Pengaruh strategi bisnis dan persaingan pasar terhadap manajemen laba

Authors

  • Pipit Yuliani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.
  • Ibnu Abni Lahaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jakt.v19i4.12274

Keywords:

Strategi kepemimpinan biaya, strategi diferensiasi, persaingan pasar, manajemen laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh strategi kepemimpinan biaya, strategi diferensiasi, dan persaingan pasar terhadap manajemen laba. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2020. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan purposive sampling dan 18 perusahaan dijadikan sebagai sampel. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganad. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan biaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba, strategi diferensiasi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba, dan persaingan pasar berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba.

References

Atmaja, B. T., & Kristanto, B. A. (2020). Pengaruh Strategi Bisnis Terhadap Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi Profesi, 11(02), 273–280.

Brigita, W., & Adiwibowo, A. (2017). Pengaruh Strategi Tingkat Bisnis, Persaingan Pasar, Dan Leverage Terhadap Manajemen Laba. Diponegoro Journal of Accounting, 6(4), 1–13.

Detik Finance. (2014). Manajemen Baru ADES Berikan Informasi Salah. https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-229893/manajemen-baru-ades-berikan-informasi-salah

Fiedler, F. E. (1967). Leadership Effectiveness. American Behavioral Scienctist, 24(5), 619–632.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jensen, C, M., & Meckling, H, W. (1976). Theory of The Firm : Managerial Behavior, Agency Costs and Ownership Structure. Human RelationsJournal of Financial Economics, 3(4), 305–360. https://doi.org/10.1177/0018726718812602

Karuna, C., Subramanyam, K. R., & Tian, F. (2012). Industry Product Market Competition and Earnings Management. American Accounting Association Financial Accounting and Reporting Section Mid-Year Conference., 713, 1–53. http://experiments.cob.calpoly.edu/seminars/karuna.pdf

Setiawan, A. S. (2017). Pengaruh Pemilihan Strategi Diferensiasi Terhadap Kinerja Keuangan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Food & Beverages terdaftar di BEI). Jurnal Akuntansi, 20(1), 104–116. https://doi.org/10.24912/ja.v20i1.78

Wu, P., Gao, L., & Gu, T. (2015). Business strategy, market competition and earnings management Evidence from China. 9(3), 401–424. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1108/CMS-12-2014-0225

Published

2023-04-14

Issue

Section

Articles