Penerapan akad mudharabah pada produk tabungan

Dinda Alifia Putri, Wirman Wirman

Abstract


Istilah mudhorabah adalah istilah yang umumnya digunakan dalam bank islam. Mudharabah dapat diartikan sebagai kerja sama yang dilakukan oleh dua pihak yaitu nasabah dengan pengelola bank dimana keuntungan yang akan diperoleh dari kerjasama tersebut sudah disesuaikan dengan kontrak yang telah disepakati bersama. Akan tetapi, untuk konsep kerugian akan ditanggung oleh nasahah. Kerugian yang ditanggung oleh nasabah dapat terjadi jika terdapat tindakan curang dan lalai dari pengelola bank. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk menginformasikan terkait analisis penulis kepada reader dan juga khalayak umum terkait penerapan akad mudharabah yang terdapat pada Bank Negara Indonesia Syariah atau BNI Syariah. Jenis penelitian kualitatif merupakan jenis penelitian yang digunakan dalam kajian jurnal ini. Penelitian ini menggunakan studi literature yang berasal dari artikel, jurnal, buku, dan beberapa sumber relevan lainnya. Hasil dan kesimpulan dari jurnal ini yaitu contoh penerapan akad mudharabah pada BNI Syariah yaitu pada produk tabungan iB Hasanah. Pada sejumlah bank di Indonesia terkhusus pada BNI Syariah sudah menerapkan dengan baik akad mudharabah yang telah dijalankannya.


Keywords


Akad; syariah; mudharabah

References


Darmawan, D., & Hamid, A. (2018). Penerapan Akuntansi Pembiayaan Mudharabah Berdasarkan PSAK No. 105 pada Bank Bni Syariah Kantor Cabang Mikro Kota Parepare. DIKTUM: Jurnal Syariah dan Hukum, 16(1), 65-80.

Kasmir, 2016. Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT: Raja Grafindo.

Kasmir, 2018. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajawali Pers.

Nazir, M. 2014. Metode Penelitian. Bogot: Ghalia Indonesia.

Pitaloka, C. N., & Wirman. 2021. Akad Mudharabah dan Musyarakah Terhadap Return On Asset Pada BNI Syariah. Laa Maisyir: Jurnal Ekonomi Islam, 28-39.

Rizki, N. E. 2019. Skripsi Analisa Realisasi Pendanaan Akad Mudharabah dalam Produk Tabungan BNI IB Hasanah. Jember: Universitas Jember.

Rumetna, M. S. (2018). Pemanfaatan Cloud Computing Pada Dunia Bisnis: Studi Literatur. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 5(3). 305-314.

Wirman. (2020). Pengaruh Nilai Tukar (Kurs), Jumlah Uang Beredar Dan Inflasi Terhadap Nilai Aktiva Bersih Reksa Dana Syariah Di Indonesia Tahun 2015-2019. Accounthink: Journal of Accounting and Finance, 5(2): 239-258.

Wiroso, 2005. Penghimpunan Dana dan Distribusi Hasil Usaha Bank Syariah. Jakarta: PT Grasindo.

Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v19i3.11579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dinda Alifia Putri, Wirman Wirman


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan