Pengaruh harga, pendapatan dan kualitas layanan terhadap tingkat kepuasan pengguna driver online

Fauzia Bakhtiar, Eka Indriyani MS, Ahmad Efendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga, Pendapatan Dan Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Driver Online. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan Skala pengukuran yaitu skala Semantik Diferansial. Sampel diambil menggunakan non probability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dimana tidak semua anggota populasi dalam posisi yang sama memiliki peluang untuk dipilih menjadi sampel. Persamaan regresi Y=1.146+0.389X1+0.099X2+0.350X3+e, diperoleh koefisisen kolerasi nilai r sebesar 0.907 yang berarti bahwa besarnya kolerasi antara variabel independen (pendapatan, biaya dan kualitas layanan) terhadap kepuasan konsumen dinilai “sangat kuat†,nilai koefisien determinasi (R square) yaitu 0.823. Hal ini berarti bahwa 82,3% sedangkan sisanya (100%-82,3%) =17.7% dipengaruhi oleh variabel luar. Pada uji F (1) diperoleh probabilitas 0,000 dapat dikatakan variabel harga , pendapatan dan kualitas layanan (X) secara berpengaruh simultan signifikan terhadap kepuasan konnsumen (Y). Pada uji F (2) diperoleh probabilitas 0,000 dapat dikatakan variabel harga  dan pendapatan (X) secara berpengaruh simultan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Sedangkan  uji T (1) menunjukkan harga, pendapatan Dan  kualitas layanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan konsumen. uji T (2) menunjukkan harga berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas layanan. Sedangkan untuk pendapatan tidak berpengaruh terhadap kualitas layanan.


Keywords


Harga; pendapatan; kualitas pelayanan; kepuasan pelanggan

References


Arif, C. (2017). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Ojek Online Gojek (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan …. Repositori.Usu.Ac.Id. Http://Repositori.Usu.Ac.Id/Handle/123456789/1193

Artiningtyas, I., Minarsih, M. M., & Hasiholan, L. B. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Toko Vulkanisir Ban Top Cool …. Journal Of Management.

Bramastuti, Novia. 2009. Pengaruh Prestasi Sekolah Dan Tingkat Pendapatan Terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa Smk Bakti Oetama Gondangrejo Karanganyar

Cahya, Eva. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone SonYExperia Z Series Di Counter Insight Plaza Marina Surabaya Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi. Surabaya; Universitas Negeri Surabaya.

Choirul Marati, N. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (Studi Pada Konsumen Gojek Di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 4(3).

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS . Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafidz, I. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Grab Bike Di Kota Malang. Etheses.Uin-Malang.Ac.Id. Http://Etheses.Uin-Malang.Ac.Id/12590/

Kotler, G. A. P. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15e Édition. New Jersy: Pearson Education.

Mardikawati, Woro Dan Farida, Naili 2013. Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Bus Efisiensi. Jurnal Administrasi Bisnis. Semarang; Undip

Rahardja, P., & Manurung, M. (2008). Teori Ekonomi Makro. Jakarta: Lpfeui.

Reksohadiprojo, Sukanto.2000.Ekonomi Pengantar).Yogyakarta:Bpfe-Yogyakarta

Rifaldi, Kadunci, & Sulistyowati. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Transportasi Online Gojek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mahasiswa/I Administrasi Niaga Politeknik Negeri Jakarta. Jim Upb (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1).

Sugiono, 2016. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v19i3.11611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fauzia Bakhtiar, Eka Indriyani MS, Ahmad Efendi


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan