Pengaruh good corporate governance, corporate social responsibility, pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi

Sri Jumiati, Ferry Diyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut mengenai pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi dan menggunakan perusahaan manufaktur terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebagai sampel penelitian dengan periode pengamatan dari tahun 2015 sampai tahun 2019. Berdasarkan penyaringan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 16 perusahaan. Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif, regresi linear berganda, moderated regression analysis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: a) Kepemilikan manajerial dan Corporate Social Responsibility berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. b) Dewan komisaris independen berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. c) Pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. d) Profitabilitas tidak mampu memoderasi hubungan antara kepemilikan manajerial, dewan komisaris independen, pertumbuhan perusahaan dengan nilai perusahaan. e) Profitabilitas mampu memoderasi hubungan antara Corporate Social Responsibility dengan nilai perusahaan

Keywords


Good corporate governance; corporate social responsibility; pertumbuhan perusahaan; nilai perusahaan, profitabilitas

References


Apriliyanti, V. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitability Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Methodist, 2(2599–0136), 82–96.

Ayuningrum, N. (2017). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 1(2579-969X), 53–59.

Ervina Rosiana, G. A. M., Juliarsa, G., & Ratna Sari, M. M. (2013). Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 3(2302–8556), 723–738.

Fadillah, A. R. (2017). Analisis Pengaruh Dewan Komisaris Independen, Kepemilikan Manajerial, dan Kepemilikan Institusional Terhadap Kinerja PErusahaan Yang Terdaftar Di LQ45. Jurnal Akuntansi, 12, Nomor, 39–51.

Fatiyah, N., Sulistiyo, H., & Sam’ani. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas dan Good Corporate Governance sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan, 9(2086–3748), 91–106.

Fauzi, A. sulthon, Suransi, N. K., & Alamsyah. (2016). Pengaruh GCG dan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal InFestasi, 12(1), 1–19.

Gani, I., & Amalia, S. (2018). Alat Analisis Data Aplikasi Statistik Untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial Edisi Revisi.

Gustian, D. (2017). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Keputusan Investasi, dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan. E-Journal UNP, 1–20.

Hapsari, A. A. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance dan Corpoarate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 211–222.

Jensen, C. M., & Meckling, H. W. (1976). Theory Of The Firm : Managerial Behavior , Agency Costs And Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3, 305–360.

Junita, L. (2014). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur Modal dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2009-2012. E-Journal UNP, 1–13.

Kholmi, M., Ekonomi, F., & Muhammadiyah, U. (2010). Akuntabilitas Dalam Perspektif Teori Agensi. Junal Ekonomika-Bisnis, 02, 357–369.

Marius, M. E., & Masri, I. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Konferensi Ilmiah Akuntansi, 118–119.

Melani, S. (2017). Pengaruh CSR dan GCG Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(6), 1–24.

Muliana, & Ikhsani, K. (2019). Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan Dan Ukuran Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Infrastruktut Di BEI. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 1(2), 108–121. https://doi.org/10.31933/JIMT

Pertiwi, T. K., & Pratama Ika, F. M. (2012). Pengaruh Kinerja Keuangan, Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Food And Beverage. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(2), 118–127.

Pratiwi, R. A. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Listing Di BEI. Jom FISIP, 4(2), 1–13.

Putra Zulkarnain, A. D., Ali, M., & Aswan, A. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance, Corporate Social Responsibility, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan. Jurnal AKRUAL, 1–19.

Putri, A. K., Sudarma, M., & Purnomosidhi, B. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan dan Jumlah Dewan Komisaris sebagai Variabel Pemoderasi ( Studi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar Bursa Efek Indonesia ). Jurnal Aplikasi Manajemen, 344, 344–358.

Rahmadani, F. D., & Rahayu, S. M. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance, Profitabilitas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis, 52(1), 173–182.

Retno M, R. D., & Priantinah, D. (2012). Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Nominal, I, 85.

Sholiha, I. (2017). Pengaruh Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Perusahaan, Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Manufaktur Yang Terdaftar di BEI. 1–18.

Soedaryono, B., & Riduifana, D. (2013). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Corporate Social Responsibility. Jurnal Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, 13(1), 1–35.

Suastini, N. M., Purbawangsa Anom, I. B., & Rahyuda, H. (2016). Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Struktur Modal sebagai Variabel Moderasi). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 1(2337–3067), 143–172.

Sugiono. (2004). Konsep, Identifikasi, Alat Analisis dan Masalah Penggunaan Variabel Moderasi. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 1(2), 61–70.

Sundari, W. (2017). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance, Pertumbuhan Perusahaan, dan Set Kesempatan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan. E-Journal, 1–25.

Susanto, P. B., & Subekti, I. (2013). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis, 1–35.

Tambunan Sabrina, M. C., Saifi, M., & Hidayat, S. R. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis, 53(1), 49–57.

Triyono, F., & Setyadi, E. D. I. J. (2015). Pengaruh Good Corporate Governance dan PEngungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal KOMPARTEMEN, XIII(1), 64–82.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sri Jumiati, Ferry Diyanti


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan