Pengaruh produk, harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.30872/jakt.v20i4.13852Keywords:
Produk, harga, promosi, loyalitas pelangganAbstract
Tujuan penelitian ini yakni: 1. Untuk mengetahui pengaruh produk, harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan pada Mom Donat Mega Oji di Kabupaten Mamuju. 2. Untuk mengetahui variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Mom Donat Mega Oji di Kabupaten Mamuju. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan empat variabel independen dan satu variabel dependen dengan alat uji yang akan digunakan yaitu 1) uji validitas, 2) uji realibilitas, 3) uji regresi linear berganda (secara parsial). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 responden yang merupakan pelanggan tetap Mom Donat Mega Oji. Pengolahan data penelitian menggunakan regresi linear berganda dengan alat bantu Software SPSS versi 24.0 untuk membaca arah pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial uji t. Hasil analisis untuk variabel produk nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan angka thitung 7,157 > ttabel 1,66159, variabel harga nilai signifikan 0,003 < 0,05 dan angka thitung 5,027 > ttabel 1,66159 dan variabel promosi (X3), diperoleh nilai signifikan sebesar 0,014, dengan menggunakan batas signifikan 0,05 dapat diketahui bahwa nilai signifikan 0,014 < 0,05 dan angka thitung 3,875 > ttabel 1,66159. Hal ini berarti hipotesis diterima.References
Aprileny, I., Rizki, D. K., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal STEI Ekonomi, 31(01), 37-51.
Assauri (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Charles (2017). Manajemen Pemasaran Konsep Dan Strategi. Medan : CV. Manhaji.
Fitria, Dwinanda, G., & Nur, Y. ( (2016). Bauran Pemasaran 7p Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Retail Giant Ekspres Makassar. Jurnal Mirai Management, 6(1), 120–136.https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/view/690
Gaffar (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Reneka Cipta Pustaka.
Garvin, (2017). Manajemen Pemasaran Perusahaan. Jakarta : Salemba Empat
Ghozali Imam (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program
IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit
Universitas Diponegoro.
Haeruddin (2020). Analisis pengaruh kualitas pelayanan harga, dan promosi terhadap kepuasan pelanggan Dyriana Bakery dan Cafe Pandanaran, universitas diponegoro, Vol. 2 No 12.
Ishak dan Luthfi, (2017). Pengaruh kualitas produk, harga, promosi
dan kualitas pelayanan terhadap proses keputusan pembelian (Studi Pada Konsumen Kopi Progo Bandung), Journal Faculty of Communication and Business, Telkom University.
Kasdjono, E. A. (2022). Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dengan Loyalitas Pelanggan: Systematic Review. Journals Of Ners Community, 13(6), 765-772.
Koesworodjati, (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran Alih Bahasa
Damos Sihombing Jilid 1 Edisi 8 Jakarta: Erlanggga.
Kotler dan Armstrong (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. Erlangga:
Jakarta.
Kotler dan Keller (2016). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, Widyaningtyas, R (2020). aktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas serta Dampaknya pada Kepuasan Konsumen dalam Menggunakan jasa Kereta Api Harina di PT Kereta Api Indonesia DAOP IV Semarang. Universitas Diponegoro.
Laksana (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Produk Apple Di Banda Aceh. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 8(3), 24–36.
Lupiyoadi (2017). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat
Maryono (2018). Kepuasan Konsumen terhadap Produk dan Layanan
Makanan Restoran ”Student Corner" Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana (PTBB) Fakultas Teknik UNY. JPTK, Vol. 17.
Nugroho, (2017). Kualitas Produk, Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sari Roti. Jurnal Ilmu Manajemen, 11 (2). Jurusan Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Ridwansyah (2017). Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama. PT. Indeks
Kelompok Gramedia
Subagio dkk, (2021). Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Swastha Basu, (2018). Manajemen Pemasaran Lanjutan. Jakarta PT. Gramedia Pustaka.
Syifauddin, M. R., Hatta, I. H., & Sarnianto, P. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Apotek Di Kecamatan Serang. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 6(2), 243-258.
Tjiptono Fandy, (2016). Manajemen Pemasaran. (Cetakan Ketiga). Jakarta PT.Gramedia Pustaka Utama.
Wulandari, A. T. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Usaha Petik Apel Mandiri Di Kecamatan Bumiaji Malang (Doctoral Dissertation, UPN Veteran Jawa Timur).
Downloads
Published
Issue
Section
License
AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
pISSN: 0216-7743 eISSN: 2528-1135
is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License