Pengaruh biaya penelitian dan pengembangan, biaya iklan dan promosi terhadap nilai perusahaan

Thiawati Kamal Mulyadi, Nurita Affan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya penelitian dan pengembangan, biaya iklan dan promosi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling sebanyak 26 perusahaan selama tahun 2015-2019. Sumber data yang digunakan berupa laporan keuangan tahun 2015-2019. Data diperoleh dari Indonesian Stoke Exchange (IDX). Teknik analisis data dengan menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel biaya penelitian dan pengembangan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan serta biaya iklan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.


Keywords


Biaya penelitian dan pengembangan; biaya iklan dan promosi; nilai perusahaan

References


Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2001). Manajemen Keuangan (Kedelapan). Erlangga.

Chen, M. (2005). An empirical investigation of the relationship between intellectual capital and firms ’ market value and financial performance. 6(2), 159–176. https://doi.org/10.1108/14691930510592771

Ghozali (2018). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Joshi, A., & Hanssens, D. M. (2010). The Direct and Indirect Effects of Advertising Spending on Firm Value. 74(1), 20–33.

Koslow, S et al., (2006). Do Marketers Get The Advertising They Need or The Advertising They Deserve ? Agency Views of How Clients Influence Creativity Do Marketers Get The Advertising They Need Or The Advertising They Deserve ? Agency Views of How Clients Influence Creativity.

Kurniawan, A Prawira., Mertha, I Made. (2016). Kinerja Keuangan Sebagai Pemediasi Pengaruh Intensitas Research and Development Dan Aset Tidak Berwujud Pada Nilai Perusahaan.

Lamb, Charles W., Joseph F. Hair, Carl McDaniel., (2001).Pemasaran. Edisi. Pertama, Salemba Empat, Jakarta.

Lu et al., (2010). Discovering Important Factors of Intangible Firm Value by Association Rules. 10(July 2009), 55–85. https://doi.org/10.4192/1577-8517-v10

Lubis et al., (2013). Pengaruh Pengeluaran Modal, Penelitian Dan Pengembangan, Transaksi Pihak Hubungan Istimewa Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Telaah Dan Riset Akuntansi, 6(1), 1–13.

Osinga et al., (2011). Why Do Firms Invest in Consumer Advertising with Limited Sales Response ? A Shareholder. 75(January), 109–124. https://doi.org/10.1509/jm.75.1.109

Rahmanita (2017). Biaya Produksi terhadap Laba Bersih dengan Volume Penjualan sebagai Variabel Intervening.

Sudana, I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek. Erlangga.

Sukirni, D. (2012). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Deviden Dan Kebijakan Hutang Analisis Terhadap Nilai Perusahaan. Accounting Analysis Journal, 1(2). https://doi.org/10.15294/aaj.v1i2.703

Widhiastuti et al., (2018). Pengaruh modal intelektual, biaya promosi, dan perputaran persediaan dalam mempengaruhi profit serta implikasinya terhadap nilai perusahaan. 15(02), 183–192.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v19i3.11775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Thiawati Kamal Mulyadi, Nurita Affan


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan