Pengaruh communication dan opportunistic behavior control terhadap trust dan dampaknya pada customer loyalty

Lorine Kalista Noor, Vera Anitra, Nur Endah Ramayanti, Hudyah Astuti Sudirman, Muhammad Iqbal Pribadi, Anang Zhikri Ananta

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk Menguji dan membuktikan serta menganalisis pengaruh shared values, communication, opportunistic behavior control, terhadap trust serta dampaknya terhadap customer loyalty pada sistem e- commerce. Model yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Variabel penelitian adalah Communication (X1), Opportunistic Behavior Control (X2), Trust (Y) dan Customer Loyalty (Z). Populasi penelitian adalah orang yang menggunakan Shopee di Samarinda, dengan jumlah sampel yang sudah ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 130 responden. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa communication dan opportunistic behavior control berpengaruh positif signifikan terhadap trust dan trust berpengaruh positif dan signifikan terhdap customer loyalty pelanggan shopee di Samarinda terbukti dan dapat diterima kebenarannya.


Keywords


Komunikasi; perilaku kontrol oportunistik; kepercayaan; loyalitas pelanggan

References


APJII. 2019. “Statistik Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet. “ www.apjii.or.id

Andino Maseleno, (2018), Pembangunan Indonesia ‘One Stop Shopping’ Dengan Intelligent Agent Sebagai Penunjang Kemajuan Perekonomian Indonesia

Ferdinand, Agusty .2001 . Structural Equation Modelling dalam penelitian manajemen, penerbit Bp Undip.Semarang

Claudia D, G, Tjandra E .2018 . Pengaruh Teknologi pada Produk Interior bagi Manusia Dewasa dan Lansia di Era 4.0, FBS Unesa.

Gefen, David., Karahanna, Elena dan Straub, Detmar W. (2013), Trust And Tam In Online Shopping: An Integrated Model. MIS Quarterty.

Ghozali, Imam. (2015), Aplikasi Analisis Mutlivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketiga, BP Undip.

Himawan, Hidayatulah, (2018), Internet-Intranet, UPN “Veteran” Yogyakarta

Kotler, Philip. Marketing Management: Analysis, Planing, Implementation and control, The Millenium Edition, Prectice Hall International, Inc. New Jersey, 2002.

Lana Sularto, Karakteristik Produk Yang Sesuai Dipasarkan Melalui Internet Di Indonesia, Proceeding, Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2008)

Maharsi, Sri, Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepercayaan dan Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pengguna Internet Banking di Surabaya, JURNAL AKUNTANSI DAN KEUANGAN, VOL. 8, NO. 1, MEI 2016: 35-51

Mukherjee, A. and Nath, P. 2003. A Model of Trust in Online Relationship Banking. The International Journal of Bank Marketing Bradford, 21 (1), 5. March 10, 2015. http://proquest.umi,com/pqdweb?did=289865

Rofiq, Ainur, (2006), Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap partisipasi pelanggan e-commerce (Studi Pada Pelanggan E-Commerce Di Indonesia), Jakarta

Tjiptono, Fandi. 2013, Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v19i4.12276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Lorine Kalista Noor, Vera Anitra, Nur Endah Rahmawati, Hudyah Astuti Sudirman, Muhammad Iqbal Pribadi, Anang Zhikri Ananta


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan