Pemanfaatan media sosial sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan omset bisnis umkm di era digital

Suriadi Suriadi, Nur Eva Yanti, Amrizal Salida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk meningkatkan omset dan penjualan bisnis mereka. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Sidenreng Rappang, khususnya di kota Pangkajenne, melibatkan 10 informan sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku UMKM telah berhasil menerapkan strategi yang sejalan dengan konsep 4P (Produk, Harga, Tempat, Promosi) dalam upaya pemasaran mereka. Mereka mengadopsi berbagai pendekatan dalam memanfaatkan media sosial, seperti memposting konten di platform media sosial seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, dan TikTok. Selain itu, mereka secara aktif membuat video yang menarik untuk menarik perhatian konsumen potensial dan berkolaborasi dengan pembuat konten untuk memperluas jangkauan pemasaran produk mereka. Manfaat yang diidentifikasi dalam penggunaan media sosial meliputi efisiensi dalam proses pemasaran, kerjasama dengan layanan kurir lokal, dan potensi komunikasi tanpa batas antara penjual dan pembeli. Di sisi lain, tantangan yang dihadapi melibatkan masalah konektivitas internet, gangguan dalam penggunaan perangkat seluler, risiko akun media sosial diretas, dan keberadaan pesanan fiktif yang dapat memengaruhi bisnis mereka.


Keywords


Media Sosial; Strategi Pemasaran; Omset

References


Sulaksono J, Zakaria N. Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) desa tales kabupaten kediri. Genration jurnal. 2020 Mar 18; 4(1): 41-47.

Sasongko D, Putri IR, Alfiani VN, Qiranti SD, Sari RS, Allafa PE. Digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM Makaroni bajak laut kabupaten temanggung. J Pangabdhi. 2020 Okt; 6(2): 92-97.

Harahap HS, Dewi NK, Ningrum EP. Pemanfaatan digital marketing bagi UMKM. J Loyalitas sosial. 2021 Sep; 3(2): 77-85.

Fadhillah DA, Pratiwi T. Strategi pemasaran produk UMKM melalui penerapan bisnis digital. J Ilmiah manajemen. 2021 Mar; 12(1): 17-22.

Sintasari B. Strategi manajemen pemasaran unggul jasa Pendidikan di SMP Islam terpadu ar ruhul jahid jombang. J Manajemen Pendidikan islam. 2022 Apr 04; 3(1): 13-26.

Sundari, Riadi E, Alexandro R, Hariatama F, Oktaria M. analisis swot dan strategi pemasaran usaha waralaba (studi kasus pada cokelat klasik palangkaraya). Edunomics J. 2022 Jan; 3(1): 1-10

Sunarsasi, S., & Hartono, N. R. (2020). Strategi pemasaran usaha kecil menengah di Kabupaten Blitar. Translitera: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 9(1), 22-31

Sagita, G., & Wijaya, Z. R. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 1(3), 24-31.

Nataliningsih. 2018. Manajemen Strategi Agribisnis. Ed 1. Alfabeta Bandung.

Ariasih, M. P., & Putra, I. P. D. S. S. (2022). Analisis Pengaruh Marketing Influencer Tiktok Terhadap Keinginan Pembelian Pada Pengguna Aplikasi Tiktok. Jurnal Sutasoma, 1(1), 22-27.

Az-Zahra, N. S. (2021, November). Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran UMKM. In NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (Vol. 1, No. 1, pp. 77-88).

Musnaini., Junita A., Wijoyo H., Indrawan I. 2020. Ed 1. Digital Business. Penerbit CV. Pena Persada.

Arifianti, N., & Adiarni, N. (2020). Pengelolaan Media Sosial pada Usaha XYZ. Agribusiness Journal, 13(2), 1-7.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v20i4.14270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suriadi Suriadi, Nur Eva Yanti, Amrizal Salida


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan