Analisis penentuan harga jual

Siti Zubaidah, Nurita Affan, Ibnu Abni Lahaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana Pia Nazwa menentukan harga jual produk dengan menggunakan metode cost plus pricing pendekatan biaya total. Perhitungan dalam penentuan harga jual yang dilakukan masih sangatlah sederhana, dalam menghitung biaya produksinya tidak menghitung biaya secara rinci dan tidak berdasarkan dengan standar akuntansi. Produk yang dihasilkan memiliki berbagai varian rasa namun  harga jual produk yang ditetapkan  adalah dengan memberikan harga jual yang sama untuk semua varian rasa. Hasil dalam penelitian ini adalah harga jual produk dengan menggunakan metode cost plus pricing  pada jenis pia kacang, pia keju,  pia cokelat, pia cokelat susu dan pia keju susu adalah harga jual menjadi lebih bervariasi dibandingkan dengan perhitungan harga jual produk menurut Pia Nazwa.


Keywords


Harga jual; metode cost plus pricing

References


Abdurrahman, Nana, Herdiana. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Ahmad, Kamaruddin. (2017). Akuntansi Manajemen: Dasar-dasar Konsep Biaya & Pengambilan Keputusan (Edisi Revisi). Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: ALFABETA.

Andreas. (2011). Manajemen Keuangan UKM (Edisi Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Dewi, Sofia, Prima dan Kristanto, Septian, Bayu. (2014). Akuntansi Biaya (Edisi 2). Bogor: IN MEDIA

Fahmi, Irham. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: ALFABETA.

Garrison, Ray, H. Noreen, Eric, W dan Brewer, Peter, C. (2013). Akuntansi Manajerial (Edisi 14). Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Halim, Abdul. Supomo, Bambang dan Kusufi, Muhammad, Syam. (2011). Akuntansi Manajemen: Akuntansi Manajerial (Edisi Kedua). Yogyakarta: BPFE.

Hansen, Don, R. dan Mowen, Maryanne, M. (2012). Akuntansi Manajerial (Edisi 8). Jakarta: Salemba Empat.

Islahuzzaman. (2011). Activity Based Costing: Teori dan Aplikasi. Bandung: ALFABETA.

Krismiaji dan Aryani, Y, Anni. (2011). Akuntansi Manajemen (Edisi Kedua). Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Lestari, Wiwik dan Permana, Dhyka, Bagus. (2017). Akuntansi Biaya: Dalam Perspektif Manajerial. Depok: PT RAJA GRAFINDO PERSADA.

Martani, Dwi. NPS, Sylva, Veronica. Wardhani, Ratna. Farahmita, Aria dan Tanujaya, Edward. (2012). Akuntansi Keuangan Menengah: Berbasis PSAK. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Mulyadi. (2012). Akuntansi Biaya (Edisi Kelima). Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen: Informasi untuk pengambilan keputusan strategis. Jakarta: Erlangga.

Salman, Kautsar, Riza dan Farid, Mochammad. (2016). Akuntansi Manajemen: Alat Pengukuran Dan Pengambilan Keputusan Manajerial. Jakarta Barat: Indeks Jakarta.

Samryn, L, M. (2012). Akuntansi Manajemen: Informasi Biaya untuk Mengendalikan Aktifitas Operasi & Investasi (Edisi Revisi). Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Setiawan, Temy dan Ahalik. (2014). Mahir Akuntansi: Akuntansi Biaya dan Manajemen. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Sodikin, Slamet. Sugiri. (2015). Akuntansi Managemen: Sebuah Pengantar (Edisi Kelima). Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Sujarweni, V, Wiratna. (2015). Akuntansi Biaya: Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sujarweni, V, Wiratna. (2015). Akuntansi Manajemen: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supriyono. (2016). Akuntansi Biaya: Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok (Edisi Kedua). Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Weygandt, Jerry, J. Kimmel, Paul, D dan Kieso, Donald, E. (2012). Managerial Accounting (Sixth Edition). Singapore: John Wiley & Sons.

Widilestariningtyas, Ony. Anggadini, Sri, Dewi dan Firdaus, Dony, Waluya. (2012). Akuntansi Biaya (Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v20i3.14044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Zubaidah, Nurita Affan, Ibnu Abni Lahaya


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan