Pengaruh distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian beras premium di perusahaan umum bulog kantor cabang Mamuju

Muhammad Yahya, Suwanti Suwanti, Andi Nursiskawaty Siangka

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini yakni: 1. Untuk mengetahui pengaruh distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian Beras premium di Perum BULOG Kantor cabang Mamuju. 2. Untuk mengatahui variabel manakah yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan Pembelian Beras Premium di Perum BULOG Kantor cabang Mamuju. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu penelitian langsung dilakukan dilapangan melalui metode penelitian kuantitatif dengan data primer yang diambil menggunakan kuesioner. Sumber data penelitian ini terdiri dari dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini yang dijadikan responden adalah konsumen beras premium pada Perum Bulog Cabang Mamuju Penelitian ini menggunakan sampling insidental atau sampel random sederhana Jumlah sampel dihitung dengan Rumus Slovin. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan uji, uji reabilitas, uji validitas, uji parsial, dan uji simultan. hasil penelitian menunjukkan distribusi diketahui bahwa nilai signifikan 0,004 < 0,05 dan angka thitung 5,194 > ttabel sebesar 1,70329. variabel promosi (X2), diperoleh nilai signifikan 0,002, dengan menggunakan batas signifikan 0,05 dapat diketahui bahwa nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan angka thitung sebesar 2,053 > angka ttabel sebesar 1,70329. Hal ini berarti hipotesis diterima.


Keywords


Distribusi; promosi; pembelian beras

References


Perum BULOG – Bersama Mewujudkan Kedaulatan Pangan. Bulog.co.id. Published 2023. diakses Mei 7, 2023.melalui https://www.bulog.co.id/

Peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2016 tentang PERUM BULOG

Peraturan pemerintah nomor 7 tahun 2003 tentang pendirian perusahaan umum Bulog.

Laksana. 2019.BAB II kajian pustaka tentang Pengertian pemasaran.

Tjiptono dan Diana. 2020. Pengaruh Diskon Harga, Proosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Untuk Menggunakan Transportasi Online (studi pada konsumen MAXIM di kota manado). jurnal Emba branda,04, 513.

Sunyoto, 2019. Lebarkan Sayap Penjualan Melaui Marketplace. JEMBA: Journal Of Economics, Management, Business, And

Accounting, 01(2), 113.

Sudaryono, 2016. BAB II Tinjauan Pustaka, Fungsi Pemasaran. diakses melalui, eprints. Umpo.ac.id.

Fandy Tjiptono. 2017. Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kotler, 2017. Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk Dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. ASTRAGRAPHIA Medan. 01(6). 3.

Swasta, 2018. Pengaruh Pembangunan Produk, Kualitas Produk Dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada PT. ASTRAGRAPHIA Medan, 01(6). 3.

Tjia, Suharno dan Kadafi, 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Di PT. Ekadharma Internasional TBK Cabang Batam,

Abubakar, 2018. Pengaruh Harga Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pabrik Tahu Mbak Sul Karombasan Utara Kota Manado, 01(03). 87.

Sunyoto, 2015. Pengaruh Harga Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pabrik Tahu Mbak Sul Karombasan Utara Kota Manado, 01(03). 87.

Abubakar, 2018. Indikator Distribusi. Eprints. Umg.ac.id diakses 13 maret 2023.

Abubakar, 2018. Macam-Macam Distribusi. Diakses melaui google, eprints.umg.ac.id. 13 maret 2023.

Laksana, 2019. Pengaruh Promosi Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Sriayuh Putih Lansat. Kinerja jurnal ekonomi dan bisnis 01(2). 21.

Kotler dan Armstrong dalam Ridwansyah. 2017. User Interface Website Sebagai Media Promosi Vilovy Desing. Jurnal Barik, 03 (03). 175.

Stanton dalam Sunyoto, 2019. Promosi adalah unsur dalam bauran pemasaran. diakses melalui eprints. Kwikkiangie. Ac. Id. 16 maret 2023.

Malau, 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Disekolah Tinggi Ilmu Manajemen Ssukma Medan. Jurnal Bisnins Dan Ekonomi, 01(02). 185.

Sunyoto, 2015. Indikator promosi. Diakses melaui eprints. Umg.ac.id. 16 maret 2023.

Buchari Alma, 2016. Keputusan pembelian. Diakes melalui repository.stei.ac.id. 18 maret 2023.

Abubakar, 2018. Keputusan pembelian. Diakses malaui eprints. Umg.ac.id. 18 maret 2023.

Kotler dan Keller, 2016. Keputusan pembelian, diakses melalui repository.stei.ac.id. 18 maret 2023.

Kotler dan Keller, 2016. BAB IV Proses Keputusan Pembelian. Dalam Muchtar Dan Hasbullah. Internet Marketing Strategi Dan Pengaruhnya Terhadapkeputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen. (78-79).Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Kotler dan Keller, 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Diakses melalui google repository. Stei. ac .id. 19 maret 2023.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v20i4.13849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muhammad Yahya, Suwanti Suwanti, Andi Nursiskawaty Siangka


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan