Implementasi kebijakan total quality management (tqm) di pt pupuk kalimantan timur

Yantje Yophie Turang

Abstract


Dalam menghadapi persaingan pasar global yang semakin ketat dan kompetitif, menerapkan kebijakan implementasi Total Quality Management (TQM) sangat penting bagi keberhasilan jangka panjang organisasi perusahaan serta merupakan salah satu sumber keunggulan agar tercipta kinerja dan produktivitas menuju tercapainya budaya mutu perusahaan yang berlangsung secara terus menerus (continous improvement). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi TQM dengan pendekatan PDCA (Plan, Do, Check, Action) melalui gugus-gugus mutu  dan fokus kepada indikator yang diteliti yaitu Kebijakan Direksi sebagai panduan, Komitmen dan peran serta Manajemen, Budaya Organisasi dalam perusahaan, Motivasi Karyawan sebagai mentalitas dasar untuk melaksanakan program perusahaan, Metodologi penyelesaian masalah yang digunakan, Penghargaan yang diberikan perusahaan atas prestasi karyawan, serta program Pendidikan dan Pelatihan yang dilaksanakan dalam mendukung upaya implementasi TQM. Penelitian ini dilakukan di PT Pupuk Kalimantan Timur dengan teknik random sampling serta desain survei menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada karyawan perwakilan dari unit kerja dalam perusahaan dan wawancara sebagai instrumen pengumpulan data dengan Ketua Badan Pembina Manajemen Mutu Terpadu (BPMMT) sebagai   penanggung jawab implementasi program. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian Implementasi TQM di PT Pupuk Kalimantan Timur melalui pendekatan PDCA oleh gugus-gugus mutu ditemukan adanya hubungan yang erat dan saling mempengaruhi antara faktor-faktor indikator tersebut dengan peningkatan kinerja dan produktivitas budaya mutu perusahaan.


Keywords


Total quality management (tqm); pdca; motivasi karyawan; pendidikan dan pelatihan; penghargaan prestasi

References


Akdon. 2006. Strategic Management for Educational Management. Bandung: Alfabeta.

Aina, Sola .& Oyeyemi Kayode. 1883. Application of Total Quality Management in the Classroom. British Journal of Arts and Social Science. ISSN. 2046-9578. Vol.11 No.1 (2012).

Atmodiwirio, Soebagio. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya, 2000.

Aminatul, Zahroh. Total Quality Management. Yogja : AR-RUZZ Media, 2014.

Atmadi, Sutrisno. Panduan Membangun Gugus Mutu. Tangerang: PT Bernam Citra Perkasa, 2011.

Atmadi, Sutrisno. Tujuh Alat Bantu Analisa Masalah Gugus Mutu. Tangerang: PT Bernam Citra Perkasa, 2011.

Al-Qahtani, Norah Dhafer. The Impact of Total Quality Management On Organizational Performance. European Journal Of Businnes and Management. Vol.7. No. 36, 2015.

Bahaudin, Taufik. Brainware Management, Memenangkan Knowledge Competition. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2003.

Benyamin, Alexander. Execution Leader, Kunci Sukses Memimpin Perusahaan. Jakarta: Prima Grafika, 2014.

Brienkerhoff, R.D. Brethower, D.M. Hlujchji,T.Et. a.l Evaluation a Practitioners Guide for Traners and Educator. Western Michigan: Klowernijh off Publishing.

Buttle, Francis. 2007 Customer Relationship Management. Indonesia: Bayumedia Publishing.

Carl V. Patton & David S.Sawicki. 1986. Basic Methods of Policy Analysis & Planning. New Yersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.

Chabib, Thoha. 1996. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

David L. Goetsch dan Stanley B. Davis. 2002. Pengantar Manajemen Mutu, Jakarta: Prenhallindo, 2002, Jilid 1 dan 2.

Dorothea, Wahyu Ariani, 2004. Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Kuantitatif dalam Manajemen Kualitas). Yogyakarta: ANDI.

Dennis A. Rondinelli and G. Shabbir Cheeme, 1998. Decentralization and Development: Policy Implementation in Developming Countries. California: Sage Publication Inc.

Drennan Lynn, T. 1999. Total Quality Management in the Scottish Universities. Glasgow Caledonian University. Scotland.

Evans, James R. 2005. Total Quality Management, Organization and Strategy. Canada: Thomson South-Western.

Fernandes, H,J,X. 1984. Evaluation of Educational Program. Jakarta: National Education Planning and Curriculum Development.

Gronlund, N.E. & Linn, R.L. 1990. Measurment and Evaluation in Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.

George Stephen and Arnold. 1994. Weimerskirch. Total Quality Management, Strategies and Techniques Provenat Today’s Most Successfull Companies. Kanada: Published by John Wiley & Sons,Inc.

Gaspersz Vincent. 2002. Total Quality Management, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gaspersz Vincent. 2002. Konsep VINCENT, Penerapan Konsep VINCENT tentang Kualitas dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gaspersz, Vincent. 2011. Avanti Fontana. Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries. Bogor: Vinchristo Publication.

Gaspersz, Vincent. 2011. Avanti Fontana. Integrated Management Problem Solving. Bogor: Vinchristo Publication.

Gaspersz, Vincent. 2007. GE Way And Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gerson, Richard F., Mengukur Kepuasan Pelanggan, Panduan Menciptakan Pelayan Bermutu. Jakarta : PPM.

Gharakhani Davood, Hossein Rahmati, M. Reza Farrokhi, Arshad Farahmandian. 2013. Total Quality Management and Performance. American Journal of Industry Engineering. Vol. 1,h 46-50.

Goldberg, Jacquelin S., and Bryan R. Cole. 2002. Quality Mangement In Education: Building Excellence and Equity in Student Performance. North Broward County, Florida: QMJ. Vol.9/No.4/2002.

Hanafi, Mamduh M. 2009. Manajemen Risiko. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Heinz Weihrich and Harold Koontz. 1993. Management a Global Perspective. New York: McGrow.Hill.Inc. Ten Edition.

International Standard. 2008. ISO 9001, Quality Management System Requirements. Jakarta: Ahlindo Konsultan Utama. Fourth Edition.

Iswara, Singgih., Hadi Sriwiyana. Filsafat Ilmu dalam Pendidikan Tinggi. Jakarta: Cintya Press.

Juran, J.M., Merancang Mutu. 1996. Rancangan Baru Mewujudkan Mutu ke dalam Barang dan Jasa. Jakarta: Pustaka Binawan Pressindo.

Joiner, Therese A. 2007. Total Quality Management and Performance. The Role of Organization Support and co-worker support. International Journal of Quality & Realibility Management. Vol.24 No. 6. pp 617-627.

Kasali, Rhenald. Change. 2015. Leadership Non-Finito. Jakarta: Mizan Media Utama.

Kasali, Rhenald. 2014. Let’s Change: Kepemimpinan, Keberanian dan Perubahan. Jakarta: PT Gramedia.

Kaufman R. & Susan Thomas. 1980. Evaluation without Fear. New York: New view Point.

Korankye, A. Addae.2013. TQM: Asource of Competitive Advantage. A Comparative Study of Manufacturing and Service Rirms In Ghana. International Journal of Asian Social Science. 3(6): 1293-1305.

May, Matthew E., The Elegant Solution. 2007. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya. Edisi Revisi.

Muttaqin dan Dharmayanti. Pengaruh Implementasi TQM. 2015. Jurnal Akutansi/Volume XIX, No.01, Januari : 68-78.

Munir, Risfan. 2011 Manajemen Apresiatif. Bandung: Kaifa.

Purwanto, Iwan. 2008. Manajemen Strategi. Bandung: Yrama Widya.

Powell, Thomas C. 2005. Total Quality Management as Competitive Advantage: A Review and Empirical Study. Strategic Management Journal is Currently published by John Wiley & Sons. http://www.jstor.org/2005.

Nana, Syaodih S., Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Kerjasama UPI dengan Remaja Rosdakarya.

Sadikoglu, Esin and Hilal Olcay. 2014. The Effects of Total Quality Management Practices on Performance and The Reason of and the Barriers to TQM Practices in Turkey. Hindawi Publishing Corporation. Volume. Aritcle ID 537605.

Sagala, Syaiful. 2000. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sallis, Edward. 2012. Total Quality Management in Education, Manajemen Mutu Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Samora, Larry A & Richard E. Porter. 1991 Communication Between Cultures. USA.

Scavia B. Anderson & Samuel Ball. 1978. The Profesional and Practice of Program Evaluation, San Francisco: Yossey Bass Publisherss.

Suharyanto, Hadriyanus, Agus Heruanto Hadna. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Media Wacana.

Stoner, James A.F., R Edward Freeman, Daniel R. Gilbert, Jr. 2003. Manajemen. Jakarta : Indeks Gramedia Grup.

Susilo Leo J., Victor Riwu Kaho. 2011. Manajemen Risiko berbasis ISO 31000. Jakarta: PPM.

Sudarsono, F.X. 1994. Penelitian Evaluasi. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP.YK.

Suharsimi, A. 2002. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Solichin, A.B. 2004. Analisa Kebijakan: Dari formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Sopiah. 2008. Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Andi.

Tayibnas, F.Y. 2000. Evaluasi Program. Jakarta : Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandy & Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management. Yogjakarta: Andi. Edisi Revisi.

Tjiptono, Fandy & Anastasia Diana. 2005.Total Quality Service. Yogjakarta: Andi.

Total Quality Management: http://www.wiley.com/college/sc/reid/chap5.pdf (diakses desember 2015).

Wand, Edwin and Gerald W. Brown, Essensial of Educational Evaluation, New York: Holt, Rinehart and Winston.

Wahab, Abdul Azis. 2011. Anotomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Weiss. Carol H. 1972. Evaluation Research. Englewoods cliffs: Prentice Hall.

Wibowo. 2013. Manajemen Kinerja. Jakarta : Rajawali Pers.

William C. Frederick, Keith. Daavis and James E. Post. Business and Society Corporate Strategy Policy, Ethics, Sixth Edition. New York: Mc Graw Hill Publishing Company.

Winarno, Budi. 2007. Kebijakan Publik, Teori Proses. Yogyakarta : Media Presindo.

Ula Skomatul, S. 2013. Buku Pintar Teori-teori Manajemen Pendidikan Efektif. Yogyakarta.

Usman, Husaini. 2014. Manajemen: Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yeremias, T. Keban. 2004. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep,Teori dan Isu. Jakarta: Gava Media.

Yvonna, S. Lincoln dan Egon G. Guba. 1985. Naturalitic Inquiry. London: Sage Publiations.

Zairi, Mohamed, 1993. Total Quality Management for Engineers. Houston-Texas. Gulf Publishing Company.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v16i1.5412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yantje Yophie Turang


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan