Pengaruh kompetensi dan pelayanan terhadap kepuasan pasien

Sumarni Sumarni, Muh. Ferils, Jamaludin Kamarudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kompetensi dan pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Binanga Kabupaten Mamuju. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dengan dua variabel independen dan satu variabel dependen. data yang di gunakan data primer dan data sekunder. Populasi penelitian adalah pasien Puskesmas Binanga Kabupaten Mamuju, dengan jumlah tidak terbatas, penentuan sampel menggunakan persamaan persamaan rumus chocran dengan jumlah sampel 96 responden dengan teknik sampling insidental. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta membagikan kuesioner secara langsung kepada responden. pengujian instrument penelitian menggunakan uji validitas dan uji realibilitas, alat analisis menggunakan. Pengolahan data menggunakan regresi linear berganda dengan alat bantu IBM SPSS versi 27, selanjutnya untuk menjawab hipotesis menggunakan uji parsial (uji statistik t) dan uji simultan (uji statistik F). Hasil penelitian diperoleh bahwa kompetensi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pasien Puskesmas Binanga Kabupaten Mamuju. Pelayanan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pasien Puskesmas Binanga Kabupaten Mamuju. Serta kompetensi dan pelayanan secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien Puskesmas Binanga Kabupaten Mamuju.


Keywords


Kompetensi; pelayanan; kepuasan pasien

References


Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Strategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi). CV. Alfabeta.

Engkus. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cibitung Kabupaten Sukabumi. Jurnal Governansi, 5(2), 99–109. https://doi.org/https://doi.org/10.30997/jgs.v5i2.1956

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, M. S. P. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia (Ed. Revisi). PT. Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2017.

Priansa, D. J. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM. CV. Alfabeta.

Purwaningrum, R. (2020). Analisis Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2018. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 7(1), 357–367. https://doi.org/https://doi.org/10.33024/jikk.v7i1.2418

Rensi, N. (2019). Pengaruh Kompetensi Tenaga Medis Dan Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Poncowati Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Simplex, 2(2), 141–152. https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JS/article/view/379

Sari, K. I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Urug Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(31), 194–207. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25157/dinamika.v7i1.3431

Siaran Pers Kemenko PMK. (2020). Kesehatan Modal Dasar Pembangunan Nasional | Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Website. https://www.kemenkopmk.go.id/kesehatan-modal-dasar-pembangunan-nasional

Sinambela, L. P., & Sinambela, S. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif Teoritik dan Praktik. In Buku Cetak. PT. Rajagrafindo Persada. http://www.rajagrafindo.co.id

Sudaryono. (2021). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. In Buku Cetak (Edisi Ke-2). PT.Rajagrafindo Persada. http://www.rajagrafindo.co.id

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. CV. Alfabeta.

Suratri, M. A. L., Suryati, T., & Edwin, V. A. (2018). Persepsi Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Rumah Sakit. Buletin Penelitian Kesehatan, 46(4), 239–246. https://doi.org/https://doi.org/10.22435/bpk.v46i4.33

Sutrisno, E. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan.

Widyaningrum, M. E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Ubhara Manajemen Press.

Zainal, V. R., Ramly, M., Mutis, T., & Arafah, W. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : Dari Teori ke Praktik. Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v17i2.14322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sumarni Sumarni, Muh. Ferils, Jamaludin Kamarudin


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan