Lengaruh corporate social responsibility, return on equity dan debt to equity ratio terhadap reputasi perusahaan

Wadudi Wibowo, Muhammad Nashar, Arifatur Rihadah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Return on Equity (ROE) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Reputasi Perusahaan. Objek penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan kriteria perusahaan perbankan yang menyajikan laporan tahunan, pengungkapan CSR, dan menerima penghargaan citra perusahaan pada periode 2015-2019.  Memperoleh total sampel  dari 6 perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI yang memenuhi persyaratan sebagai sampel. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kausal. Hasil penelitian ini membuktikan secara empiris bahwa Corporate Social Responsibility (CSR) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh terhadap Reputasi Perusahaan. Sedangkan Return On Equity (ROE) tidak berpengaruh terhadap Reputasi Perusahaan.


Keywords


Corporate social responsibility (CSR); return on equity (ROE); debt to equity ratio (DER); reputasi perusahaan

References


Ang, R. (1997). Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Media Staff Indonesia.

Aryanti, Mawardi, & Andesta. (2016).

Pengaruh ROA, ROE, NPM, dan CR Terhadap Return Saham pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). I-Finance, 2(2).

Fitria, S., & Hartanti. (2010). Islam dan Tanggung Jawab Sosial : Studi Perbandingan Pengungkapan Berdasarkan Global Reporting Initiatiative Indeks dan Social Reporting Indeks. Simposium Nasional Akuntansi XIII.

Flatt, S. J., & Kowalczyk, S. J. (2011).

Corporate Reputation Persistence and Its Diminishing Returns United States of America. International Journal of Business and Social Science, 2(19), 1–

Franedya, R. (2018). OJK: Kasus SNP Finance Coreng Wajah Perbankan RI. CNBC INDONESIA.

https://www.cnbcindonesia.com/market

/20180926161457-17-34863/ojk-kasus-

snp-finance-coreng-wajah-perbankan-ri

Gatzert. N. (2015). The Impact of Corporate Reputation and Reputation Damaging Events on Financial Performance : Empirical Evidence from the Literature

E. European Management Journal. http://doi.org/10.1016/j.emj.2015.10.00 1

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada.

Sidik, F. M. (2018). Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Terhadap Corporate Reputation Dan Dampaknya Pada Brand Equity. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 41. https://doi.org/10.17509/jimb.v7i1.127 72




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v19i4.11718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Nashar


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan