Pemahaman dan kepedulian dalam implementasi green accounting oleh UMKM produsen kain batik

Dwi Herlindawati, Sri Kantun, Anna Widayani, Tiara Tiara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan kepedulian para pelaku usaha UMKM produsen kain batik di Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur yang akan mendasari implementasi green accounting dalam menjalankan usahanya mereka. Green Accounting merupakan pengembangan dari ilmu akuntansi yang berperan melalui pengungkapan sukarela dalam laporan keuangan suatu usaha terkait dengan biaya lingkungan atau environmental cost. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Menggunakan teknik proporsional dengan Random sampling yaitu dipilih 3 UMKM Produsen Batik yang berada di kecamatan sekitar wilayah Kabupaten Jember. Analisis data dalam penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan model analisis data dari Miles and Huberman dalam Sugiyono (2017) yaitu Mereduksi data, Menyajikan Data, lalu melakukan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dua dari tiga pelaku usaha UMKM produsen batik di wilayah Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur telah memiliki pemahaman dan kepedulian yang baik dalam menjaga lingkungan hidup sebagai bentuk implementasi green accounting. Meski untuk detail pengeluaran biaya usaha dan biaya lingkungan belum mereka pahami secara rinci tapi mereka telah sadari bahwa biaya lingkungan menjadi tanggung jawab yang dibebankan pada laporan keuangan usaha mereka. Pemahaman dan kepedulian yang belum sepenuhnya dimiliki salah satu pemilik UMKM produsen kain batik disebabkan kemampuan menjalankan usaha diperoleh secara otodidak, pengalaman menjalankan usaha masih kurang, rendahnya tingkat pendidikan, serta minimnya pengetahuan dan pengalaman dalam mengelola biaya usaha dan biaya lingkungan menjadi penyebab belum maksimalnya pelaku usaha melakukan implementasi green accounting dalam menjalankan usahanya.


Keywords


Green accounting; implementasi green accounting; biaya lingkungan; umkm batik

References


Adham, M. (2020). Tingkat Kepedulian Dan Pengetahuan Umkm Dalam Mengimplementasikan Green Accounting Di Kota Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset …, 6(2), 181–188.

Arizona, I Putu Edy. dan Suarjana, I. W. (2017). Kepedulian dan pengetahuan pelaku bisnis mengenai Green Accounting. Jurnal Riset Akuntansi, 7(2), 157–166.

Asosiasi Perajin Batik Jawa Timur Daerah Jember. (2019). Diakses 15 Maret 2021 https://www.antaranews.com/berita/1092836/batik-jember-tumbuh-di-hampir-semua-kecamatan.

Ginting, P. (2007). Sistem Pengelolaan Lingkungan Dan Limbah Industri. Cetakan pertama. Bandung: Yrama Widya. Hal 37-200.

Jahamani, Y. (2003). Green Accounting in Developing Countries : The Case of U.A.E. and Jordan. Managerial Finance, 29(8), 37–45.

Kartikasari, Lisa. (2012). Niat Akuntan dan Akuntansi Lingkungan. Universitas Islam Sultan Agung, Semarang.

Lindrianasari. (2007). Hubungan antara Kinerja Lingkungan dan Kualitas Pengungkapan Lingkungan dengan Kinerja ekonomi Perusahaan di Indonesia. JAAI., 11. No 2.0.

Moleong L J. (2007). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya Offset, Bandung.

Mowen, H. d. (2009) Akuntansu Manajemen Edisi 8. Salemba Empat, Jakarta,

Mošnja, L., & Gržinić, J. (2019). Environmental Accounting In Function Of Sustainable Development Of Highly Touristic Region Of Istria. 650– 689.

Musyarofah, S. (2013). Analisis Penerapan Green Accounting Di Kota Semarang. 2(3), 352–359.

Pentiana, D. (2019). Pemahaman dan Kepedulian Penerapan Green Accounting: Studi Kasus UKM Tahu Tempe di Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah ESAI, 13(1), 38.

Peraturan Pemerintah Nomor 7. (2021). Peraturan Pemerintah tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Peraturan Pemerintah Nomor 47. (2012). Peraturan Pemerintah tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas.

Pratiwi, DN & Pravasanti, YA. (2018). Analisis Penerapan Green Accounting pada Industri Batik Lawean. Journal of Accounting and Finance, Vol.3, Hal. 536-549.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Wijayanto, L. S. A. dan D. (2019). Pengaruh Environmental Performance Dan Environmental Disclosure Terhadap Economic Performance. Proceedings The 1st Accounting Conference Depok, 7 – 9 November 2007, 9(2).

Yaya, R., Wibowo, S. A., Ulfaturrahmah, & Jalaludin, D. (2018). Environmental disclosure practices after mandatory disclosure policy in Indonesia. Journal of Business and Retail Management Research, 12(4), 88–100.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v19i1.10792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dwi Herlindawati, Sri Kantun, Anna Widayani, Tiara Tiara


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan