Pengaruh promosi online dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada UMKM

Anshar Eka Saputra, Muh. Ferils, Furqan Furqan

Abstract


Tujuan penelitian ini yakni: 1. Untuk mengetahui pengaruh promosi online dan kualitas produk secara parsial terhadap keputusan pembelian pada UMKM Ahar Sentosa Kabupaten Mamuju. 2. Untuk mengetahui pengaruh promosi online dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian pada UMKM Ahar Sentosa Kabupaten Mamuju. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan dua variabel independen dan satu variabel dependen dengan alat uji yang akan digunakan yaitu 1) uji validitas, 2) uji realibilitas, 3) uji regresi linear berganda (secara parsial). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Pengolahan data penelitian menggunakan regresi linear berganda dengan alat bantu Software SPSS versi 24.0 untuk membaca arah pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Promosi online berpengaruh psoitif dan signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian pada UMKM CV. Ahar Sentosa Kabupaten Mamuju. Kualitas produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian pada UMKM CV. Ahar Sentosa Kabupaten Mamuju. Promosi online dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada UMKM CV. Ahar Sentosa Kabupaten Mamuju.


Keywords


Promosi online; kualitas produk; keputusan pembelian

References


Alma, B. (2021). Manajemen Pemasaran & Pemasaran jasa. Edisi Revisi Alfabeta Bandung.

Alma, B dan Priansa. (2020). Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta.

Anwar., W., F. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada UMKM Kripik Madani Di Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, 1-79.

Assauri, Sofjan. (2017). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Chandra.,Y., E, Bukhori., dan Dewi., W., R. (2022). Pengaruh Saluran Distribusi Online Dan Promosi Online Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Pada Chandra Supermarket Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 3(2), 30-40.

Dita Amanah. (2022). Pengaruh Promosi Dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent Di Ramayana Plaza Jalan Aksara Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 3(3), 221-233.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Harahap, D, A. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak Usu (Pajus) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis. 7(3), 227-242.

Jamaludin., A, Arifin., Z dan Hidayat., K. (2015). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang). Jurnal Administarsi Bisnis, 21(1), 1-8.

Kamalita., N., M., A. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Paguyuban Sentra Industri Keripik Dan Tempe Sanan Di Kota Malang). Skripsi Universitas Islam Malang Fakultas Ilmu Administrasi Program Studi Administrasi Bisnis Malang, 1-87.

Kotler. P dan Amstrong. G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasran Jilid 1, Edisi 12. Erlangga, PT. Gelora Aksara Pratama.

Mendrofa. M. S. D. (2022). Pengaruh Strategi Harga Terhadap Minat Konsumen Pada Pasar Ya’ahowu Gunungsitoli. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 245-249.

Naugi, Y. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Lapis Bogor Sangkuriang Pada PT. Agrinesia Raya Bogor Jawa Barat. Jurnal Online Mahasiswa, 1(1), 1-21.

Pearce, John II, Richard B. Robinson, Jr. (2014). Manajemen strategi. Jakarta: Salemba Empat.

Pirendra, A. (2013). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Bukalapak.Com (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rangkuti, F. (2013). Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama.

Ritonga, H, M., Fikri, M. E, F., Siregar, N., Agustin, R. R., Hidayat, R. (2018) Manajemen Pemasaran (Konsep dan Strategi), Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. Medan.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kombinasi (Kuantitatif & Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharyanto, R. Lisye Herlina, dan Adi Mulyana. (2022). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Waring Dengan Metode Seven Tools Di Cv. Kas Sumedang. Jurnal TDEC, 16(2), 37-49.

Sulastri. S, Surahman. B, dan Erna E. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Pasar Paya Ilang Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Ilmu-Ilmu Manajemen, 4(1), 49-58.

Swasta dan Handoko. (2018). Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, edisi pertama, cetakan keempat, Penerbit: BPFE, Yogyakarta.

Tjiptono. (2014). Pemasaran Jasa–Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset. Yogyakarta.

Wibowo, S dan Supriadi, D. (2013). Ekonomi Mikro Islam. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v20i4.13855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anshar Eka Saputra, Muh. Ferils, Furqan Furqan


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan