.6100

Keywords:

Trust, e-banking, gender, sem pls

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan faktor yang mempengaruhi trust atau kepercayaan dalam penggunaan e-banking berdasarkan gender terhadap 203 responden. Responden adalah pengguna e-banking dengan patokan usia produktif yaitu antara 15-64 tahun. Teknik analisis yang digunakan adalah SEM-PLS dan data diolah dengan software WarpPLS 6.0. Beberapa temuan dalam penelitian ini adalah bahwa task characteristic merupakan faktor yang paling signifikan dalam mempengaruhi trust baik bagi laki-laki maupun perempuan. Variabel kedua yang berpengaruh terhadap kepercayaan dalam menggunakan e-banking adalah risk perceived bagi perempuan dan social influences bagi laki-laki. Karakteristik tugas sebagai faktor utama yang berpengaruh terhadap kepercayaan dalam menggunakan e-banking sesuai dengan sampel penel Hal ini sesuai dengan profil sampel yang diperoleh yaitu pada usia. Sampel dalam penelitian ini adalah individu dalam rentang usia produktif yang membutuhkan teknologi e-banking dalam menjalankan aktivitas harian, utamanya untuk mengelola keuangan mereka secara cepat dan mudah.

 

Author Biography

Dianty Sonia Puruhita, Universitas Airlangga

Dianty Sonia Puruhita, saat ini adalah mahasiswa Magister Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga. Pengelaman kerja sebelumnya adalah auditor di PricewaterhouseCoopers dan staff PT. Bank BRI. Tbk.

 

References

Agarwal, R., & Karahanna, E. (2000). Time flies when you're having fun: Cognitive absorption and beliefs about information technology usage. MIS quarterly, 665-694.

Al-Gahtani, S. S. (2011). Modeling the electronic transactions acceptance using an extended technology acceptance model. Applied computing and informatics, 9(1), 47-77.

Al-Jabri, I. M., & Sohail, M. S. (2012). Mobile banking adoption: Application of diffusion of innovation theory. Journal of Electronic Commerce Research, 13(4), 379-391.

Baptista, G., & Oliveira, T. (2015). Understanding mobile banking: The unified theory of acceptance and use of technology combined with cultural moderators. Computers in Human Behavior, 50, 418-430.

Coates, J. M., & Herbert, J. (2008). Endogenous steroids and financial risk taking on a London trading floor. Proceedings of the national academy of sciences, 105(16), 6167-6172.

Cruz, P., Barretto Filgueiras Neto, L., Munoz-Gallego, P., & Laukkanen, T. (2010). Mobile banking rollout in emerging markets: evidence from Brazil. International Journal of Bank Marketing, 28(5), 342-371.

Goh, T.-T., & Sun, S. (2014). Exploring gender differences in Islamic mobile banking acceptance. Electronic Commerce Research, 14(4), 435-458.

Goodhue, D. L., & Thompson, R. L. (1995). Task-technology fit and individual performance. MIS quarterly, 213-236.

Hwang, Y., & Jeong, J. (2014). Electronic commerce and online consumer behavior research: A literature review. Information Development, 32(3), 377-388.

Instone, D., Major, B., & Bunker, B. B. (1983). Gender, self confidence, and social influence strategies: An organizational simulation. Journal of Personality and Social Psychology, 44(2), 322-333. doi: 10.1037/0022-3514.44.2.322

Kumparan. (2019). Tergilas digitalisasi, ribuan kantor cabang bank tutup Retrieved 5 Mei, 2019, from https://kumparan.com/kabarbisnis/tergilas-digitalisasi-ribuan-kantor-cabang-bank-tutup-1qwrkMghTXN

Laforet, S., & Li, X. (2005). Consumers’ attitudes towards online and mobile banking in China. International Journal of Bank Marketing, 23(5), 362-380.

Lee, C.-C., Cheng, H. K., & Cheng, H.-H. (2007). An empirical study of mobile commerce in insurance industry: Task–technology fit and individual differences. Decision support systems, 43(1), 95-110.

Li, Y.-M., & Yeh, Y.-S. (2010). Increasing trust in mobile commerce through design aesthetics. Computers in Human Behavior, 26(4), 673-684.

Liao, C., Liu, C.-C., & Chen, K. (2011). Examining the impact of privacy, trust and risk perceptions beyond monetary transactions: An integrated model. Electronic Commerce Research and Applications, 10(6), 702-715.

Lu, J., Yao, J. E., & Yu, C.-S. (2005). Personal innovativeness, social influences and adoption of wireless Internet services via mobile technology. The Journal of Strategic Information Systems, 14(3), 245-268.

Malaquias, R. F., & Hwang, Y. (2016). An empirical study on trust in mobile banking: A developing country perspective. Computers in Human Behavior, 54, 453-461.

McKnight, D. H., Choudhury, V., & Kacmar, C. (2002). Developing and validating trust measures for e-commerce: An integrative typology. Information systems research, 13(3), 334-359.

Mohammadi, H. (2015). A study of mobile banking loyalty in Iran. Computers in Human Behavior, 44, 35-47.

Moss, G. (1999). Gender and consumer behaviour: Further explorations. Journal of Brand Management, 7(2), 88-100.

OJK. (2017). Siaran Pers : Ojk Terbitkan Panduan Penyelenggaraan Kantor Digital Wujudkan Perbankan Digital Di Indonesia (Vol. SP 05/DKNS/OJK/1/2017): OJK.

Oliveira, T., Faria, M., Thomas, M. A., & Popovič, A. (2014). Extending the understanding of mobile banking adoption: When UTAUT meets TTF and ITM. International journal of information management, 34(5), 689-703.

Pavlou, P. A. (2003). Consumer acceptance of electronic commerce: Integrating trust and risk with the technology acceptance model. International journal of electronic commerce, 7(3), 101-134.

Sri Maharsi, F. F. (2006). Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepercayaan Dan Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pengguna Internet Banking Di Surabaya. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 8(1), 35-51.

Sugiantoro, Y., & Isharijadi, I. (2015). Pengaruh Personalization, Computer Self Efficacy, dan Trust Terhadap Perceived Usefullness Pada Pengguna Internet Banking di PT. Bank BRI (Persero), tbk. Cabang Madiun. Assets: Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, 4(1), 82-90.

Wagner, M. K. (2001). Behavioral characteristics related to substance abuse and risk-taking, sensation-seeking, anxiety sensitivity, and self reinforcement. Addictive behaviors, 26(1), 115-120.

Waluyo, C. A. (2018). Sejak awal tahun, bank sudah kurangi 341 kantor cabang. Retrieved 5 Mei, 2019, from https://keuangan.kontan.co.id/news/sejak-awal-tahun-bank-sudah-kurangi-341-kantor-cabang

Wang, S. W., Ngamsiriudom, W., & Hsieh, C.-H. (2015). Trust disposition, trust antecedents, trust, and behavioral intention. The Service Industries Journal, 35(10), 555-572.

Yiu, C. S., Grant, K., & Edgar, D. (2007). Factors affecting the adoption of Internet Banking in Hong Kong-implications for the banking sector. International journal of information management, 27(5), 336-351.

Zhou, T. (2012). Examining mobile banking user adoption from the perspectives of trust and flow experience. Information Technology and Management, 13(1), 27-37.

Published

2019-09-16

Issue

Section

Articles