Pengaruh kualitas produk, promosi penjualan dan harga terhadap keputusan pembelian mobil

Muh. Artawan, Mu’fidatul Nurul Hajjad

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi penjualan dan harga terhadap keputusan pembelian keputusan pembelian mobil Toyota New Sienta pada  PT. Hadji Kalla Cabang Mamuju. Metode penelitian menggunakan sampel sebanyak 80 responden. Alat uji yang digunakan yaitu : 1) uji validitas, 2) uji realibilitas, 3) uji parsial (uji t), dan 4) uji korelasi deterninasi. Hasil analisis untuk kualitas produk angka thitung 1,028 < ttabel 1,67943.artinya kualitas produk berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota New Sienta pada  PT. Hadji Kalla Cabang Mamuju atau hipotesis ditolak. Promosi penjualan angka signifikan 0,638 > 0,05 dan angka thitung 0,475 < ttabel 1,67943. Hal ini berarti bahwa promosi penjualan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota New Sienta pada  PT. Hadji Kalla Cabang Mamuju atau hipotesis ditolak. Harga diperoleh angka signifikan 0,018 < 0,05 dan angka thitung 2,482 > ttabel 1,67943. Hal ini berarti bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota New Sienta pada  PT. Hadji Kalla Cabang Mamuju atau hipotesis diterima.Harga yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian mobil Toyota New Sienta pada  PT. Hadji Kalla Cabang Mamuju dengan demikian hipotesis diterima.


Keywords


Kualitas produk; promosi penjualan; harga; keputusan pembelian

References


Anang Firmansyah. (2019). Pemasaran produk dan merek, cetakan pertama, penerbit Qiara Media, Jawa timur.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17-32.

Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gumilang, E. P. B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Penjualan Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepatu Adidas Pada Mahasiswa Universitas Nasional (Doctoral dissertation, Universitas Nasional).

Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Kristanto, D., Ipmawan, H., Kuncoro, A. W., Naryoto, P., Pakpahan, M., & Hendrawan, K. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Penjualan dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Smartphone Samsung di Jakarta). Jurnal Bintang Manajemen, 1(2), 84-97.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.

Leo, Y. U., & Defrizal, D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan pembelian Konsumen Bima Jaya Di Sidomulyo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 6(1), 286-291.

Pane, E. R., & Madiawati, P. N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Gvfi Di Kota Bandung. eProceedings of Management, 10(1).

Peter, J Paul dan Olson, J.C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat.

Siahaan, S. D. N., & Putriku, A. E. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(2), 31-35.

Sopiah & Sangadji, Etta Mamang. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT Bumi Aksara

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tegowati, T. (2019). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Promosi dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Accounting and Management Journal, 3(1), 23-36.

Tjiptono. F. (2019). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v20i4.13856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muh. Artawan, Mu’fidatul Nurul Hajjad


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan