Analisis minat menggunakan mobile banking

Nursiah Nursiah, Muh. Ferils, Jamaludin Kamarudin

Abstract


Mobile banking merupakan fasilitas perbankan dengan menggunakan alat komunikasi seluler seperti ponsel. Layanan mobile banking memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan transaksi perbankan seperti cek saldo, transfer antar rekening dan pembayaran tagihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat dan persepsi keamanan terhadap minat menggunakan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu persepsi kemudahan penggunaan (X1), persepsi manfaat (X2), persepsi keamanan (X3) dan minat menggunakan (Y). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 100 responden nasabah Bank Rakyat Indonesia Kabupaten Mamuju Tengah. Teknik Analisa yang digunakan yaitu regresi linear berganda untuk mengukur pengaruh secara parsial dan simultan . Hasil yang didapatkan menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat dan persepsi keamanan terhadap minat menggunakan.


Keywords


Mobile banking merupakan fasilitas perbankan dengan menggunakan alat komunikasi seluler seperti ponsel. Layanan mobile banking memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan transaksi perbankan seperti cek saldo, transfer antar rekening dan pembayara

References


Afghani, M. F., & Yulianti, E. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Risiko, Serta Kesadaran Nasabah Terhadap Adopsi E-Banking Di Bank Bri Surabaya. Journal of Business & Banking, 6(1), 113–128. https://doi.org/10.14414/jbb.v6i1.898

Aidar, A. A. N. (2018). Pengaruh persepsi manfaat,kemudahan penggunaan dan kepercayaan terhadap sikap penggunaan layanan mobile banking. Retrieved from http://eprints.iain-surakarta.ac.id/2457/

Amanullah, B. (2014). Kepercayaan Terhadap Sikap Positif Penggunaan Layanan Mobile Banking ( Survey Pada Nasabah Bank BCA Semarang ). Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/43009

Ananda, H. R. (2019). Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Menggunakan, Persepsi Manfaat, Dan Persepsi Kompatibilitas Terhadap Intensi Menggunakan Layanan Mobile Payment. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/14180

Anggraeni, S. (2019). Persepsi Kemanfaatan terhadap Minat Nasabah Menggunkan Mobile Banking dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening. Retrieved from http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/6394

Anwar, M. F. (2018). Pengaruh Persepsi Kegunaan,Kepercayaan dan Risiko terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

APJII. (2019). Pengguna Internet Di Indonesia 2018 Bertambah 28 juta. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/05/16/penggunainternet-di-indonesia-2018-be

Bagastia, M. I. (2018). Pengaruh Kemudahan, Kenyamanan, Dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Retrieved from http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/4772/

Cermati.com. (2019). BRI Mobile dan SMS banking BRI serta cara aktivasi dan menggunakannya. Retrieved from https://www.cermati.com/artikel/brimobile-dan-sms-banking-bri-serta-cara-aktivasi-dan-menggunakannya

Davis, F.D. 1989. Perceived Esefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly. Vol. 13 No. 5: pp 319-339.

Fahmi, Z., & Evanita, S. (2019). Pengaruh Iklan dan Perceived Security terhadap Minat Transaksi Pebayaran Berbasis e-Payment dengan Sikap sebagai Variabel Intervening pada Masyarakat di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 01(02), 83–96

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman penelitian untuk Penulisan skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gusti Aditya Rachman, RR Yulianti Prihatiningrum, & Rusniati (2021). Pengaruh Variabel TAM, Persepsi Risiko, Pengaruh Sosial Terhadap Kepuasan dan Penggunaan Kembali Secara Terus-Menerus Aplikasi Mobile Bankng Bank KALSEL. Journal of Applied Business and Economics (JABE) Vol. 7 No. 4 (Juni 2021) 508-520.

Igbaria, M. 2000. Computer anxiety and attitudes towards microcomputer use. Behaviour Inform. Tech. 9(3) 229–241.

Iliyin, A. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan OVO PT Visionet Data International (Studi Pada Pengguna OVO di Kota Surakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 85–92.

Irmadhani, M. A. N. (2012). Pengaruh persepsi kebermanfaatan, persepsi kemudahan penggunaan dan Computer Self Efficacy, Terhadap Penggunaan Online Banking Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 3(1), 1–20.

Jogiyanto. 2007, Metodologi Penelitian Bisnis : Salah Kaprah dan Pengalamanpengalaman. Yogyakarta: BPFE

Jogiyanto. (2008). Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Laksana, G. (2015). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Resiko Dan Persepsi Kesesuaian Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Rembang, Jawa Tengah). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 26(2), 1–8.

Larasati, D. H., Kokom. K., & R. deni, M. D (2020). Analisis Minat Menggunakan BRI Mobile (Survei pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kota Sukabumi). E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 9(6), 525-538.

Lidwina, A. (2019). Hanya 24,5% Penduduk Dewasa yang Pakai Ponsel Untuk Transaksi Keuangan. Retrieved from ttps://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/11/15/hanya-245-pendudukdewasa-gunakan-telepon-seluler-untuk-transaksi-keuangan

Lupiyoadi, R., & Ikhsan, R. B. (2015). Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta Selatan: Salemba Empat.

Mohamed Gamal Aboelmaged, Tarek R Gebba. 2013. : An Examination Of Technology Acceptance Model and Theory of Planned Behavior. International Journal of Business Research and Development ISSN 1929-

Nurhaliza, S. L. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Resiko Dan Keamanan Terhadap Minat Penggunaan E-Money Di Kalangan Mahasiswa Di Yogyakarta. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/18349

Nurhayati, Anam, H., & Manalu, V. B. (2020). Persepsi Kegunaan,Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Kerahasiaan, Kesiapan Teknologi Informasi Terhadap Intensitas Perilaku Dalam Penggunaan E-Filing. Jurnal GeoEkonomi ISSN-Elektronik, 11(1), 1–15.

Oktabriantono, A. P., Sulindawati, N. luh G. E., & Dewi, P. E. D. M. (2017). Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Keamanan, dan Persepsi Risiko terhadap Penggunaan E-banking pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2), 1–10.

Rahayu, P. R. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking (Universitas Islam Indonesia; Vol. 1). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Rahyuni. (2019). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking pada Masyarakat Boyolali. Retrieved from http://eprints.iain-surakarta.ac.id/4640/

Rizky, N., Yasa, I. N. P., & Wahyuni, M. A. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Dan Pengetahuan Terhadap Minat Menggunakan E-Banking Dalam Bertransaksi Pada Umkm Di Kecamatan Buleleng. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 9(2), 191–202.

Saptawati, Y. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Keamanan & Manfaat Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bulukumba. Retrieved from http://repository.stienobel-indonesia.ac.id/handle/123456789/297

Saputri, L. (2018). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persespi Risiko terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Fasilitas Electronic Banking Bank Syariah dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (IAIN Salatiga; Vol. 53). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sari, I. (2019). Pengaruh Kemudahan,Manfaat Penggunaan Teknologi, Fitur Layanan Dan Keamanan,Terhadap Minat Menggunakan E-Money, Dengan Sikap Penggunaan Sebagai Variabel Intervening. Retrieved from http://erepository.perpus.iainsalatiga.ac.id/5989/

Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Venkatesh dan Morris. 2000. User acceptance of information technology: Toward a unified view. MIS quarterly, 425-478.

Wahyuningsih, S. A. (2019). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kemanfaatan Dan Risiko Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening. Retrieved from http://erepository.perpus.iainsalatiga.ac.id/5277

Wibiadila, I. (2016). Pengaruh kegunaan, kemudahan, resiko, dan kualitas layanan terhadap minat nasabah dalam menggunakan mobile banking. Management Journal, 2(2), 1–13.

Wulandari, C. O. (2017). Pengaruh Kebermanfaatan, kemudahan penggunaan dan Persepsi Risiko terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/59902




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v19i1.10711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nursiah Nursiah, Muh. Ferils, Jamaludin Kamarudin


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan