Pengaruh kualitas pelayanan terhadap implementasi pemberian kredit

Indra Kusmayadi, Muhammad Arsyad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang diterapkan pada PT. Bussan Auto Finance.  serta untuk mengetahui cara pemberian kreditnya kepada masyarakat yang mengajukan permohonan kredit. Bentuk penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yang menggunakan kuesioner dengan 93 responden sebagai sampel. Penelitian dan menggunakan alat uji Validitas dan Realibilitas Regresi linear sederhana secara parsial (uji t) dan uji korelasi determinasi (R2). Hasik penelitian menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap implementasi pemberian kredit pada PT Bussan Auto Finance Cabang Mamuju nilai signifikan 0,004 < 0,05 dan angka thitung 8,201 > ttabel sebesar 1,66177, angka ini menunjukkan hipotesis penelitian diterima. Kualitas pelayanan berkorelasi kuat terhadap implementasi pemberian kredit pada PT Bussan Auto Finance Cabang Mamuju dimana besarnya koefisien korelasi (R) sebesar 0,681, angka ini berada pada posisi interval koefesien 0,60 – 0,799, sehingga hipotesis penelitian diterima


Keywords


Kualitas pelayanan; implementasi pemberian kredit

References


Antonio,2011. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktik. Jakarta : PT. Salemba Empat

Bambang, 2012. Manajemen Pemasaran: Teori dan Aptikasi Edisi Pertama. Jakarta : PT. Salemba Empat

Irawan, 2010. Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penelitian Universitas Diponegoro

Kotler Philip, 2011. Manajemen Pemasaran Jasa di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (Edisi Pertama). Terjemahan oleh A. B. Susanto. 2003. Jakarta: Salemba Empat

Lupiyoadi Rambat. 2010. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Praktik. Jakarta : PT. Salemba Empat

Olson, 2010. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: PT. Bumi Aksara Persada

Parasuraman, 2012. Manajemen Pemasaran Edisi Pertama, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Peter, 2013. Pengantar Manajemen Lanjutan. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada

Rangkuti 2012. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Suwito, 2011. Riset Pemasaran, Cetakan Kelima. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Tjiptono Fandy, 2010. Analisis Kinerja Kualitas Pelayanan Terhadap Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan

Wisnalmawati, 2009. Manajemen Pemasaran, Cetakan Kelima. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v20i4.13850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Indra Kusmayadi, Muhammad Arsyad


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan