Pengaruh biaya penelitian dan pengembangan, biaya iklan dan promosi terhadap nilai perusahaan
DOI:
https://doi.org/10.30872/jakt.v19i3.11775Keywords:
Biaya penelitian dan pengembangan, biaya iklan dan promosi, nilai perusahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya penelitian dan pengembangan, biaya iklan dan promosi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling sebanyak 26 perusahaan selama tahun 2015-2019. Sumber data yang digunakan berupa laporan keuangan tahun 2015-2019. Data diperoleh dari Indonesian Stoke Exchange (IDX). Teknik analisis data dengan menggunakan Regresi Linier Berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel biaya penelitian dan pengembangan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan serta biaya iklan dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.
References
Brigham, E. F., & Houston, J. F. (2001). Manajemen Keuangan (Kedelapan). Erlangga.
Chen, M. (2005). An empirical investigation of the relationship between intellectual capital and firms ’ market value and financial performance. 6(2), 159–176. https://doi.org/10.1108/14691930510592771
Ghozali (2018). Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Joshi, A., & Hanssens, D. M. (2010). The Direct and Indirect Effects of Advertising Spending on Firm Value. 74(1), 20–33.
Koslow, S et al., (2006). Do Marketers Get The Advertising They Need or The Advertising They Deserve ? Agency Views of How Clients Influence Creativity Do Marketers Get The Advertising They Need Or The Advertising They Deserve ? Agency Views of How Clients Influence Creativity.
Kurniawan, A Prawira., Mertha, I Made. (2016). Kinerja Keuangan Sebagai Pemediasi Pengaruh Intensitas Research and Development Dan Aset Tidak Berwujud Pada Nilai Perusahaan.
Lamb, Charles W., Joseph F. Hair, Carl McDaniel., (2001).Pemasaran. Edisi. Pertama, Salemba Empat, Jakarta.
Lu et al., (2010). Discovering Important Factors of Intangible Firm Value by Association Rules. 10(July 2009), 55–85. https://doi.org/10.4192/1577-8517-v10
Lubis et al., (2013). Pengaruh Pengeluaran Modal, Penelitian Dan Pengembangan, Transaksi Pihak Hubungan Istimewa Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Telaah Dan Riset Akuntansi, 6(1), 1–13.
Osinga et al., (2011). Why Do Firms Invest in Consumer Advertising with Limited Sales Response ? A Shareholder. 75(January), 109–124. https://doi.org/10.1509/jm.75.1.109
Rahmanita (2017). Biaya Produksi terhadap Laba Bersih dengan Volume Penjualan sebagai Variabel Intervening.
Sudana, I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktek. Erlangga.
Sukirni, D. (2012). Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Deviden Dan Kebijakan Hutang Analisis Terhadap Nilai Perusahaan. Accounting Analysis Journal, 1(2). https://doi.org/10.15294/aaj.v1i2.703
Widhiastuti et al., (2018). Pengaruh modal intelektual, biaya promosi, dan perputaran persediaan dalam mempengaruhi profit serta implikasinya terhadap nilai perusahaan. 15(02), 183–192.
Downloads
Published
Issue
Section
License
AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
pISSN: 0216-7743 eISSN: 2528-1135
is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License