Pengaruh customer bonding capability dalam meningkatkan marketing performance

Ida Bagus Nyoman Udayana, Putri Dwi Cahyani, Oktavia Saputri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kemampuan ikatan pelanggan (customer bonding capability) berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pemasaran (marketing communication). Dan menguji apakah kemampuan ikatan pelanggan (customer bonding capability) dapat dipengaruhi oleh modal relasional (relational capital) dan komunikasi pemasaran terpadu (integrated marketing communication). Penelitian mengambil sampel kepada para pembisnis online shop yang ada di Pulau Jawa khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik yang digunakan adalah dengan purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada 112 orang responden yang diukur dengan skala likert. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik online survey dengan kuesioner dikirim melalui googleform yang Untuk teknik analisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa relational capital, berpengaruh positif terhadap customer bonding capability dan marketing performance, namun integrated marketing communication tidak dapat mempengaruhi customer bonding capability  dan marketing performance. Untuk variabel customer bonding capability  dapat memediasi relational capital terhadap marketing communication.


Keywords


Modal relasional; komunikasi pemasaran terpadu; kemampuan ikatan pelanggan; kinerja pemasaran

References


Daat, S. C. (2019). Pengaruh Pengungkapan Relational Capital Pada Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan High-Ic Intensive Industries Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia). Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 8(2), 255–273. https://doi.org/10.21831/nominal.v8i2.26702

Fadhilah, M., Cahyani, P. D., & Nurrohmah, M. (2022). Meningkatkan keputusan pembelian melalui integrated marketing communication ( imc ), brand positioning dan kualitas produk Improving purchase decisions through integrated marketing communication ( imc ), brand positioning and product quality. 24(1), 65–72.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. In Unam. PT Indeks Kelompok Gramedia. http://www.ingenieria.unam.mx/industriales/carrera_historia_kotler.html

Prabela, C. V. E. (2016). PENGARUH INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) DAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP CITRA MEREK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN. UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG.

Pritandhari, M., Stats, S., & Riani, A. L. (2017). Strategi Integrated Marketing Communication (Imc) Untuk Meningkatkan Loyalitas Anggota Bmt Amanah Ummah Sukoharjo.

Rahmawati, S., Darsono, & Setyowati, N. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pangan Olahan di Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 3(2), 325–335. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2019.003.02.9

Shimp, T. A. (2007). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu (Terjemahan). Erlangga.

Suliyanto, S. (2015). Mimicry Marketing Strategy on Marketing Performance of Small and Medium Enterprise. Trikonomika, 14(2), 96. https://doi.org/10.23969/trikonomika.v14i2.400

Udayana, I. B. N., Farida, N., Lukitaningsih, A., Tjahjono, K. H., & Nuryakin. (2021). The important role of customer bonding capability to increase marketing performance in small and medium enterprises. Cogent Business & Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1932239

Velalita, F. (2011). PENGARUH KELEKATAN PELANGGAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Survei Pada Pelanggan Restoran Justus Steak House Paris Van Java). 9, 22–52.

Wiyono, G. (2020). Merancang Penelitian Bisnis dengan alat analisis SPSS 25 & SmartPLS 3.2.8 (2nd ed.). UPP STIM YKPN.

Yuniaris, W. (2011). Pengaruh Integrated Marketing Communication Terhadap Loyalitas Pengguna Kartu Pasca Bayar Halo Di Malang. Manajemen Bisnis, 1(1), 21. https://doi.org/10.22219/jmb.v1i1.1319




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v19i4.12128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ida Bagus Nyoman Udayana, Putri Dwi Cahyani, Oktavia Saputri


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan