Evaluasi Minat Guna User Aplikasi Lamikro dalam Rangka Efisiensi Pembuatan Laporan Keuangan UMKM dengan User Experience (UX) dan Keamanan sebagai Faktor Determinan

Authors

  • Hasbullah Hajar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ternate
  • Muhammad Iqbal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.30872/jakt.v21i1.14660

Keywords:

User Experience, Keamanan, Minat Guna, UMKM Ternate

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti ilmiah bahwa desain User Experience (UX) Dan faktor keamanan dapat mempengaruhi minat guna user aplikasi Lamikro yang terdiri dari pelaku UMKM di Kota Ternate. Populasi penelitian adalah pelaku UMKM yang ada di Kota Ternate. Kemudian, untuk metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana kriteria yang diterapkan yakni sampel sebelumnya harus sudah pernah menggunakan aplikasi Lamikro untuk pembukuan dan pembuatan laporan keuangan sederhana. Jenis data pada penelitian ini yakni data primer yang dikumpulkan dari kuesioner yang telah diisi oleh responden terpilih berdasarkan kriteria yang ditentukan. Selanjutnya, dari penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa variabel User Experience tidak berpengaruh terhadap minat guna aplikasi Lamikro. Sementara itu, keamanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat guna aplikasi Lamikro.

References

Alben, L. (t.t.). Defining the Criteria for Effective Interaction Design.

Arasu Raman, & Viswanathan Annamalai. (2011). Web Services and e-Shopping Decisions: A Study on Malaysian e-Consumer. IJCA Special Issue on Wireless Information Networks & Business Information System, 2, 54–60.

Deng, Liqiong and Poole, & Marshall Scott. (2010). Affect in Web Interfaces: A Study of the Impacts of Web Page Visual Complexity and Order. MIS Quarterly, 34(4), 711–730.

Dewi Utami Maya. (2023, Januari 10). Proyeksi UMKM 2023. Universitas STEKOM.

Frost Jim. (2023). Cronbach’s Alpha: Definition, Calculations & Example. statisticsbyjim.com.

Herwi. (2019). PENGARUH KEMUDAHAN ADMINISTRASI DAN ARGIN PEMBIAYAAN TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi pada PT LKMS Mahirah Muamalah Syariah). UIN Ar-Raniry.

Hidayatuloh, S., & Aziati, Y. (2020). ANALISIS PENGARUH USER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MOBILE APPLICATION E-COMMERCE SHOPEE MENGGUNAKAN MODEL DELONE & MCLEAN. Dalam 73 | TEKINFO (Vol. 21, Nomor 1).

Jogiyanto HM. (2007). Sistem informasi keperilakuan. Andi Offset.

Joseph F. Hair, JR William C. Black, Anderson, Tatham, & Black. (1998). Multivariate Data Analysis Fifth Edition (5 ed.). Prentice Hall.

KBBI. (2023). KBBI “Minat.” kbbi.web.id.

KemenkopUKM. (2021). UMKM di Ternate. KemenkopUKM.

KemenkopUKM. (2023). Aplikasi LAMIKRO (3.1). KemenkopUKM.

Lambing, Peggy, Kuehl, & Charles. (2003). Entrepreneurship. Prentice-Hall.

Leong, C.-M., Tan, K.-L., Puah, C.-H., & Chong, S.-M. (2021). Predicting mobile network operators users m-payment intention. European Business Review, 33(1). https://doi.org/10.1108/EBR-10-2019-0263

Olga Deana. (2021). PENGARUH FITUR LAYANAN, KEPERCAYAAN DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT GENERASI MILENIAL MENGGUNAKAN INTERNET BANKING PADA BANK SYARIAH (Studi Kasus Wilayah Tangerang Selatan). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rahman, A., & Dewantara, R. Y. (2017). “PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SITUS JUAL BELI ONLINE” (Studi Kasus Pada Pengguna Situs Jual Beli “Z”). Dalam Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 52, Nomor 1). https://id.techinasia.com

Saptawati Yulisa. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Keamanan & Manfaat Mobile Banking terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bulukumba. STIE Nobel Makassar.

Shedroff, N. (2009). Experience Design 1.1.

Urbach, N., & Ahlemann, F. (2010). Structural Equation Modeling in Information Systems Research Using Partial Least Squares (Vol. 11, Nomor 2).

Published

2024-06-14

Issue

Section

Articles