Analisis penerapan digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan pada usaha pembuatan batu bata Desa Bapangi Kabupaten Sidenreng Rappang

Romy Nugraha, Usman Rahman, Muhammad Iqbal

Abstract


Pada penelitian ini dilakukan analisis penerapan digital marketing, dimana selama ini masyarakat Desa Bapangi untuk menjual produk batu bata mereka menggunakan metode pemasaran tradisional, perlu diketahui bahwa mayoritas masyarakat di desa bapangi ini berprofesi sebagai pembuat batu bata, Metode digital marketing ini di hantui oleh ketidakcocokan terhadap produk batu bata yang berbeda jauh dengan produk elektronik maupun makanan yang biasa dipasarkan dengan metode pemasaran tersebut. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh apabila menerapkan metode digital marketing terhadap penjualan batu bata Desa Bapangi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan alat pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha pembuatan batu bata di Desa Bapangi ini mendapatkan peningkatan volume penjualan diakibatkan komunikasi media sosial yang lebih efektif dan efisien, memperluas jaringan bisnis mereka dengan peningkatan pendapatan usaha rata rata 22.500.000-27.000.000 per bulan menjadi 36.000.000-45.000.000 per bulan.


Keywords


Digital marketing; volume penjualan; usaha pembuatan batu bata

References


Armin, Farid, & Nurfidah. (2023). Pengaruh Media Sosial Facebook Dan Whatsapp Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Karya Baru ( Study Kasus Di Desa Tente Kecamatan Woha Kabupaten Bima ) Tahun 2022. Business Management, 2(1), 10–22.

Boufim, M., & Barka, H. (2021). Digital Marketing: Five Stages Maturity Model for Digital Marketing Strategy Implementation. International Journal of Business and Technology Studies and Researcl (IJBTSR), 3(3), 1–15. http://www.ijbtsr.org

Christina, I. D., Fenni, & Roselina, D. (2019). Digital marketing strategy in promoting product. Management and Entrepreneurship: Trends of Development, 4(4(10)), 58–66. https://doi.org/10.26661/2522-1566/2019-4/10-05

Dewi, N. A., Luayyi, S., & Atarie, P. N. (2021). Analisis Perbandingan Volume Penjualan Menggunakan Strategi Pemasaran Offline dan Online Terhadap Pertumbuhan Laba Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Cendekia Akuntansi, 52–68.

Febriyanti, R., Ningsih, Y. C., & Pamungkas, R. (2023). Startegi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk Genteng Desa Karanglo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7, 456–459.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Hartono, B. D., Yusuf, B. P., & Arifiati, A. (2020). Implementation of digital marketing strategies through social media marketing, supply chain management and online sales of bill chilly product. International Journal of Supply Chain Management, 9(4), 348–354.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (4th ed.). Jakarta.

Mahliza, I., Husein, A., & Gunawan, T. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Online. Jurnal Ekonomi Islam, 1(3), 250–264.

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industr. Jurnal Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=801250

Veleva, S. S., & Tsvetanova, A. I. (2020). Characteristics of the digital marketing advantages and disadvantages. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 940(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/940/1/012065

Wilandari, R. (2014). Profil Usaha Industri Batu Bata (Study Kasus : Usaha Batu Bata Rohima Di Pekanbaru) Dilihat Dari Aspek Pemasaran. Jom FISIP, 1(2), 1–11. https://media.neliti.com/media/publications/31655-ID-profil-usaha-industri-batu-bata-study-kasus-usaha-batu-bata-rohima-di-pekanbaru.pdf




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v20i4.14220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Romy Nugraha, Usman Rahman, Muhammad Iqbal


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan