Dinamika pencari kerja di kabupaten Gowa

Abdul Rahman, Nur Fadilah A, Sitti Aisyah, Sudirman Sudirman

Abstract


Lama mencari kerja bagi tenaga kerja pada masa sekarang ini merupakan suatu hal yang biasa kita temui, dimana tenaga kerja kesulitan dalam mencari pekerjaan. Masalah pengangguran yang terjadi tersebut akibat dari adanya ketidakseimbangan antara jumlah angkatan kerja dengan besarnya kesempatan kerja yang ada. Sehingga dalam hal ini, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh umur, pendidikan, upah, jenis kelamin, dan pengalaman kerja terhadap lama mencari kerja bagi tenaga kerja di Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari sebaran kuesioner dengan penarikan sampel menggunakan rumus proportionate stratified random sampling menjadi 100 responden. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel umur, pendidikan, upah, jenis kelamin, dan pengalaman kerja berpengaruh signifikan terhadap lama mencari kerja. Dan secara parsial variabel umur berpengaruh negatif dan signifikan terhadap lama mencari kerja. Variabel pendidikan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap lama mencari kerja. Variabel upah berpengaruh positif dan signifikan terhadap lama mencari kerja. Variabel jenis kelamin tidak terdapat perbedaan antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan terhadap lama mencari kerja. Dan variabel pengalaman kerja terdapat perbedaan bagi yang memiliki pengalaman kerja dengan yang tidak memiliki pengalaman kerja terhadap lama mencari kerja.


Keywords


Umur; Pendidikan; upah; jenis kelamin; pengalaman kerja; lama mencari kerja

References


Adi, R. P. (2011). Analisis Lama Mencari Kerja Bagi Tenaga Kerja Terdidik di Kecamatan Pedurungan. Universitas Diponegoro Semarang.

Arsyad, L. (1999). pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah. BPFE.

Habibah, T. U. (2017). Pengaruh Pengalaman dan Pelatihan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karywan dalam Perspektif Ekonomi Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Hartoko, Y. (2018). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, Jenis Kelamin, Umur, Status Perkawinan, dan Daerah Tempat Tinggal Terhadap Lama Mencari Kerja Tenaga Kerja Terdidik di Indonesia. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kaufman, B. E. (2000). The Economics of Labor Markets (Fifth). The Dryden Press.

Kaufman, B. E., & Hotchkiss, J. L. (1999). The Economics of Labor Markets, Fifth Edition. The Dryden Press.

Mariska, L., Asyiek, F., & Husin, A. (2016). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Lama Mencari Kerja Tenaga Kerja Terdidik Pada Pemerintahan Kota Prabumulih. Economic, Vol.2, No.2.

Pasay, N. H. A., & Indrayanti, R. (2012). Pengangguran, Lama Mencari Kerja, dan Reservation Wage Tenaga Kerja Terdidik. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan Indonesia, Vol. 12.

Rahmawati, F. dan, & Hadiwiyono, V. (2004). Analisis Waktu Tunggu Tenaga Kerja Terdidik di Kecamatan Jebres Kota Surakarta Tahun 2003. Universitas Negeri Sebeas Maret.

Setiawan, S. A. (2010). Pengaruh Umur, Pendidikan, Pendapatan, Pengalaman Kerja, dan Jenis Kelamin terhadap Lama Mencari Kerja bagi Tenaga Kerja Terdidik di Kota Magelang. Diponegoro Semarang.

Simanjuntak, P. J. (1998). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Simanjuntak, P. J. (2001). Pengantar Ekonomi Sumber Daya Manusia. Lembaga Penerbit Universitas Indonesia.

Sukirno, S. (2003). Pengantar Teori Makro Ekonomi. Rajagrafindo.

Supratikno, A. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Lama Mencari Kerja Bagi Tenaga Kerja Terdidik di Kabupaten Semarang. Universitas Diponegoro Semarang.

Susanti, T. R. A. (2014). Analisis Lama Mencari Kerja Bagi Tenaga Kerja Terdidik di Kabupaten Pemalang. Universitas Diponegoro Semarang.

Sutomo, A. S., & Susanti, L. (1999). Analisis Pengangguran Tenaga Kerja Terdidik di Kotamadya Surakarta (Pendekatan Search Theory).

Swarsih, C., Junaidi, & Rosmeli. (2020). Pengaruh Umur, Pendidikan, Upah, dan Jenis Kelamin Terhadap Lama Mencari Kerja Bagi Pekerja Terdidik di Kota Jambi ( studi kasus Kecamatan Kota Baru dan Telanaipura ). Jurnal Ekonomi Sumberdaya Dan Lingkungan, 9(1), 1–12.

Tobing, E. (2005). Pengangguran Tenaga Terdidik. Rineka Cipta.

Viani, D. O. (2019). Pengaruh Pengalaman Kerja dan Keterampilan Terhadap Lama Mencari Kerja Bagi Tenaga Kerja Terdidik di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v19i4.11839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Abdul Rahman, Nur Fadilah A, Sitti Aisyah, Sudirman Sudirman


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan