Pengaruh kualitas produk, promosi penjualan dan harga terhadap keputusan pembelian mobil
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi penjualan dan harga terhadap keputusan pembelian keputusan pembelian mobil Toyota New Sienta pada PT. Hadji Kalla Cabang Mamuju. Metode penelitian menggunakan sampel sebanyak 80 responden. Alat uji yang digunakan yaitu : 1) uji validitas, 2) uji realibilitas, 3) uji parsial (uji t), dan 4) uji korelasi deterninasi. Hasil analisis untuk kualitas produk angka thitung 1,028 < ttabel 1,67943.artinya kualitas produk berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota New Sienta pada PT. Hadji Kalla Cabang Mamuju atau hipotesis ditolak. Promosi penjualan angka signifikan 0,638 > 0,05 dan angka thitung 0,475 < ttabel 1,67943. Hal ini berarti bahwa promosi penjualan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota New Sienta pada PT. Hadji Kalla Cabang Mamuju atau hipotesis ditolak. Harga diperoleh angka signifikan 0,018 < 0,05 dan angka thitung 2,482 > ttabel 1,67943. Hal ini berarti bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Toyota New Sienta pada PT. Hadji Kalla Cabang Mamuju atau hipotesis diterima.Harga yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian mobil Toyota New Sienta pada PT. Hadji Kalla Cabang Mamuju dengan demikian hipotesis diterima.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anang Firmansyah. (2019). Pemasaran produk dan merek, cetakan pertama, penerbit Qiara Media, Jawa timur.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17-32.
Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 20. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Gumilang, E. P. B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Penjualan Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepatu Adidas Pada Mahasiswa Universitas Nasional (Doctoral dissertation, Universitas Nasional).
Kotler, P. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Prenhalindo
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Kristanto, D., Ipmawan, H., Kuncoro, A. W., Naryoto, P., Pakpahan, M., & Hendrawan, K. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Penjualan dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Smartphone Samsung di Jakarta). Jurnal Bintang Manajemen, 1(2), 84-97.
Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Leo, Y. U., & Defrizal, D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan pembelian Konsumen Bima Jaya Di Sidomulyo. JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 6(1), 286-291.
Pane, E. R., & Madiawati, P. N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Gvfi Di Kota Bandung. eProceedings of Management, 10(1).
Peter, J Paul dan Olson, J.C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Salemba Empat.
Siahaan, S. D. N., & Putriku, A. E. (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Business and Economics Research (JBE), 2(2), 31-35.
Sopiah & Sangadji, Etta Mamang. (2016). Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT Bumi Aksara
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tegowati, T. (2019). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Promosi dan Layanan Purna Jual Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Accounting and Management Journal, 3(1), 23-36.
Tjiptono. F. (2019). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.
DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v20i4.13856
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muh. Artawan, Mu’fidatul Nurul Hajjad
Editorial Address
Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com
StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan