Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen

Sitti Hardianti, Ramli S Ramli S, Supriadi Yusuf

Abstract


Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan sumber data primer dan sekunder dengan penggolahan data regresi linear sederhana dari hasil tanggapan responden terkati tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Coffe Axuri di Kabupaten Mamuju dan kuatnya hubungan pengaruh antara variabel. Hasil penelitian menunjukkan angka konstanta sebesar 14,010 yang artinya bahwa jika nilai kualitas pelayanan dalam keadaan tetap atau tidak mengalami perubahan, maka nilai kepuasan konsumen pada Coffe Axuri di Kabupaten Mamuju sebesar 14,010. b1 sebesar  0,379 yang artinya bahwa jika kualitas pelayanan meningkat satu satuan, maka kepuasan konsumen Pada Coffe Axuri di Kabupaten Mamuju akan meningkat sebesar 0,379 dengan asumsi variabel lain tidak mengalami perubahan atau konstan. Pengujian hipotesis secara parsial bertujuan untuk mengetahui variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Coffe Axuri di Kabupaten Mamuju secara parsial atau satu persatu. Uji parsial atau uji t dilakukan dengan membandingkan nilai thitung daengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05. Uji parsial atau uji t mempunyai pengaruh signifikan apabila thitung > ttabel dengan nilai probabilitas kesalahan lebih kecil dari 0,05 (5%). Koefisien korelasi (R) sebesar 0,736 termasuk dalam kategori hubungan yang kuat yang menunjukkan bahwa korelasi antara variabel. Sedangkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,713 atau 71,3% yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan mampu menerangkan kepuasan konsumen pada Coffe Axuri di Kabupaten Mamuju atau hipotesis diterima dalam penelitian ini.


Keywords


Kualitas pelayanan; kepuasan konsumen

References


Alma. Moenir. (2015). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Barata.Winalwati (2015). Total Quality Service. Yogyakarta : Andi Offset.

Fandy Tjiptono. (2020). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.

Fandy Tjiptono. Wyekef (2018). Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset.

Huriyyati 2005. Pemasaran Jasa Perusahaan Moderen. Yogyakarta: Andi Offset.

I Gusti Bagus Rai Utama. (2012). Metodologi Penelitian. Jogyakarta : Penerbit Andi.

Jufriyanto, M. (2020). Analisis tingkat kepuasan konsumen pada kualitas pelayanan kedai kopi shelter. Matrik: Jurnal Manajemen dan Teknik Industri Produksi, 20(2), 79-90.

Kotler Philip dan Keller (2020). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Salemba Empat

Kotler Philip, (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Salemba Empat

Lopiyoadi. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Masri Singarimbun dan Parasuraman. (2015). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Nanang Tasunar , Efendi. (2019). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Nurachman, M. H. (2021). Pencapaian Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan pada Kedai Kopi di Kota Bandung. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 165-177.

Prevost Zethhaml dan Barry Yamit. (2017). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.

Ramli, S. (2023). Kreativitas pelaku usaha, sosial media dan inovasi kemajuan teknologi terhadap keputusan pembelian smartphone.

Ramli, S., & Asia, N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Pada Toko Planet Kids Di Kabupaten Mamuju. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2).

Rangkuti. (2016). Measuring Customer Satisfaction (cetakan ketiga). Jakarta PT.Gramedia Pustaka Utama.

Ririn. (2017) Management Customer Satisfaction Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Roesanto Sutopo. (2020). Pengantar Prilaku Organisasi. Surakarta: UNS Press.

Sinambal Senge. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soebakir, B. D., Lumanauw, B., & Roring, F. (2018). Pengaruh brand, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan konsumen membeli di kedai kopi gudang imaji manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. ALFABETA.

Wisnalmawati. (2015) Manajemen Kualitas Layanan. Jakarta, Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.14327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sitti Hardianti, Ramli S Ramli S, Supriadi Yusuf


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan