Determinan kepatuhan wajib pajak orang pribadi

Amanda Aga Permana, Yuli Chomsatu, Riana Rachmawati Dewi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh kualitas pelayanan, sosialisasi pajak, penggunaan e-filing, kesadaran wajib pajak, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam pelaporan SPT tahunan di tengah Pandemic Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini wajib pajak orang pribadi Di KPP Pratama Sukoharjo yang berjumlah 85.210 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden, metode problability sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner. Teknik analisis data dengan analisis regresi linier berganda, dilanjutkan uji t, uji f dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan: kualitas pelayanan, sosialisasi pajak, penggunaan e-filing, kesadaran wajib pajak, dan sanksi perpajakan baik secara parsial dan bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam pelaporan SPT tahunan di tengah Pandemic Covid-19.


Keywords


Determinan; kepatuhan; wajib pajak; orang pribadi

References


Atarwaman, R. J. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Dan Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Jurnal Akuntansi, 39-51.

Ketut, I. P. (2020). Pengaruh Penerapan E-Filling Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan WPOP. E-Jurnal Akuntansi, 1183-1195.

Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi 11 Jilid 1 dan 2 Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Jakarta.

Mardiasmo. (2008). Perpajakan, Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Meiranto, E. R. (2017). Pengaruh Sanksi Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Pengetahuan Dan Pemahaman Perpajakan, Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Diponegoro Journal Of Accounting, 1-13.

Rahayu, S. K. (2017). Perpajakan Indonesia konsep & aspek formal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Resmi, S. (2017). Perpajakan: Teori dan Kasus (10th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Toly, H. M. (2013). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kegiatan Sosialisasi Perpajakan, dan Pemeriksaan Pajak terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan di KPP Pratama Surabaya Sawahan. Tax & Accounting Review, 124-135.

Wahono, S. (2012). Teori dan Aplikasi: Mengurus Pajak itu Mudah. Mojokerto: Gramedia Direct.

Waluyo. (2007). Perpajakan Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Amanda Aga Permana, Yuli Chomsatu, Riana Rachmawati Dewi


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan