Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan

Abdul Rajab

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yakni 1. untuk mengetahui apakah faktor harga, pertambahan penduduk, pendapatan, dan selera mempengaruhi permintaan tahu di Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, 2. untuk mengetahui faktor manakah yang lebih dominan mempengaruhi permintaan tahu di Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju. Dalam penelitian ini, metode analisis yang di gunakan ialah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji regresi linear berganda. Hasil pengujian variabel harga (X1) dengan nilai sig 0,762 lebih besar dari  0,05 dan thitung sebesar -0,303 lebih kecil dari ttabel 1,98525 menunjukkan bahwa variabel harga memiliki pengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap permintaan tahu. Variabel jumlah penduduk (X2) dengan nilai signikansi sebesar 0,757 lebih besar dari  0,05 dan thitung sebesar 0,310 lebih kecil dari ttabel 1,98525 menunjukkan bahwa jumlah penduduk memiliki pengaruh namun tidak signifikan terhadap permintaan tahu.Hasil analisis variabel pendapatan (X3) dimana nilai thitung sebesar 2,572 dengan sig  0,012 yang lebih kecil dari 0,05 sehingga menunjukkan bahwa variabel pendapatan berpengaruh signifikan terhadap permintaan tahu. Hasil analisis variabel selera (X4) menunjukkan nilai thitung sebesar 5,381 dan sig sebesar 0,000 menujukkan bahwa selera berpengaruh signifikan terhadap permintaan tahu. Variabel pendapatan (X3)  dan selera (X4) paling dominan berpengaruh positif terhadap permintaan tahu (Y) sesuai nilai uji SPPS yang diperoleh.


Keywords


Harga; pertambahan penduduk; pendapatan; selera

References


Amstrong, Gary & Philip, Kotler.,2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Alwi, Syafarudin. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia.Edisi kedua. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Adiningsih, dan Kadarusman.2003, Analisis permintaan barang Dan Jasa, Yogyakarta.

Assauri, S.2014. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Rajawali Pers.

Ahman, E., & Rohmana , Y.2009. Teori Ekonomi Mikro. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Buchari Alma.2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

Departemen Pendidikan Indonesia.2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Griffin, W, Ricky dan Ronald J Ebert. 2002. Management, Erlangga, Jakarta

Hafidoh. 2015. Pengaruh Pemanfaatan Dana Zakat Produktif Terhadap Tingkat Penghasilan Mustahik di Pos Keadilan Peduli Ummat (PKPU) Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

ikatan Akuntan Indonesia.2002.Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta: Salemba Empat.

Iskandar Putong. 2002. Ekonomi Makro Dan Mikro, Jakarta: Ghalia Indonesia,

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip.2000. Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.

Lydia Goenadhi, Nobaiti. 2017. Pengantar Ekonomi Mikro. Banjarbaru: scripta cendekia

Mantra. 2000. Demografi Umum. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Nasution.2006. Metode Penelitian Naturalistik-kualittaif. Bandung : Tarsito.

Nawawi, Hadari. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif.Cetakan Keempat. Penerbit Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Prathama Rahardja.2008.Teori Ekonomi Makro, Jakarta: LPFEUI

Pitma Pertiwi. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Tenaga Kerja di Daerah Istimewah Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Poerwadarminta. W.J.S. 2003. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Sukirno, Sadono. 2013. Makro Ekonomi, Teori Pengantar. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Suprayitno, Eko. 2008. Ekonomi Mikro Perspektif Islam. Malang: UINMalang Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v19i4.12272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abdul Rajab


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan