Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai

Nita Harpianna, Agus Halim, Rohsita Amalyah Rasyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kompetensi dan lingkungan kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Mamuju. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian seluruh pegawai yang bekerja pada Kantor Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Mamuju, sampel yang digunakan dengan teknik Nonprobability Sampling dengan jumlah sampel 40 responden. Rumus yang dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda, uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear berganda, uji t, dan uji f. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan kompetensi dan lingkungan kerja secara parsial dan simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap Kinerja pegawai pada Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Mamuju. Kontribusi kompetensi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Mamuju tergolong masih lemah dengan nilai 36,1% artinya masih ada faktor lain sebesar 63,9% yang memiliki pengaruh terhadap kinerja pegawai pada Bagian Umum dan Perlengkapan Sekretariat Daerah Kabupaten Mamuju.


Keywords


Kompetensi; Lingkungan Kerja; Kinerja Pegawai

References


Afandi, P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori, Konsep dan Indikator. Cetakan ke-2. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Al Mukarramah, A. P. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara Melalui Kepuasan Kerja Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Gowa (Doctoral dissertation).

Edison Emron, Yohny Anwar, Imas Komariyah. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta, Bandung.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Halim, A. (2021). Pengaruh budaya kerja, motivasi dan disiplin terhadap kinerja pegawai pada kantor dinas tanaman pangan hortikultura dan peternakan kabupaten mamuju. Jema adpertisi journal, 1(3), 31-41.

Hasmin & Nurung, J. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. Solok: Mitra Cendekia Media.

Inzani, F., & Yuliani, Y. (2022). Pengaruh Kompetensi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Biro Umum Kantor Gubernur Sulawesi Barat. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 59-67.

Jemma, J. (2020). Pengaruh Kompetensi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Komunikasi, Informatika Dan Statistik Kabupaten Barru (Doctoral dissertation, STIE Nobel Indonesia).

Julianti, S. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pada Karyawan Pt Angkasa Pura Ii (Persero) Sultan Thaha Jambi (Doctoral Dissertation, Universitas Batanghari).

Kasmir. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Ed. 14. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Narimawati, U., Sarwono, J., Munandar, D., & Winanti, M B. (2020). Metode Penelitian dalam Implementasi Ragam Analisis. Untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara.

Priansa, D. J. (2017). Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung. Alfabeta.

Ramadhan, A., & Halim, A. (2023). Pengaruh Beban Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Puskesmas Desa Tabulahan Kecamatan Tabulahan Kabupaten Mamasa. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2).

Riskan, Y., Adinugroho, I., & Halim, A. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Kepemipinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Mamuju. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2).

Sedarmayanti. (2017) Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Edisi Cetakan Kesatu. Bandung PT. Refika Aditama.

Sinambela, E. A., & Lestari, U. P. (2022). Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 10(1), 178-190.

Sinambela, L. P., & Sarton, S. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif Teoritik dan Praktik. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Tim penyusun Universitas Muhammadiyah Mamuju, (2022), Pedoman Penulisan Proposal Penelitian dan Skripsi. LP3M Mamuju.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, www.bkn.go.id

Widyaningrum, M E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Surabaya: Ubhara Manajemen Press.

Wijaya, G. A., Kawiana, I. G. P., & Astrama, I. M. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota Denpasar. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 1(2), 729-743.

Yusuf, F. A., & Maliki, B. I., (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Suatu Pendekatan Fungsional Teoritis dan Aplikatif. Depok: Rajawali Pers.

Zainal, V. R., Ramly, M., Mutis, T., & Arafah, W. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. Depok: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v20i4.14382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nita Harpianna, Agus Halim, Rohsita Amalyah Rasyid


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan