Analisis penerapan digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan pada usaha pembuatan batu bata Desa Bapangi Kabupaten Sidenreng Rappang
DOI:
https://doi.org/10.30872/jakt.v20i4.14220Keywords:
Digital marketing, volume penjualan, usaha pembuatan batu bataAbstract
Pada penelitian ini dilakukan analisis penerapan digital marketing, dimana selama ini masyarakat Desa Bapangi untuk menjual produk batu bata mereka menggunakan metode pemasaran tradisional, perlu diketahui bahwa mayoritas masyarakat di desa bapangi ini berprofesi sebagai pembuat batu bata, Metode digital marketing ini di hantui oleh ketidakcocokan terhadap produk batu bata yang berbeda jauh dengan produk elektronik maupun makanan yang biasa dipasarkan dengan metode pemasaran tersebut. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh apabila menerapkan metode digital marketing terhadap penjualan batu bata Desa Bapangi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan alat pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha pembuatan batu bata di Desa Bapangi ini mendapatkan peningkatan volume penjualan diakibatkan komunikasi media sosial yang lebih efektif dan efisien, memperluas jaringan bisnis mereka dengan peningkatan pendapatan usaha rata rata 22.500.000-27.000.000 per bulan menjadi 36.000.000-45.000.000 per bulan.
References
Armin, Farid, & Nurfidah. (2023). Pengaruh Media Sosial Facebook Dan Whatsapp Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Karya Baru ( Study Kasus Di Desa Tente Kecamatan Woha Kabupaten Bima ) Tahun 2022. Business Management, 2(1), 10–22.
Boufim, M., & Barka, H. (2021). Digital Marketing: Five Stages Maturity Model for Digital Marketing Strategy Implementation. International Journal of Business and Technology Studies and Researcl (IJBTSR), 3(3), 1–15. http://www.ijbtsr.org
Christina, I. D., Fenni, & Roselina, D. (2019). Digital marketing strategy in promoting product. Management and Entrepreneurship: Trends of Development, 4(4(10)), 58–66. https://doi.org/10.26661/2522-1566/2019-4/10-05
Dewi, N. A., Luayyi, S., & Atarie, P. N. (2021). Analisis Perbandingan Volume Penjualan Menggunakan Strategi Pemasaran Offline dan Online Terhadap Pertumbuhan Laba Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi, 52–68.
Febriyanti, R., Ningsih, Y. C., & Pamungkas, R. (2023). Startegi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk Genteng Desa Karanglo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7, 456–459.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Hartono, B. D., Yusuf, B. P., & Arifiati, A. (2020). Implementation of digital marketing strategies through social media marketing, supply chain management and online sales of bill chilly product. International Journal of Supply Chain Management, 9(4), 348–354.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (4th ed.). Jakarta.
Mahliza, I., Husein, A., & Gunawan, T. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Online. Jurnal Ekonomi Islam, 1(3), 250–264.
Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industr. Jurnal Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=801250
Veleva, S. S., & Tsvetanova, A. I. (2020). Characteristics of the digital marketing advantages and disadvantages. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 940(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/940/1/012065
Wilandari, R. (2014). Profil Usaha Industri Batu Bata (Study Kasus : Usaha Batu Bata Rohima Di Pekanbaru) Dilihat Dari Aspek Pemasaran. Jom FISIP, 1(2), 1–11. https://media.neliti.com/media/publications/31655-ID-profil-usaha-industri-batu-bata-study-kasus-usaha-batu-bata-rohima-di-pekanbaru.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
pISSN: 0216-7743 eISSN: 2528-1135
is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License