Pengaruh kepuasan kerja dan budaya kerja terhadap produktivitas kerja karyawan

Gilang Ramadhan, Muh. Ferils, Junaeda Junaeda

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini yakni: 1. Untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan budaya kerja secara parsial terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Semen Tonasa Desa Belang-Belang Kabupaten Mamuju. 2. Untuk mengetahui variabel yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Semen Tonasa Desa Belang-Belang Kabupaten Mamuju. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel independen dan satu variabel dependen dengan alat uji yang akan digunakan yaitu 1) uji validitas, 2) uji realibilitas, 3) uji regresi linear berganda, uji t (parsial) dan uji R2 (koefisien determinasi). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Pengolahan data penelitian menggunakan regresi linear berganda dengan alat bantu Software SPSS versi 24.0 untuk membaca arah pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa kepuasan kerja dan budaya kerja berpengaruh signifikan secara parisial terhadap produktivitas kerja karyawan pada PT. Semen Tonasa Desa Belang-Belang Kabupaten Mamuju. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kepuasa kerja berpengaruh paling dominan berpengaruh produktivitas kerja karyawan pada PT. Semen Tonasa Desa Belang-Belang Kabupaten Mamuju.


Keywords


Kepuasan kerja; budaya kerja; produktivitas kerja karyawan

References


Ansory, Al Fadjar dan Meithiana Indrasari. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Asli. Sidoarjo : Indomedia Pustaka.

Enjang Sudarman. (2018). Pengaruh Budaya Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pelayanan Publik Di Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Karawang. Study And Management Research, Vol.14 No.1.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, M, S, P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mangkunegara. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Meithiana, Indrasari. (2017). Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan Tinjauan Dari Dimensi Iklim Organisasi, Kreativitas Individu, Dan Karakteristik Pekerjaan”, Indonesia Pustaka, Sidoarjo,.

Rini, Heri. (2016). Determinan Kepuasan Kerja dan Implikasinya Terhadap Komitmen Organisasi”, Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 14(2).

Sedarmayanti. (2018). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV.Mandar Maju.

Sinambela. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Sinature. T, Erna. E, dan Khairani. E. (2022). Pengaruh Keselamatan Kerja terhadap Produktivitas Kerja pada Koperasi Baitul Qiradh Baburrayyan Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Ilmu-Ilmu Manajemen, 4(1), 38-48.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. CV. Alfabeta

Supriyadi dan Triguno. (2013). Budaya Organisasi Pemerintah-Bahan Ajar Diklat Prajabatan Golongan III. Jakarta: LAN RI

Yusuf., F., A., & Maliki., B., I. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Suatu Pendekatan Fungsional Teoretis dan Aplikatif. Rajawali Pers.

Zainal, V. R., Ramly, M., Mutis, T., & Arafah, W. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : Dari Teori ke Praktik. Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.14325

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Gilang Ramadhan, Muh. Ferils, Junaeda Junaeda


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan