Pengaruh biaya produksi biaya promosi dan volume penjualan terhadap laba bersih

Mega Sekararum Katulistiwa, Yana Ulfah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh biaya produksi, biaya promosi dan volume penjualan terhadap laba bersih. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak di sektor miscellaneous industry yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2015-2019. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan purposive sampling dan 13 perusahaan dijadikan sampel. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya produksi berpengaruh tidak signifikan terhadap laba bersih dan biaya promosi berpengaruh tidak signifikan terhadap laba bersih. Sedangkan volume penjualan berpengaruh signifikan terhadap laba bersih.


Keywords


Biaya produksi; biaya promosi; volume penjualan; dan laba bersih

References


Alam Nasyrah Hanafi, Muhammad. (2020). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Perolehan Laba Bersih Pada PT Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Jurnal Keuangan dan Perbankan Vol. 2 Juni 2020.

Alma, Buchari. (2010). Pengantar Bisnis. Cetakan ke-14. Bandung: Alfabeta

Baridwan, Zaki. (2004). Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE

Bustami Bastian, dan Nurlela. (2009). Akuntansi Biaya Melalui Pendekatan Manajerial. Edisi pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Brigham, Eugene F. and Joel F. Houston. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Alih bahasa Ali Akbar Yulianto. Edisi Sebelas. Jakarta: Salemba Empat.

Carter, W. K. (2009). Biaya Mutu dan Akuntansi untuk Kehilangan dalam Proses Produksi. In Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Darsono, Prawironegoro. (2005). Akuntansi Manajemen. Jakarta: Diadit Media

Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran. Sari Kuliah. Satu Nusa: Bandung

Dewi, S. P., & Kristanto, S. B. (2017). Akuntansi Biaya (2nd ed.) IN MEDIA.

Djamalu, N. (2013). Pengaruh Biaya Produksi Terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010 – 2012. Ekonomi dan Bisnis, I.

Fatimah, Ayu., & Yusran, Rio Rahmat (2020). Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada PT SOXAL BATAMINDO INDUSTRIAL GASES, Jurnal AKSARA PUBLIC.

Felicia., & Gultom Robinhot (2018). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015. Jurnal ilmu manajemen.

Firmansyah, Taopik & Eris Darawati (2016). Pengaruh Biaya Tenaga Kerja Langung Dan Biaya Promosi Terhadap Tingkat Laba Bersih Perusahaan Pada PD Mochi Lampion Kaswari Periode 2012-2014. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi. Vol. 5 Oktober 2016.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 21. Edisi ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harahap. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hidayanti, Fipin, Yahdi, M., & Wiayanti, Ratna (2018). Pengaruh Volume Penjualan dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016).

Januarsah, Irpan & Jubi, Ady Inrawan, Debi Eka Putri (2019). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Pemasaran Terhadap Laba Perusahaan Pada PT PP London Sumatera Indonesia, Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Financial Vol. 5 No. 1 Juni 2019.

Kotler, Philip. (2006). Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kurniadi, Firmansyah. (2010). Pengaruh Biaya Promosi dan Distribusi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada CV. Sejati di Sragen.

Lestari, W., & Permana, D. B. (2017). Akuntansi Biaya Dalam Prespektif Manajerial. PT Raja Grafindo Persada

Marbun, B.N. (2003). Kamus Manajemen. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Mulyadi. (2001). Sistem Akuntansi. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. (2012). Akuntansi Biaya. Edisi kelima. Cetakan kesebelas. Yogyakarta: STIM YKPN.

Purwaji, A., Wibowo & Muslim, S. (2016). Akuntansi Biaya. (2nd ed). Salemba Empat.

Putra, Fauzi Dwi, (2017). Pengaruh Volume Penjualan Dan Biaya Produksi Kalung Terhadap Laba Pada Hidayah Shop Kuta-Badung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Vol. 9. 2017

Riatama. (2017). Analisis Efisiensi Biaya Operasional Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2011 – 2014.

Risyana, Rizki., & Suzan, Leny SE.,M.Si (2018) Pengaruh Volume Penjualan dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih. E-Proceeding of Management: Vol.5, No.2 Agustus 2018.

Rustami, Putu, I Ketut Kirya, Wayan Cipta. (2014). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2.

Saladin, Djaslim. (2011). Manajemen Pemasaran. Cetakan kedua. Bandung: CV. Agung Ilmu.

Satar, Muhammad., & Nurlaeli Leily. (2019). Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Penjualan Terhadap Laba Bersih Pada KPBS PENGALENGAN. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi UNIBBA.

Sekaran, Uma. (2011). Metode Penelitian untuk Bisnis. Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Cetakan keempat. Jakarta: Kencana.

Soemarsono, SR. (2009). Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta Pusat: Salemba Empat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susilawati, Endang. (2019). Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih. (Studi Perusahaan Rokok PT Gudang Garam Tbk Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2017). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Nurtanio Bandung.

Tanjung, Cici D (2018). Pengaruh Biaya Produksi Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Pulp Dan Pakan Ternak Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018.

Taopik Firmansyah dan Eris Darsawati (2016). Pengaruh Biaya Tenaga Kerja Langsung Dan Biaya Promosi Terhadap Tingkat Laba Bersih Perusahaan pada PD Mochi Lampion Kaswari Periode 2012 – 2014. Jurnal Ilmiah Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sukabumi Vol. 5 Edisi 9

Widnyana, Made Juni, I Made Nuridja, dan I Ketut Dunia. (2014). Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Laba UD Surya Logam Desa Temukus Tahun 2010 – 2012. E-journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha. Vol, 4 No. 1.

Wolk, Harry I., Michael G. Tearney, dan James L Dodd. 2008. Accounting Theory: A Conceptual and Institutional Approach. South-Western College Publishing.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v20i2.13440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mega Sekararum Katulistiwa, Yana Ulfah


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan