Pengaruh product quality terhadap brand loyalty melalui brand image dan brand trust sebagai variabel intervening

Aldri Afrianata, IBN Udayana Udayana, Bernadetta Diansepti Maharani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pengaruh Product terhadap Brand Image, Product quality terhadap Brand Trust, Brand Image terhadap Brand Loyality, Brand Trust Terhadap Brand Loyality, dan product quality terhadap brand loyality pada product Telokomsel. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data primer yang didapatkan dari menyebebar kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan teknik rondom sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 100 kuesioner. Data dianalisis menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Product quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image  dengan tingkat signifikasi 0.000 < 0.05 maka hipotesis I diterima. Product quality  berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand trust dengan tingkat signifikasi 0.000 < 0.05 maka hipotesis II  diterima. Brand Image  berpengaruh positif dan signifikann terhadap brand Loyality  dengna tingkat signifikansi 0.000 < 0.05 maka hipotesis III  diterima . Brand Trust  berpengaruh positif dan signifikann terhadap brand Loyality  dengna tingkat signifikansi 0.036 < 0.05 maka hipotesis IV  diterima . product quality  berpengaruh positif dan signifikann terhadap brand Loyality  dengna tingkat signifikansi 0.000 < 0.05 maka hipotesis V  diterima . Brand Image mampu memediasi Product quality terhadap brand loyality dengan hasil pengujian sobel dengan nilai 0.019< 0.05. Brand Trust mampu memediasi Product quality terhadap brand loyality dengan hasil pengujian sobel dengan nilai 0.000< 0.05.


Keywords


Product quality; brand image; brand trust; brand loyality

References


Afriani, L. N., & Setyono, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Nasabah Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Nasabah (Studi Pada Nasabah PT. BRI (Persero) Tbk. Yogyakarta). Jurnal Fokus, 7(2), 123–143.

Agustina, N., Dh, Achmad Fauzi, & Nuralam, Inggang Perwangsa. (2018). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Biaya Beralih, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pengguna Kartu Operator Seluler Simpati Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2015/2016 Dan 2016/2017 Fakultas Ilmu Administrasi. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 64(1), 92–101.

Andrian, L. W., & Dr, Mm. Se., S. N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Merek Pada Pelanggan Geprek Bensu Di Kota Malang. Holistic Journal Of Management Research, I(1).

Ayuwardani, R. P., & Isroah, I. (2018). Pengaruh Informasi Keuangan Dan Non Keuangan Terhadap Underpricing Harga Saham Pada Perusahaan Yang Melakukan Initial Public Offering (Studi Empiris Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). Https://Doi.Org/10.21831/Nominal.V7i1.19781

Damayanti Rissal, S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Kepercayaan Merek Dan Keputusan Pembelian. Pengaruh Harga Diskon Dan Persepsi Produk Terhadap Nilai Belanja Serta Perilaku Pembelian Konsumen, 7(9), 1–23.

Diputra, A. W., & Yasa, N. N. (2021). The Influence Of Product Quality, Brand Image, Brand Trust On Customer Satisfaction And Loyalty. American International Journal Of Business Management (Aijbm), 4(1), 25–34.

Fadhilah, A. (2015). Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha V-Ixion. Jurnal Mix, Vi(2), 188–205.

Handayani, F., Bawono, A., & Viktor. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Brand Image Produk Roti Breadtalk Di Jakarta. 4(1), 26–36.

Khizindar, T. M., & Al-Azzam, A. F. M. (2015). An Empirical Study Of Factors Affecting Customer Loyalty Of. British Journal Of Marketing Studies, 3(5), 98–115.

Moreira, A. C., Da Silva, P. M. F., & Ferreira Moutinho, V. M. (2017). The Effects Of Brand Experiences On Quality, Satisfaction And Loyalty: An Empirical Study In The Telecommunications Multiple-Play Service Market. Innovar, 27(64), 23–36. Https://Doi.Org/10.15446/Innovar.V27n64.62366

Mukholidah, S. I. (2018). Pengaruh Word Of Mouth , Brand Image , Dan Brand Trust.

Nofriyanti, A. R. (2017). Pengaruh Brand Trust, Brand Image, Perceived Quality, Brand Loyalty Terhadap Brand Equity Pengguna Telkomsel. Jurnal Ekonomi Bisnisekonomi Bisnis, 22(2), 130–142.

Noorhayati. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu Prabayar Telkomsel (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Muara Teweh). Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, 12(1).

Ogi, F. D. S. M. I. W. J. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa. 4(1), 58.

Semuel, H., Claranita, L., & Petra, U. K. (2017). Analisa Pengaruh Product Quality Terhadap Brand Loyalty Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi Pada Madame Chang Surabaya.

Yuliastuti, A. (2020). Pengaruh Brand Preference , Perceived Quality Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Konsumen Bloods Store Purwokerto ) Skripsi Diajukan Kepada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aldri Afrianata, IBN Udayana Udayana, Bernadetta Diansepti Maharani


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan