Pengaruh kualitas pelayanan terhadap implementasi pemberian kredit

Authors

  • Indra Kusmayadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju
  • Muhammad Arsyad Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju

DOI:

https://doi.org/10.30872/jakt.v20i4.13850

Keywords:

Kualitas pelayanan, implementasi pemberian kredit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang diterapkan pada PT. Bussan Auto Finance.  serta untuk mengetahui cara pemberian kreditnya kepada masyarakat yang mengajukan permohonan kredit. Bentuk penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang menggunakan kuesioner dengan 93 responden sebagai sampel. Penelitian dan menggunakan alat uji Validitas dan Realibilitas Regresi linear sederhana secara parsial (uji t) dan uji korelasi determinasi (R2). Hasik penelitian menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap implementasi pemberian kredit pada PT Bussan Auto Finance Cabang Mamuju nilai signifikan 0,004 < 0,05 dan angka thitung 8,201 > ttabel sebesar 1,66177, angka ini menunjukkan hipotesis penelitian diterima. Kualitas pelayanan berkorelasi kuat terhadap implementasi pemberian kredit pada PT Bussan Auto Finance Cabang Mamuju dimana besarnya koefisien korelasi (R) sebesar 0,681, angka ini berada pada posisi interval koefesien 0,60 – 0,799, sehingga hipotesis penelitian diterima

References

Antonio,2011. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktik. Jakarta : PT. Salemba Empat

Bambang, 2012. Manajemen Pemasaran: Teori dan Aptikasi Edisi Pertama. Jakarta : PT. Salemba Empat

Irawan, 2010. Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penelitian Universitas Diponegoro

Kotler Philip, 2011. Manajemen Pemasaran Jasa di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (Edisi Pertama). Terjemahan oleh A. B. Susanto. 2003. Jakarta: Salemba Empat

Lupiyoadi Rambat. 2010. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktik. Jakarta : PT. Salemba Empat

Olson, 2010. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: PT. Bumi Aksara Persada

Parasuraman, 2012. Manajemen Pemasaran Edisi Pertama, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Peter, 2013. Pengantar Manajemen Lanjutan. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada

Rangkuti 2012. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Suwito, 2011. Riset Pemasaran, Cetakan Kelima. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Tjiptono Fandy, 2010. Analisis Kinerja Kualitas Pelayanan Terhadap Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan

Wisnalmawati, 2009. Manajemen Pemasaran, Cetakan Kelima. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Published

2023-12-30

Issue

Section

Articles