Analisis hubungan akses internet terbatas terhadap stres akademik mahasiswa dalam pembelajaran daring selama pandemi covid 19

Dito Rozaqi Arazy, Danar Retno Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Akses Internet Terbatas terhadap Stres Akademik Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis data primer yang dikumpulkan melalui metode survei dengan menggunakan kuesioner. Dalam penyusunan kueisoner digunakan skala likert 1-5. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang telah menempuh semester 4. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, analisis deskriptif, pengujian asumsi klasik, serta analisis regresi linear sederhana. Variabel independen penelitian ini adalah Akses Internet Terbatas. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Stres Akademik. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa, Akses Internet Terbatas berpengaruh positif terhadap Stres Akademik Mahasiswa dalam Pembelajaran Daring selama PAndemi Covid-19.


Keywords


Stres akademik; akses internet; covid-19

References


APJII. (2022). Penetrasi & Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia Tahun 2022. Apjii. www.apjii.or.id.

Andiarna, F., & Kusumawati, E. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 16(2), 139-149.

Andina, E. Strategi Dosen dalam Pengondisian Perilaku Membaca Mahasiswa di Era Digital: Studi Kasus di Kalimantan Barat dan Sulawesi Selatan, Jurnal Aspirasi, Vol. 8, No. 2: 195-206, 2019

Alashwal, M. (2020). Assessing Online Teaching in Higher Education Amid the COVID-19 Pandemic: A Case Study from Saudi Arabia. ConScienS, 68.

Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 5(2), 95-99.

Bhardwaj, A. (2016). Importance of education in human life: A holistic approach. International Journal of Science and Consciousness, 2(2), 23-28.

Christianto, Hwian. Penggunaan Media Internet dalam Pemenuhan Hak Atas Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19: Perspektif Hak Asasi Manusia dan Hukum Pidana, Jurnal HAM, Vol.11, No. 2: 239-253, 2020.

Cooper, C. L., Cooper, C. P., Dewe, P. J., O'Driscoll, M. P., O'Driscoll, M. P., & Dewe, P. J. Organizational Stress: A Review and Critique of Theory, Research, and Applications. Thousand Oaks, CA: Sage, 2001.

Favale, T., Soro, F., Trevisan, M., Drago, I., & Mellia, M. (2020). Campus traffic and e-Learning during COVID-19 pandemic. Computer networks, 176, 107290.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Huang, R. H., Liu, D. J., Amelina, N., Yang, J. F., Zhuang, R. X., Chang, T. W., & Cheng, W. (2020). Guidance on Active Learning at Home during Educational Disruption: Promoting student’s self-regulation skills during COVID-19 outbreak. Beijing: Smart Learning Institute of Beijing Normal University.

Khan, M. (2013). Effect of Perceived Academic Stress on Students’ Performance. FWU Journal of Social Sciences, 7(2), 146–151.

Kohn, J. P., & Frazer, G. H. (1986). An Academic Stress Scale: Identification and Rated Importance of Academic Stressors. Psychological Reports, 59(2), 415–426.

Kusno, H. S., & Wijayani, D. I. L. (2021). Analisis desain pengembangan kurikulum. AKUNTABEL, 18(4), 635-641.

Lee, M., & Larson, R. (2000). The Korean ‘Examination Hell’: Long Hours of Studying, Distress, and Depression. Journal of Youth and Adolescence, 29(2), 249–271.

Kominfo.go,id. 2017. https://www.kominfo.go.id/content/detail/12182/pemerintah-ungkap-tantangan-pembangunan-infrastruktur-internet/0/sorotan_media. Diakses pada tanggal 12 Agustus 2022.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).

Nimrod, G. Technostress: Measuring a New Threat To Well-Being in Later Life. Aging & Mental Health, Vol. 22, No. 8: 1086-1093, 2018.

Olszewska, K. (2020). The effectiveness of online learning in the era of the SARS-CoV-2 pandemic on the example of students of Polish universities. World Scientific News, 148, 108-121.

Rinawati, D & Darisman, E.K.,. Survei Tingkat Kejenuhan Siswa SMK Belajar di Rumah pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Selama Masa Pandemi Covid-19. Journal of Science and Education (JSE), Vol. 1, No. 1: 32- 40, 2020.

Rundle, A.G., Park, Y., Herbstman, J.B., Kinsey, E.W. and Wang, Y.C.,. COVID-19 Related School Closings and Risk of Weight Gain Among Children. Obesity, Vol. 28, No. 6: 1008-1009, 2020.

Ross, S. E., Neibling, B. C., & Heckert, T. M. (1999). Sources of stress among college students. College Student Journal, 33(2), 312–317.

Samsinar, S. (2019). Pelatihan Komputer Berbasis Kompetensi Pada Biro Sumber Daya Manusiasekretariat Jendral Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sari, N. P., Setiawan, M. A., Rajiani, I., & Muin, F. (2020). Analisis Hubungan Stres Akademik Mahasiswa Terhadap Akses Internet Terbatas Saat Belajar Selama Pandemi Covid 19. November. https://repo-dosen.ulm.ac.id/handle/123456789/18753

Sarkar, A., Pick, J., & Moss, G. (2017). Geographic patterns and socio-economic influences on mobile internet access and use in united states counties. Proceedings of the 50th Hawaii International Conference on System Sciences.

Sheldon & Kennon M. Optimal Human Being, London: Lawrence Erlbaum Associates, 2014.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); Kedua). Alfabeta.

Wang, X., Tan, S.C. and Li, L.,. Measuring University Students’ Technostress In Technology-Enhanced Learning: Scale Development and Validation. Australasian Journal of Educational Technology, Vol. 36, No. 4: 96-112, 2020.

Weidner, G., Kohlmann, C.-W., Dotzauer, E., & Burns, L. R. (1996). The effects of academic stress on health behaviors in young adults. Anxiety, Stress, & Coping, 9(2), 123–133.

Reddy, K. J., Menon, K. R., & Thattil, A. (2018). Academic stress and its sources among university students. Biomedical and Pharmacology Journal, 11(1), 531–537.

Sa’Diyah, N. P., & Rosy, B. (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 5(2), 552-563.

Sujadi, E., Meditamar, M. O., Ahmad, B., & Rahayu, A. (2018). Pengaruh Konsep Diri dan Locus of Control Terhadap Motivasi Berprestasi. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(1), 32–51.

Wardi, R., & Ifdil, I. Stress Conditions in Students Completing Thesis, Guidena: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, Vol.6, No. 2: 190- 194, 2016.

Weil Michelle M & Rosen Larry D. TechnoStress: Coping with Technology. California: Wiley Inc., 1997.

Whiting, S. B., Wass, S. V, Green, S., & Thomas, M. S. C. (2021). Stress and Learning in Pupils: Neuroscience Evidence and its Relevance for Teachers. Mind, Brain, and Education, n/a(n/a).




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v19i4.12068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dito Rozaqi Arazy, Danar Retno Sari


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan