Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian

Authors

  • Irdha Yanti Musyawarah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Nur Amanah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju

DOI:

https://doi.org/10.30872/jakt.v20i3.13906

Keywords:

Promosi, harga, keputusan, pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian pada Toko Devin Elektronik Kabupaten Mamuju. 2. Untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian pada Toko Devin Elektronik Kabupaten Mamuju. Teknik Pengelolaan dan Analisis Data dimana dalam penelitian ini peneliti melakukan proses pengumpulan data dengan cara membagikan kuesioner kepada seluruh responden dalam penelitian untuk dijawab, selanjutnya peneliti mengelompokkan atau mentabulasi datakan semua angka dari hasil kuesioner yang telah dijawab oleh responden kemudian peneliti akan menguji setiap penyataan setiap indikator variabel atau menguji kualitas data. Serta akan dilakukan Uji  Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linear Berganda. Hasil olah data menunjukkan bahwa Promosi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Toko Devin Elektronik Kabupaten Mamuju. Harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Toko Devin Elektronik Kabupaten Mamuju. Promosi berpengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian pada Toko Devin Elektornik Kabupaten Mamuju.

References

Alma. B. (2021). Manajemen Pemasaran & Pemasaran jasa. Edisi Revisi Alfabeta Bandung.

A.Pearce, John II, Richard B. Robinson, Jr. (2014). Manajemen strategi. Jakarta: Salemba Empat.

Baehaqi. M. A, Udayan. I. B. M, dan Welsa. H. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk terhadap Customer Satisfaction dan Keputusan Pembelian Konsumen. Widya Manajemen, 4(1), 21-33.

Engel, J, F dan Gibson. (2000). Perilaku konsumen. (Edisi Keenam). Jilid 1. Jakarta: Binarupa Aksara.

Firmansyah. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Harahap, D, A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak Usu (Pajus) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis. 7(3), 227-242.

Kotler. P dan Amstrong. G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasran Jilid 1, Edisi 12. Erlangga, PT. Gelora Aksara Pratama.

Lihardo. J dan Hermawan. E. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Barang Elektronik Pada Tokopedia Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(2), 202-212.

Maino, G, P, dkk. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Minat Beli Pada Verel Bakery And Coffee. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 184-190.

Marlizar. H. F, Lisnawati, dan Yuslaidar. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan di Kota Banda Aceh, Jurnal of Economics Science 6(2), 89-99.

Monroe. (2003). Pricing Making Profitable Decision. New York: The Mc GrawHill Companies, Inc.

Mulyani, S. (2017). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

Naugi. Y. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Lapis Bogor Sangkuriang Pada PT. Agrinesia Raya Bogor Jawa Barat. Jurnal Online Mahasiswa, 1(1), 1-21.

Nur’aini. E. A, N dan Murwani, J. (2013). Pengaruh Personal Selling Dan Harga Terhadap Volume Penjualan Sepeda Polygon Pada Cv. Rodalink Madiun, 1(2), 2337-9723.

Rohmawati, Z. (2018). Kualitas, Harga Dan Keragaman Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan, 1(2).

Santoso. P. H, Laoli. Y, dan Wijaya. E. (2022). Decision Analysis Of Yamaha Nmax Motorcycle Sale From Price, Promotion, And Service Quality At Sumber Rejeki Motor Pekanbaru. Jurnal Bisnis Terapan, 2(1), 109-121.

Schiffman dan Kanuk. (2011). Persepsi Kualitas, Consumer Behavior. New Jersey: Perason Prestice Hall.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kombinasi (Kuantitatif & Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sulastri. S, Surahman. B, dan Erna E. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Pasar Paya Ilang Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Ilmu-Ilmu Manajemen, 4(1), 49-58.

Supriyanto. S, dan Ernawati. (2010). Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Penerbit CV Andi Offset : Yogyakarta.

Surya Sanjaya. (2015). Pengaruh Promosi Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Sinar Sosro Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 16(2), 108-122.

Swastha. B, dan Irawan. (2000). Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2, Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa–Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset. Yogyakarta.

Utami, C, H. (2010). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel Modern,Jakarta: Salemba Empat.

Wariki. G. M, Mananeke. L, dan Tawas. H. (2020). Pengaruh Bauran Promosi, Persepsi Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Pada Perumahan Tamansari Metropolitan Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 1073-1085.

Walukow, A, L, P, Mananeke, L, dan Sepang, J. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 2(3), 1737-1749.

Warnardi dan Triyono. A. (2019). Manajemen Pemasaran. Deepublish Pubhliser, CV Budi Utama, Yogyakarta 55581.

Published

2023-09-29

Issue

Section

Articles