Pengaruh laba bersih, current rasio dan arus kas terhadap harga saham perusahaan food and beverages

Muhammad Febri Nur Iman, Mega Norsita

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menguji Pengaruh Laba Bersih, Current Rasio dan Arus Kas Terhadap Harga Saham Perusahaan Food and Beverages di Bursa Efek Indonesia. Dengan jumlah observasi penelitian sebanyak 60 data dari 30 perusahaan Food and Beverage Tahun 2020-2021. Penelitian ini menggunakan alat analisis dengan regresi linear berganda, uji korelasi dan determinasi serta uji hipotesis yaitu uji t dan uji kelayakan model (F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji F atau Secara simultan variabel Laba Bersih, Current Rasio dan Arus Kas berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Berdasarkan uji t atau secara parsial laba bersih berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, current ratio berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, dan arus kas juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham.


Keywords


Laba bersih; current ratio; arus kas; harga saham

References


Andriyanty, S. (2020) Pengaruh Arus Kas dan Laba Bersih Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018). Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN. Indonesia Mandiri. Bandung.

Anggia K., (2019). Pengaruh Current Ratio, Debt To Equity Ratio, Return On Asset, Total Assets Turn Over, dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham. (Studi Kasus Pada Sub Sektor Food and Beverages Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2018. Skripsi. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Deitiana, T. (2013). Pengaruh Current Ratio, Return on Equity dan Total Asset Turn Over Terhadap Devidend Payout Ratio dan Implikasi Pada Harga Saham Perusahaan LQ 45. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. Vol. 15. No. 1 (82-88).

Dewi, Intan Saridian. (2017). Pengaruh CR, ROE, DER, EPS, PER Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 6, Nomor 12, Desember 2017

Fahmi, I. (2015). Analisis Laporan Keuangan. (D. Handi, Ed.) (Edisi ke 5). Bandung: Alfhabeta

Hanafi, Mamduh M., & Halim, Abdul. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Ed. Ketujuh. UPP AMP YKPN. Yogyakarta.

Kieso, D.E. (2013). Akuntansi Intermediate. Edisi Ketigabelas Jilid I. Erlangga. Jakarta.

Marlina, T., & Haryanto, R. A. (2018). Pengaruh Komponen Arus Kas dan Laba Bersih Terhadap Harga Saham Studi Empiris Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2010-2014. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan. 6 (1). 85-93.

Rahayu, L., Mulyadi., & Supriyadi,E. (2021). Laba Bersih, Rasio Hutang Atas Modal, Arus Kas Operasi dan Harga Saham Bank Umum Milik Negara. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP). 8 (01). 122-135

Sultan. Sri Wahyuni (2020). Pengaruh Current Ratio dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham di Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI. Skripsi. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tandelilin, E. (2017). Pasar Modal Manajemen,Portofolio & Investasi. Depok. PT. Kanisius

Yuliarti. (2012). Faktor Fundamental yang mempengaruhi Perubahan Harga Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Finansial yang Terdaftar di BEI tahun 2009-2010).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhammad Febri Nur Iman, Mega Norsita


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan