Strategi promosi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan pada agrowisata tenayan raya pekanbaru provinsi riau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, penjualan personal dan penjualan langsung terhadap keputusan kunjungan wisatawan di Agrowisata Tenayan Raya Pekanbaru Provinsi Riau. Data primer diperoleh melalui metode kuesioner terhadap 100 responden pengunjung objek wisata di Agrowisata Tenayan Raya Pekanbaru dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Dan untuk data sekunder diperoleh dari pemilik dan literatur lainnya. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) bauran promosi yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan, humas dan publisitas, penjualan personal dan pemasaran langsung berpengaruh secara simultan terhadap jumlah kunjungan wisatawan agrowisata Tenayan Raya Pekanbaru Provinsi Riau. (2) bauran promosi: periklanan, promosi penjualan, dan pemasaran langsung secara parsial berpengaruh terhadap keputusan wisatawan agrowisata Tenayan Raya, sedangkan dua bauran promosi lainnya yakni humas dan publisitas, dan penjualan personal secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan wisatawan agrowisata Tenayan Raya Pekanbaru Provinsi Riau.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, Faisal dkk. 2017. Pengaruh Bauran Promosi Pariwisata Terhadap Motivasi Berkunjung Wisatawan (Studi pada Kediri Water Park Kabupaten Kediri). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Volume 45 No 1. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang
Amalina, Nisa. 2014. Strategi Promosi dalam Pengembangan Pariwisata Lokal di Desa Wisata Jelekong. Jurnal Trikonomika Volume 13 No 2
Assauri, Sofyan. 2008. Manajemen Pemasaran. Dasar, Konsep dan Strategi PT.Grafindo Persada Jakarta
Cutlip, Scott et all. 2006. Effective Public Relations. Digital Library of State University of Malang
Fathul, Noor. dkk. 2018. Strategi Media Promosi dalam Meningkatkan Kunjungan Daya Tarik Wisata Rumah Ulin Arya. e-journal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman
Fera, Feni. 2016. Peranan Promosi Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Poso. e-Journal “Acta Diura” Volume V. No. 2
Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketiga, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Alfabeta, Bandung
Handayani, Estu dan Dedi, Mohamad. 2017. Pengaruh Promosi Wisata Bahari dan Kualitas Pelayanan Terhadap Peningkatan Jumlah Kunjungan Wisatawan di Pelabuhan Muncar Banyuwangi. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Volume 7 No 2. Sekolah Tinggi Ilmu Komputer PGRI Banyuwangi
Kotler, Philip & Keller. 2007. Marketing Management. Prentice Hall. Inc. New Jersey
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi . Salemba Empat, Jakarta
Simamora, Henry, 2007, Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis, Salemba Empat, Jakarta
Sugiyono. 2018. Statistik untuk Penelitian. Alfabeta, Bandung
Swasta, Basu. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedelapan, Liberty Jakarta
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Andi, Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v16i1.5381
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Dodi Agusra, Erfa Okta Lussianda, Yeni Afriyeni
Editorial Address
Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com
StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan