Pengaruh hedonic shopping motives dan shopping lifestyle terhadap impulse buying konsumen buttonscraves

Authors

  • Sari Atul Hilaliyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Darwan Ali, Sampit
  • Wanda Wahidah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Darwan Ali, Sampit
  • Novi Ayu Wulandari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Darwan Ali, Sampit

DOI:

https://doi.org/10.30872/jakt.v20i2.12952

Keywords:

Hedonic shopping motives, shopping lifestyle, impulse buying

Abstract

Kegiatan penelitian ini telah memiliki tujuan ialah guna melakukan proses pengujian terkait bagaimana dampak yang akan muncul dari pengaruh Hedonic Shopping Motives dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada konsumen Buttonscarves. Pihak peneliti dalam hal ini memakai metode kuantitatif, dengan adanya pemakaian sampel penelitian dengan angka mencapai 91 orang yang proses pengambilannya memakai teknik non-probability sampling, yaitu purposive sampling. Dalam melakukan proses kegiatan pengumpulan data didukung dengan pemakaiankuesioner yang dilakukan proses penyebaran yang telah diperlihatkan dalam tabel 5 bahwa Fhitung = 32,257 dan nilai Ftabel dengan tingkat kepercayaan ialah mencapai angka 95% dan α= 0,05; df = (k-1): (n-k) = (2:82) ialah h (3,108). Dalam perolehan hasil ini, maka Fhitung (32,257) memiliki hasil yang tentu lebih besar dari Ftabel (3,108) dengan perolehan pada bagian signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga pihak peneliti membuat simpulan bahwa Hedonic Shopping Motives dan Shopping Lifestyle dengan secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap Impulse Buying. Metode yang dipakai untuk mengambil sampel dan melakukan proses analisis data ialah dengan berpandukan mengikuti pedoman yang telah ditetapkan sebelumnya.

References

D, N. P., & Kt.Giantari, I. A. (2016). PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOUR MASYARAKAT DI KOTA DENPASAR . E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.8, 2016: 5264-5273 .

Hidiani, A., & Rahayu, T. S. (2020). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle Dan Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying (Pada Produk Fashion Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto) . Jurnal Manajemen.

Japarianto, E., & Monika, Y. (2020). PENGARUH HEDONIC SHOPPING VALUE TERHADAP IMPULSE BUYING DENGAN SHOPPING LIFESTYLE SEBAGAI MODERATOR PADA ONLINE SHOP CHOCOCHIPS . Jurnal Manajemen Pemasaran .

Johannes, Ekasari, N., & Lestari, E. (2018). ANALISIS MOTIF BELANJA HEDONIS WANITA BERBUSANA HIJAB PRODUK ZOYA (THE ANALYSIS OF HEDONIC SHOPPING MOTIVATION OF ZOYA PRODUCT ON HIJAB WOMEN). Jurnal Digest Marketing Vol. 3 No.1, Januari – Juli, 2018.

Kartawinata, S. R. (2021). PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, SELF ESTEEM DAN STORE ENVIRONMENT TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN MINISO DI SURABAYA . AGORA Vol. 9, No. 2, (2021) .

Manggiasih, F. P., Widiartanto, & Prabawani, B. (2014). PENGARUH DISCOUNT, MERCHANDISING, DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVES TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi Kasus pada Konsumen Robinson Department Store Mal Ciputra Semarang). Jurnal Manajemen.

Nurhuda, M. (2020). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Promotion, dan Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Super Indo Kota Malang). Jurnal Explore, 1-3.

Suhartini, Y. I., Rodhiyah, & Listyorini, S. (2015). PENGARUH SHOPPING LIFETYLE, FASHION INVOLVEMENT, DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi Kasus pada Konsumen Matahari Departement Store di Kota Semarang) . Jurnal Manajemen.

Wafiroh, Z., Sumowo, S., & Setianingsih, W. E. (2020). PERAN HEDONIC SHOPPING MOTIVES DAN SHOPPING LIFESTYLE TERHADAP IMPULSE BUYING PADA KONSUMEN PRODUK FASHION UMAMA GALLERY JEMBER . Jurnal Manajemen .

Zayusman, F., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada Pelaggan Tokopedia di Kota Padang . Jurnal kajian manajemen dan wirausaha.

Published

2023-06-28

Issue

Section

Articles