Aliran pendapatan keluarga TKI yang berimigrasi ke malaysia dan saudi arabia pada masa pandemi covid 19

Nurul Karimah, Agus Sugiono, Aminatus Zakhra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi aliran pendapatan keluarga TKI yang berimigrasi ke Malaysia dan Saudi Arabia pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini sebanyak 5 orang. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Tenaga Kerja Indonesia yang berimigrasi ke Malaysia, di masa pandemi Covid-19 cenderung lebih sedikit mengirimkan pendapatannya kepada keluarga, selain karena gaji minimum lebih kecil dari pada Saudi Arabia juga karena pekerjaan yang dilakukan sifatnya tidak menetap dan sistem upahnya adalah harian, serta banyaknya terjadi Pemutusan Hubungan Kerja terhadap para Tenaga Kerja Indonesia, sehingga aliran pendapatan keluarga Tenaga Kerja Indonesia hanya untuk hal yang bersifat konsumtif saja, dan banyak para tenaga kerja Indonesia memilih pulang ke negara asal. Berbeda halnya dengan pandemi Covid-19 di Saudi Arabia tidak terlalu berdampak serius terhadap Tenaga Kerja Indonesia, sehingga pengiriman pendapatan yang dilakukan Tenaga Kerja Indonesia kepada keluarga di desa dapat terus berjalan sebagaimana sebelumnya, akan tetapi meskipun demikian para keluarga imigran mayoritas menggunakan pendapatan itu untuk aliran yang hanya bersifat konsumtif, selebihnya ditabung.


Keywords


Imigrasi; tenaga kerja indonesia; pendapatan

References


Adhikara, S. P. 2011.. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Besarnya Pengiriman Remiten Dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Ke Daerah Asal. perpustakaan.uns.ac.id. , 17.

Adioetomo, S. M. 2016. Dasar-dasar Demografi edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Afriska, A. E., Zulham., T., & Dawood., T. C. 2018. Pengaruh Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri dan Remitansi Terhadap PDB Per Kapita di Indonesia. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 4, 246.

Arikunto, S. (2011.). Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ariyani. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Remitansi Migran Internasional di Indonesia. Optimization Software , 10.

Cahyadi, Lazuardy Adi. 2020. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Besarnya Remitan Keluarga TKI di Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Pasuruan.

Creswell, J. W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dibyantoro, B., & Ali., M. M. 2014. Pola Penggunaan Remitan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Serta Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Daerah Asal. Jurnal Teknik PWK. , 332.

Fawaid, A. 2014. Reseach Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Dalam J. W. Creswell. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hajar, S. 2021. Problematika dan Perlindungan Hukum Terhadap Buruh Migran Perempuan dan Pada Masa Pandemi Covid-19. Intelektiva: Jurnal Ekonomi, Sosial dan Humaniora. , 135.

Handriawan, B. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penduduk Melakukan Mobilitas Non Permanen Menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia (Studi Kasus TKI Yang Pulang di Desa Tanjungsari Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. , 17.

Harahap, F. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Migrasi Tenaga Kerja Indonesia Ke Luar Negeri Berdasarkan Provinsi. Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara. , 15.

Indiatmoko, B. 2013. Kebudayaan Jawa: Perubahan Sosiobudaya Keluarga Tenaga Kerja Indonesia Asal Jawa Tengah Di Malaysia. Pustaka Upi Edu.3.

International Oranisation for Migration. 2010. International Migration and Migran Workers: Remittances in Indonesia, Mexico City: IOM-Philippina.

Irmayanti, T. G. 2014. Pola Penggunaan Remitan TKI Di Dusun Krajan, Dusun Termpuran Duwur, Kabupaten Wonosobo. Undip Semarang.

Kusumawati, H. 2020. Analisis Pengelolaan Pendapatan Keluarga Tenaga Kerja Indonesia di Kacamatan Babadan Dalam Perspektif Agama Islam. Skripsi. Ponorogo: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo.

Kuswarno, E. 2013. Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi: Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya.

Marini, I. A., Artika, I. B., & Kencana, A. M. 2019. Dampak Sosial Ekonomi Pada Keluarga Tenaga Kerja Indonesia Yang Bekerja Di Luar Negeri (Studi Kasus TKI Di Malaysia). Journal Unmas Mataram. Vol.13. No.1: 84-90.

Misdawati, & Syahrituah, S. 2020. Pengaruh Penerimaan Remitansi Terhadap Pengentasan Kemiskinan di Indonesia. Journal of Economics and Development Studies. 3, 51.

Mulyadi, S. 2017. Ekonomi Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Pembangunan. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyana, D. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munawaroh, S. 2012. Dampak Perubahan Ekonomi Terhadap Sikap Dan Perilaku Keluarga TKI Dalam Pemeliharaan Kesehatan Keluarga. Jurnal Florence. V, 65.

Nisa, K. 2019. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Migrasi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) Studi Kasus Pada 6 Provinsi Tahun 2008-2017. 15.

Pratiwi, E. N., & Mahmudah, R. A. 2013. Peningkatan Daya Saing Tenaga Kerja Indonesia Melalui Korelasi Input Penunjang Tenaga Kerja Dalam Menghadapi MEA 2015. Economics Development Analysis Journal, 3-4.

Primawati, A. 2011. Remitan Sebagai Dampak Migrasi Pekerja ke Malaysia. Sosiokensepsia, 16, 213.

Rahmany, Sri. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tenaga Kerja Bekerja di Luar Negeri serta Implikasi Terhadap Kesejahteraan Keluarga Dilihat Dari Perspektif Islam. Ejournal STIE Syariah Bengkalis.

Rantung, J., Talumingan, C., & Tangkere, E. G. 2018. Alokasi Remitansi Pendapatan Keluarga Migran Di Kecamatan Langowan Utara. Jurnal Transdisiplin Pertanian (Budidaya Tanaman, Perkebunan, Kehutanan, Peternakan, Perikanan) Sosail dan Ekonomi, Vol.14, No.2: 237-246.

Romdiati, H. 2012. Migrasi Tenaga Kerja Indonesia dari Kabupaten Tulungagung: Kecenderungan Dan Arah Migrasi, Serta Remitansi. Jurnal Kependudukan Indonesia, VII, 51.

Sari, F, R. 2018. Analisis Pengaruh Remitansi Terhadap Jumlah Penduduk Miskin di Indonesia. Forum Ekonomi, Vol.20, No. 1.

Sikki, K, L. 2020. Kebijakan Ekonomi Arab Saudi dalam Mengantisipasi Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Civilization, 5.

Soemartini. 2020. Stimulus Perekonomian Di Tengah Krisis Ekonomi Lokal Dan Global Akibat Merebaknya Covid 19. BIAStatistik.

Soleh, A. 2017. Masalah Ketenagakerjaan dan Pengangguran di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6, 9.

Sugiono, A., Zakhra, A., & Malia, E. 2017. Interpretasi Dampak Keuangan Keluarga Tenaga Kerja Wanita (Studi Fenomenologi TKW Pamekasan yang Berimigrasi ke Saudi Arabia dan Malaysia). Seminar Nasional Hasil Penelitian Universitas Kanjuruhan Malang.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Developmant. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v19i4.12243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurul Karimah, Agus Sugiono, Aminatus Zakhra


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan