Analisis perceived usefulness dan information security terhadap loyalitas melalui trust sebagai variabel mediasi

Sandika Purnama Putri, IBN Udayana, Henny Welsa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Perceived Usefulness dan Informational Security terhadap Loyalitas melalui Trust sebagai variabel Mediasi pada Nasabah Bank BNI. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer yang didapatkan dari menyebar kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yaitu sampel diambil secara acak sederhana dan setiap anggota sampel memiliki peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Trust, Informasional Security tidak berpengaruh signifikan terhadap Trust, Perceived Usefulness tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas, Informasional Security tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas, Information Security tidak berpengaruh signifikan terhadapTrust, dan Trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas.


Keywords


Perceived usefulness; informational security; trust; loyalitas

References


Afandi, A., Fadhillah, A., & Sari, D. P. (2021). INNOVATIVE : Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021 Research & Learning in Primary Education Pengaruh Persepsi Kegunaan , Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kepercayaan Terhadap Niat Menggunakan E-Wallet Denga Sikap Sebagai Variabel Intervening. 1, 568–577.

Anggraeni, P., & Madiawati, P. N. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs WWW.TRAVELOKA.COM. E-Proceeding of Management :, 3(2), 1880–1887.

Bayu Apriliant, H. W. & I. B. N. U. (2022). Pengaruh Commitment, Trust terhadap Customer Satisfaction dan Customer Loyalty. Widya Manajemen, 4(1), 1–11.

Budiarno, B., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(02), 226–233. https://doi.org/10.25134/equi.v19i02.4531

Gloet, M., & Terziovski, M. (2016). Exploring the relationship between knowledge management practices and innovation performance. Journal of Manufacturing Technology Management, 15(5), 402–409. https://doi.org/10.1108/17410380410540390

Hidayatullah, S. (2017). KUALITAS LAYANAN MOBILE BANKING TERHADAP.

Ishak, A. (2009). PENGARUH KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS : STUDI TENTANG PERAN MEDIASI.

Izzah, N., Rini, N., & Poernomo, B. (2019). The Influence of Non-Physical Work Environment and Job Characteristics on Employee Performance at PT . Daliatex Kusuma in Bandung. International Journal of Social Sciences Perpectives, 4(1), 22–37. https://doi.org/10.33094/7.2017.2019.41.22.37

Koe, W. L., & Majid, I. A. (2014). Socio-Cultural Factors and Intention towards Sustainable Entrepreneurship. Eurasian Journal of Business and Economics, 7(13), 145–156.

Marlien, R. A. (2019). ( Studi pada Nasabah Tabungan Bank BNI Syariah Cabang Semarang ). 978–979.

Mujiasih, R., & Wiwoho, G. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness , Perceived Ease of Use Terhadap Trust dan Intention to buy KAI Access Tickets Online pada Generasi Millennial di Kabupaten Kebumen. 2(3), 476–490.

Nisa, E. K., & Wulandari, F. (2019). Learning terhadap Self-Confident dan Hasil Belajar Siswa. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2387

Noviatun, R. tika. (2017). ANALISIS PENGARUH KEGUNAAN YANG DIRASAKAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING.

Nugraha, T. W., Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2021). PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE DAN SUBJECTIVE NORM TERHADAP PURCHASE INTENTION MELALUI ATTITUDE PENGGUNA OLX (Studi Kasus: Pada Mahasiswa UST Yogyakarta). JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi), 6(2), 12–27. https://doi.org/10.54066/jbe.v6i2.102

Petra. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek ( Brand Image ) dan Kepercayaan Merek ( Brand Trust ) Terhadap Loyalitas Merek ( Brand Loyalty ) ADES PT . Ades Alfindo Putra Setia. 2(1), 1–9.

Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01

Razak, A., Baheri, J., & Ramadhan, M. I. (2018). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Negara Indonesia ( BNI ) Cabang Kendari. 1(79), 10–20.

Rizal, M., Idrus, M. S., & Mintarti, R. (2014). Effect of Compensation on Motivation , Organizational Commitment and Employee Performance ( Studies at Local Revenue Management in Kendari City ). 3(2), 64–79.

Tinggi, S. (2019). Analisis Pengaruh Sistem Keamanan Informasi Perbankan pada Nasabah Pengguna Internet Banking. 3(1), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v20i1.12837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sandika Purnama Putri, IBN Udayana, Henny Welsa


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan