Pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap tingkat kemiskinan

Nurafna Damaang, Rusli Rusli, Abdul Halim

Abstract


Pertumbuhan merupakan ukuran keberhasilan pembangunan, dan hasil pertumbuhan ekonomi akan dapat pula dinikmati masyarakat sampai di lapisan paling bawah, baik dengan sendirinya maupun dengan campur tangan pemerintah, pertumbuhan harus berjalan secara beriringan dan terencana, mengupayakan terciptanya pemerataan kesempatan dan pembagian hasil-hasil pembangunan dengan lebih merata. Dengan demikian maka daerah yang miskin. Kemiskinan merupakan masalah dalam pembangunan yang bersifat multidimesni. Kemiskinan merupakan persoalan kompleks yang terkait dengan berbagai dimensi yakni sosial, ekonomi, budaya, politik serta dimensi ruang dan waktu. Kemiskinan didefenisikan sebagai kondisi dimana seseorang atau sekelompok orang, laki-laki dan perempuan, tidak terpenuhi hak-hak dasarnya untuk mempertahankan dan mengembangkan kehidupan yang layak. Hasil penelitian menunjukkan angka thitung -1.604 < angka ttabel 1,89458 dengan nilai probabilitas 0.147 > 0,05 berarti Ho diterima dan H1 ditolak, maka secara pasial pertumbuhan ekonomi berpengaruh tidak signifikan terhadap tingkat kemiskinan di Kabupaten Mamuju. Hasil analisis  Koefisien korelasi pertumbuhan ekonomi diperoleh R=0,492 yang berarti bahwa terdapat hubungan yang sedang antara tingkat kemiskinan (Y) dengan pertumbuhan ekonomi (X) di Kabupaten Mamuju.


Keywords


Pertumbuhan ekonomi; tingkat Kemiskinan

References


Arsyad Lincolin (2018). Ekonomi Pembangunan Edisi Revisi. Cetakan Pertama STIE YKPN. Yogyakarta

Bambang (2012). Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta. Penerbit Reneka Pustaka

Basriadi (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan:(Skripsi)

Effendi, (2017). Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Sumatera Utara (2010-2019). Jurnal Manajemen Bisnis Eka Prasetya Penelitian Ilmu Manajemen, 6(2), 89-99

Nasir, dkk (2012). Analisis Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pertumbuhan Ekonomi dan Pengangguran Terhadap Kemiskinan di Indonesia. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 6(2), 217-240.

Purnama, N. I. (2017). Analisis pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap tingkat kemiskinan di Sumatera Utara. Jurnal Ekonomikawan, 17(1), 163054.

Simanjuntak (2016). Dampak Pertumbuhan Ekonomi terhadap Penurunan Jumlah Penduduk Miskin, Jurnal Ekonomi Politik dan Keuangan. INDEF. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v16i2.14336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nurafna Damaang, Rusli Rusli, Abdul Halim


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan