Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan tiket

Adila Ulfa, Andi Nursiskawati Siangka

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan Zafa Trans dalam meningkatkan penjualan tiket di Kabupaten Mamuju.  Jenis Dan Sumber Data yang digunakan yakni Data Kualitatif dan Data Kuantitatif.  Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan data sekunder. Teknik Pengumpulan Data melalui Studi Pustaka, observasi dan wawancara. Teknik Pengolahan dan Analisis Data Penelitian menggunakan analisis swot. Berdasarkan hasil matrik IFAS, faktor strenght (kekuatan) dan weakness (kelemahan) menandakan bahwa secara internal jasa transportasi Zafa Trans dalam meningkatkan penjualan tiket di Kabupaten Mamuju. Berdasarkan hasil matrik EFAS, faktor opportunity (peluang) dan threat (ancaman) mengindikasikan bahwa jasa transportasi Zafa Trans dalam meningkatkan penjualan tiket di Kabupaten Mamuju merespon peluang yang ada dengan cara luar biasa dan menghindari ancaman-ancaman yang akan terjadi dimasa yang akan datang dengan memaksimalkan kekuatan dan meminimalkan kelemahan hingga peluang usaha dimasa yang akan datang.


Keywords


Strategi; pemasaran; penjualan

References


Aji, P. M., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect of social media marketing on instagram towards purchase intention: Evidence from Indonesia’s ready-todrink tea industry. International Journal of Data and Network Science, 4(2), 91–104

Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Basu swastha. (2019). Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE – Yogyakarta

Galavan, R. (2014). Doing Business Strategy.Ireland: NuBooks.

Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati, S. (2019). Analisis strategi pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan produk batik pada PT. Danar Hadi Surakarta. Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01).

Hikmawan, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus pada Toko AGS Kuningan). Change Think Journal, 1(01), 50-59.

Kumalasari, N. R. (2020). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan produk di Toko Ismart dan Indomaret Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).

Mega, S. A., & Nofita, D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan di tengah Pandemi Covid 19 pada UMKM Pesanminum Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 875-890.

Mulyadi . (2014) . Akuntansi Biaya. Edisi-5. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Mulyadi. (2018). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat

Musfar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. CV Media Sains Indonesia. Bandung

Noviantari, T. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Kodi Kopi Blitar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Balitar Blitar).

Rangkuti, Freddy. (2017). PT. Gramedia Pustaka Utama Jakarta. Teknik Membeda Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating Dan OCAI.

Setianto, R., & Dunan, H. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Ron-Ron Pancing Dimasa Pandemi Covid-19. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(6), 931-940.

Setyanto, A., Saputra, A., & Bahar, F. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Kota Tangerang. Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu), 4, 142-148.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Taufik. (2016). Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia

Tull, Donald S. dan Lynn R. Kahle. (2018). Marketing Management. Prentice Hall International.

Widodo, R. C., & Rachma, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Manajemen, 7(10), 71–82.

Wijoyo,Hadion. et al. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v20i3.13848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Adila Ulfa, Andi Nursiskawati Siangka


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan