Pengaruh pengetahuan etika profesi akuntan dan orientasi etis terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting

Nurita Affan, Wanda Atria Imaniar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan etika profesi akuntan terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting dan mengetahui pengaruh orientasi etis terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan skala primer, serta diukur dengan skala likert. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 93 responden Mahasiswa Akuntansi Universitas Mulawarman Angkatan 2018 yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis linier berganda yang diolah menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh pengetahuan etika profesi akuntan terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting dan terdapat pengaruh positif dan signifikan orientasi etis terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai creative accounting


Keywords


Creative accounting; pengetahuan etika; orientasi etis

References


Andhikara, M. A. (2011). Creative Accounting: Apakah Suatu Tindakan Ilegal? Jurnal Akuntansi, 2(2), 109–135.

Arif, M. L. S., Aulia, R., & Herawati, N. (2014). Persepsi Mahasiswa Akuntansi tentang Praktik Creative Accounting. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 5(1), 1–169. https://doi.org/10.18202/jamal.2014.04.5009

Donelson R, F. (1980). A Taxonomy of Ethical Ideologies. Journal of Personality and Social Psychology, 39(1), 175–184. https://doi.org/10.2307/524528

Greenfield, A. C., Norman, C. S., & Wier, B. (2008). The Effect of Ethical Orientation and Professional Commitment on Emanagement Behavior. Journal of Business Ethics, 83(3), 419–434. https://doi.org/10.1007/s10551-007-9629-4

Hapsari, N. P. (2013). Persepsi Mahasiswa Dan Mahasiswi Terhadap Etika Bisnis Dan Etika Profesi. Persepsi Mahasiswa Dan Mahasiswi Terhadap Etika Bisnis Dan Etika Profesi, 1–18.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2020). Kode Etik Akuntan Indonesia. Grha Akuntan.

Jaya, I. P., & Sukirno, S. (2020). The Effect of Religiosity and Ethical Orientation on Perceptions of Undergraduate Accounting Students on Creative Accounting. Jurnal Dinamika Akuntansi, 12(1), 68–76. https://doi.org/10.15294/jda.v12i1.17701

Jensen, M., & Meckling, W. (2012). Theory of the firm: Managerial behavior, Agency Costs, and Ownership Structure. The Economic Nature of the Firm: A Reader, Third Editon, 283–303. https://doi.org/10.1017/CBO9780511817410.023

Lan, G., Gowing, M., & Al-Hayale, T. (2015). The Role of Intent on Accounting Students’ Ethical Attitudes Towards Earnings Management. Journal of Academic Ethics, 13(4), 345–362. https://doi.org/10.1007/s10805-015-9242-6

Mutiarasari, K. R., & Julianto, I. P. (2020). Pengaruh Orientasi Etis, Gender, dan Pengetahuan Kode Etik Akuntan Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Perilaku Tidak Etis Akuntan. Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi, 9(2), 71. https://doi.org/10.23887/vjra.v9i2.26208

Nalendra, A. R. A., Rosalinah, Y., Priadi, A., Subroti, I., Rahayuningsih, R., Lestari, R., Kusamandari, S., Yuliasari, R., Astuti, D., Latumahina, J., Purnomo, M. W., & Zede, V. A. (2021). Statistika Seri Dasar dengan SPSS. In Penerbit Media Sains Indonesia. CV. MEDIA SAINS INDO.

Nasional, D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Nurlan, A. B. (2011). Persepsi Akuntan dan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Terhadap Kode Etik Ikatan Akuntan Indonesia. 2(2).

Sevi, D., Mulyati, S., & Kurniawan, A. (2021). The Effect of Knowledge of Ethics, Religiosity, Ethical Sensitivity, Ethical Orientation To Accounting Students Perception of Creative Accounting Practices. ACCRUALS (Accounting Research Journal of Sutaatmadja), 5(01), 63–88. https://doi.org/10.35310/accruals.v5i01.685

Sobur, A. (2013). Psikologi Umum Dalam Lintas Sejarah. CV Pustaka Setia.

Tambunan, B. H., & Silitonga, A. G. A. (2020). Pengaruh Pengetahuan Etika Profesi Akuntan Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Creative Accounting. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 20(2), 247–255. https://doi.org/10.30596/jrab.v20i2.6767

Widaningsih, S. (2019). Etika Profesi Akuntansi Dalam Pembentukan Karakter Bangsa. JRAK (Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis), 5(1), 11–20. https://doi.org/10.38204/jrak.v5i1.373

Widiastuti, E., & Nugroho, M. A. (2015). Pengaruh Orientasi Etis, Equity, Sensitivity, dan Budaya Jawa Terhadap Perilaku EtisT Auditor Pada Kantor Akuntan Publik di Yogyakarta. Jurnal Nominal, IV(1), 32–48.

Wijayanti, I. M., Maslichah, & Afifudin. (2021). Pengaruh Gender, Tingkat Pengetahuan Akuntansi, dan Etika Profesi Akuntan terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai Creative Accounting. E-Jra, 10(03), 14–23.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v20i1.12512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nurita Affan, Wanda Atria Imaniar


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan