Pengaruh kompensasi bonus, profitabilitas, dan leverage terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia

Yulvido Arif Ramanda, Cornelius Rantelangi, Indra Suyoto Kurniawan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi bonus, profitabilitas, dan leverage terhadap manajemen laba. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan perusahaan manuaktur di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2012 sampai dengan 2018. Sampel dalam penelitian yang digunakan sebanyak 91 perusahaan pengamatan dari periode 2012-2018 yang menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan program SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kompensasi bonus menunjukkan pengaruh positif dan signiikan terhadap manajemen laba. (2) profitabilitas menunjukkan pengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba. (3) leverage menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba.


Keywords


Kompensasi bonus; profitabilitas; leverage; manajemen laba

References


Aji, Y. Dhamar dan Mita, F. Aria. (2010). Pengaruh Profitabilitas, Risiko Keuangan, Nilai Perusahaan, dan Struktur Kepemilikan Terhadap Praktek Perataan Laba. Simposium Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto.

Bareksa. (2015). BEI: Laporan Keuangan Inovisi Salah Saji, Suspen Saham Belum Akan Dibuka. Diakses 25 Februari 2020. https://www.bareksa.com/id/text/2015/02/25/bei-laporan-keuangan-inovisi-salah-saji-suspen-saham-belum-akan-dibuka/9562/analysis.

Dechow, Patricia M., et, Al. (1995). Detecting Earning Management. The Accounting Review. Vol. 7. No 2.

Elfira, Anisa. (2014). Pengaruh Kompensasi Bonus dan Leverage terhadap Manajemen Laba. Universitas Negeri Padang. Padang.

Gunawan, I K. Darmawan, Nyoman Ari S. dan Purnawati, G. Ayu. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. e-Journal Vol.3, No.1. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Jensen, Michael C. dan W.H. Meckling. (1976). Theory of The Firm: Managerial Behavir, Agency Cost and Ownership Structure. Jurnal of Financial Economics 3(4).

Nastiti, Ari Siata dan Tatang Ary Gumanti. (2011). Kualitas Audit dan Manajemen Laba Pada Initial Public Offering di Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi XIV. Aceh

Panggabean, Ryan Raymond. (2011). Pengaruh Corporate Governance Terhadap Praktek Manajemen Laba Pada Perusahaan Go Public di Indonesia. Universitas Diponegoro. Semarang.

Prajitno, Indah Pratiwi. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance, Kualitas Auditor dan Opini Auditor Terhadap Persistensi Laba. Universitas Katolik Soegijapranata. Semarang.

Pujiati, E.J dan Arfan, M. (2013). Struktur Kepemilikan dan Kompensasi Bonus Serta Pengaruhnya Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Telaah & Riset Akuntansi Vol. 6, No. 2.

Scott, William R. (2009). Financial Accounting Theory. Fifth Edition. Pearson Prentice Hall. Toronto.

Sulistyanto, Sri. (2008). Manajemen Laba: Teori dan Model Empiris. Grasindo. Jakarta.

Utari, Ni Putu L. Ayu dan Sari, Maria M. Ratna. (2016). Pengaruh Asimetri Informasi, Leverage, Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Institusional Pada Manajemen Laba. e-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol. 15. 3.

Wijaya, Veronika Abdi dan Christiawan, Yulius Jogi. (2014). Pengaruh Kompensasi Bonus, Leverage, dan Pajak terhadap Earning Management. Tax & Accounting Review. Vol.4, No.1.

Wildarman, Herawati, dan Resti, Yulistia Muslim. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Asimetri Informasi terhadap Manajemen Laba. Universitas Bung Hatta. Padang.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v19i3.11776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Yulvido Arif Ramanda, Cornelius Rantelangi, Indra Suyoto Kurniawan


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan