Kreativitas pelaku usaha, sosial media dan inovasi kemajuan teknologi terhadap keputusan pembelian smartphone

Authors

  • Ramli S Ramli S Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Mamuju.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jakt.v20i1.12932

Keywords:

Kreativitas pelaku usaha, sosial media, inovasi kemajuan teknologi, keputusan pembelian

Abstract

Dengan menonjolkan perbedaan dan keunikan produk, dapat menarik konsumen untuk membeli produk smartphone. Namun tidak berarti kegiatan usaha tidak diperhadapkan dengan masalah yang dihadapi pengguna mereka membeli smartphone yang diminati selalu tidak sesuai dengan kebutuhan dan kriteria konsumen dikarnakan dana yang dimiliki tidak cukup dan tidak tau kapasitas yang pengguna butuhkan. Uji secara parsial angka pengaruh kreativitas pelaku usaha (X1) sebesar 0,623 dengan nilai signifikan 0,004 < 0,05. Angka t hitung 5,591 > t tabel 1,66196. Dengan demikian dinyatakan bahwa kreativitas pelaku usaha berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone di Wilayah Kabupaten Mamuju, dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Angka pengaruh sosial media (X2) sebesar 0,713 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Angka t hitung 7,753 > t tabel 1,66196. Dengan demikian dinyatakan bahwa media sosail berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone di Wilayah Kabupaten Mamuju, dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Inovasi kemajuan teknologi (X3) sebesar 0,451 dengan nilai signifikan 0,004 < 0,05. Angka t hitung 5,224 > t tabel 1,66196. Dengan demikian dinyatakan bahwa kreativitas pelaku usaha berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone di Wilayah Kabupaten Mamuju, dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Uji secara simultan kreativitas pelaku usaha, sosial media dan inovasi kemajuan teknologi secara bersama-sama atau serempak memiliki nilai F hitung sebesar 16,117 dengan tingkat signifikan 0,000, sedangkan nilai F tabel (df1 = 3 dan df 2 = 91, sig (0,05) diperoleh nilai sebesar 2,70.

References

Abdulloh, A., Fahmi, M. Z., & Siswanto, I. (2019). Penggunaan media sosial (YouTube) sebagai media inovatif dalam pembelajaran di Madrasah Gresik. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 5 (1), 33-37.

Anik Pamilu, (2007). Mengembangkan kreativitas dan kecerdasan anak. Jakarta: Buku kita

Badri, (2018). Metode Statiska untuk Penelitian Kuantitatif, Yogyakarta: Ombak

Damayanti, S. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Instagram Dan Preferensi Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Starbucks Tangcity Mall Kota TangeranG. Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu), 4, 464-478.

Djamaludin. (2012), Kepemimpinan dan Inovasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ferdinand Augusty, (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro

Ghozali Imam, (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (edisi kelima). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hambalah, F., & Kusuma, Y. B. (2021). Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan Dan Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Online Di E-Commerce Shopee. Aplikasi Administrasi: Media Analisa Masalah Administrasi, 113-122.

Kotler Philip dan Keller, (2014). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip, (2018). Manajemen Pemasaran Edisi Revisi Jilid 1. Penerjemah Benyamin Molan. Jakarta. PT. Indeks.

Kuspriyono, T. (2017). Pengaruh promosi online dan kemasan terhadap keputusan pembelian kosmetik merek Sariayu Martha Tilaar. Perspektif: Jurnal Ekonomi dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 15(2), 147-154.

Muluk, Khairu, (2008). Knowledge Management. Malang: Bayumedia Publishing.

Paramitha, (2011). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Library Based Community (Studi Kasus Komunitas Perpustakaan Jalanan Solo.

Rachmawati Yeni, (2005). Yeni Rachmawati, (2005)

Ramadhan, (2017). Pelaksanaan Sistem Online Pada Pelayanan Pengaduan Melalui E-Governance Yang berbasis Aplikasi (Studi Kasus Aplikasi Gampil dan Hayu Bandung di Dinas komunikasi dan informatika Pelayanan Terpadu Satu Pintu).

Ramli S, (2021)

Risdiana, A. (2020). Analisis Strategi Digital Marketing Produk Industri Kreatif di Kecamatan Rajapolah, Tasikmalaya. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 20 (1), 9-19.

Said, M. Mas’ud, (2007). Birokrasi di Negara Birokratis. Malang: UMM Press.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Sulaiman, (2009) Manajemen Kesehatan Teori da Praktik di Puskesmas.Yogyakarta: Gadjah Mada University

Susanto. (2010), Management Gems. Jakarta: Kompas.

Suwarno, Yogi, (2018). Inovasi di Sektor Publik. Jakarta: STIA LAN

Tanjung, Y., Saputra, S., & Hardiyanto, S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Penggunaan Media Sosial Untuk Pemasaran Produk Inovasi Jeruk Siam. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3091-3103Kamilla, T., Arumsari, H., Nugraha, N. N., & Prasetiyo, B. (2023). Strategi Pemasaran Serta Peran Kreativitas dan Inovasi dalam Pengembangan Produk Mouku Cimahi. Jurnal Pemberdayaan Ekonomi, 2(1), 1-8.

Tjiptono Fandy dan Chandra, (2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta Yogyakarta: ANDI

Tjiptono Fandy, (2014). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Utami Munandar, (2019). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Petunjuk Bagi Para Guru dan Orang tua. Jakarta : Gramedia,

Published

2023-06-13

Issue

Section

Articles