Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai

Nurfadilah Nurfadilah, Suwanti Suwanti, Amalia Amalia

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini yakni: 1. Untuk mengetahui pengaruh motivasi dan disiplin kerja secara parsial terhadap kinerja pegawai pada Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mamuju. 2. Untuk mengetahui pengaruh motivasi dan disiplin kerja secara simultan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mamuju. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel independen dan satu variabel dependen dengan alat uji yang akan digunakan yaitu 1) uji validitas, 2) uji realibilitas, 3) uji regresi linear berganda (secara parsial). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 72 responden. Pengolahan data penelitian menggunakan regresi linear berganda dengan alat bantu Software SPSS versi 24.0 untuk membaca arah pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial uji t. Hasil penelitian diperoleh bahwa motivasi dan disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mamuju. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa motivasi dan disiplin kerja berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mamuju.


Keywords


Motivasi; disiplin kerja; kinerja pegawai

References


Bintoro., & D. (2017). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Gava Media.

Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia Konsep dan Kinerja. Mitra Wacana Media.

Ferils, M., & Suharlina. (2022). Determinan Kinerja Pegawai Pada Rumah Sakit Bhayangkara Hoegeng Imam Santoso Kepolisian Daerah Provinsi Sulawesi Barat. ASSETS: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 12(2), 262–280.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haruna, H. (2019). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Barat. FORECASTING: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 63–89.

Hasibuan, M. S. P. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revi). PT. Bumi Aksara.

Jan, R. H., & Hasan, F (2020). Pengaruh Kompetensi Terhadap Komitmen Organisasi Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Di Indonesia Timur. Gorontalo Management Research, 3(1), 176.

Moekijat. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. CV. Mandar Maju.

Peraturan Daerah Kabupaten Mamuju Nomor 24 Tahun 2016 tentang Pembentukan Organisasi Dan Tata Kerja Dinas Kabupaten Mamuju dan Penataan Ruang Kabupaten Mamuju.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 94 Tahun 2021 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Priansa, D. J. (2017). Perencanaan dan Pengembangan SDM. CV. Alfabeta.

Putra, G. S., & Fernos, J. (2023). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Perindustrian Kota Padang. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(2), 617–629.

Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. PT. Refika Aditama.

Setiana, A. R. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Sinambela, L. P., & Sinambela, S. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif Teoritik dan Praktik. PT. Rajagrafindo Persada.

Sudaryono. (2021). Metodologi Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method (Edisi Ke-2). PT.Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. CV. Alfabeta.

Sumardjo, M., & Priansa, D. J. (2018). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Konsep-Konsep Kunci (Cetakan Ke). CV. Alfabeta.

Supomo, R., & Nurhayati, E. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Mahasiswa dan Umum. Yrama Widya.

Sutrisno, E. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group.

Tarigan, B., & Priyanto, A. A. (2021). Pengaruh Motivasi dan Disiplin terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bank DBS Tangerang Selatan. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 20(1), 1–10.

Taryaman, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. DEEPUBLISH.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.

Wibowo. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia: Menghadapi Tumbuhnya Generasi Mileneal di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. PT. Rajagrafindo Persada.

Zainal, V. R., Ramly, M., Mutis, T., & Arafah, W. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : Dari Teori ke Praktik. Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v20i4.13857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurfadilah Nurfadilah, Suwanti Suwanti, Amalia Amalia


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan