Pengaruh Brand Awareness dan harga terhadap minat pengguna jasa grab food

Narliah D Narliah D, Muchtar Muchtar, Junaeda Junaeda

Abstract


Tujuan penelitian yang ingin diketahui yakni: 1. Untuk mengetahui pengaruh brand awareness terhadap minat pengguna  jasa transportasi online grab food di Kabupaten Mamuju, 2. Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap minat pengguna  jasa transportasi online grab food di Kabupaten Mamuju, 3. Untuk mengetahui variabel yang paling dominan berpenagruh terhadap minat pengguna  jasa transportasi online grab food di Kabupaten Mamuju. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda, alat penelitian menggunakan kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 96 responden. Hasil analisis untuk variabel brand awareness nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan angka thitung 7,100 > ttabel 1.66140. Hal ini berarti bahwa brand awareness berpengaruh signifikan terhadap minat pengguna jasa transportasi online grab food di Kabupaten Mamuju dan hipotesis diterima. sedangkan variabel nilai signifikan 0,006 < 0,05 dan angka thitung 5,214 > ttabel 1.66140. Hal ini berarti bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap minat pengguna jasa transportasi online grab food di Kabupaten Mamuju dan hipotesis diterima. Besarnya koefisien korelasi (R) sebesar 0,763 termasuk dalam kategori hubungan yang kuat yang menunjukkan bahwa korelasi antara variabel. Sedangkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,749 atau 74,9% yang menunjukkan bahwa variabel independen mampu menerangkan variabel depeden dalam penelitian ini.


Keywords


Brand awareness; harga; pengguna jasa

References


Abzari, et al, 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra

Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal IImu Riset Dan Manajemen, 5, 1–18

Alma Buchari, 2017. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta

Angipora, 2016. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.

Durianto, dkk, 2014. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Dyah Hayu Puspita Sari, 2022. Pengaruh Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Minat Pengguna jasa transportasi online grab Transportasi Online Grab Di Kota Bekasi

Faturrahman, 2015. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi kedua belas, Jilid1. Jakarta: Erlangga.

Ferdinand, Agustine. 2016. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Undip

Ferdinand, 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang

Ghozali Imam, 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gita Afkarina Maulida, 2022. Analisis Perbandingan Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pengguna jasa transportasi online grab Pengguna jasa transportasi online grab Transportasi Gojek Dan Grab Di Denpasar Barat

Goenadhi, Subekti 2017. Analisis Kinerja Pemasaran Pada Industri

Kreatif di Kota Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas 17 Agustus 1945

Handayani, 2020. Bauran Pemasaran Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Alfabeta CV

Hurriyati, 2018. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Pengguna jasa transportasi online grab. Jakarta: Alfabeta CV

Jayadi, 2015. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, cetakan Keempat, Linda Karya, Bandung

Julianti, 2020. Jurnal Analisis Pengaruh Sarana Fisik dan Harga terhadap Kepuasan Pengguna jasa transportasi online grab di Waroeng Taman Bogo

Kotler Philip dan Armstrong, 2019. Prinsip-prinsip Pemasaran.Ed. Keduabelas. Jilid 1. Alih Bahasa. Sabran Bob. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip dan Keller, 2016. Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Edisi 13 Jilid 2. Jakarta. Erlangga.

Kurniadi, 2014. Strategi Komunikasi Pemasaran Harian Joglo Semar Dalam Upaya Menarik Minat Pemasang Iklan.UMS. Surakarta. Tidak Dipublikasikan

Muchtar, Halim. A. (2020) Bauran Pemasaran Online Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian di Kabupaten Vol 2 No 1 Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, Mamuju

Morrisan, 2017. Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Ed. Pertama. Jakarta: Kencana

Pramono, 2019. Analisis Pengaruh Iklan, Brand Trust,

dan Brand Image Terhadap Minat Beli Pengguna jasa transportasi online grab Telkom Speedy di Kota Semarang.

Rangkuti , (2019). Konsep Penelitian Kuantitatif, Bandung. Perberbit Alfabeta

Puja Umasug, (2020). Perilaku Konsumsi Mahasiswa Di Era Digital: Studi Kasus Pada Minat Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar Dalam Menggunakan Jasa Transportasi Online Grab

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan ke 13. Bandung. Alfabeta

Tjiptono Fandy, 2016. Manajemen Pemasaran Edisi Ke empat. Yogyakarta : Andi Offset.

Wibisaputra, 2017. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua.

Jakarta: Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v20i4.13819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Narliah D Narliah D, Muchtar Muchtar, Junaeda Junaeda


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan