Pengaruh biaya operasional, perputaran persediaan dan good corporate governance terhadap profitabilitas perusahaan BUMN di Indonesia

Nur Kholis, Heri Susanto, Rosita Rosita, Hestin Mutmainah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis apakah Biaya Operasional, Perputaran Persediaan, good corporate governance berpengaruh secara signifikan terhadap Profitabilitas perusahaan. Perusahaan BUMN yang terdaftar di BEI periode tahun 2015-2020 adalah populasi penelitian ini. Jumlah sampel yang digunakan adalah 30 dari 6 perusahaan pada kurun waktu 6 tahun. Peneliti menggunakan tehnik purposive sampling dalam pengambilan sampel. Analisis data menggunakan metode Analisis regresi linear berganda. Uji normalitas menggunakan Uji asumsi klasik. Data diolah menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Biaya Operasional secara parsial mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas perusahaan. Perputaran Persediaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas perusahaan. Good Corporate Governance dengan Proksi Dewan Komisaris Independen dan Komite Audit secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas perusahaan. Biaya Operasional, Perputaran Persediaan, Good Corporate Governance dengan proksi Dewan Komisaris Independen dan Komite Audit berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap Profitabilitas perusahaan.


Keywords


Biaya operasional; perputaran persediaan; good corporate governance; profitabilitas

References


Asriyanti, E., dan Syafruddin. (2017) Pengaruh Harga Jual, Volume Penjualan Dan Biaya Operasional Terhadap Profitabilitas Perusahaan Pada PT. Prisma Danta Abadi. (Tahun 2014-2015). Jurnal Akuntansi, 11(1), 33-50. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/measurement/article

Febru, A. I. S., dan Ifah Lathifah. (2019) Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan. 4(1), 21-30.

HTTPS://E-JOURNAL.STIE-AUB.AC.ID/INDEX.PHP/AKTUAL

Hansen, Don R., dan Maryanne M. W. (2015) Akuntansi Manajerial. Buku 1 edisi 8. Penerbit Salemba Empat.

Horngren, Charles T. Walter T. Harrison Ir., Michael A. Robinson, Thomas H. Secokusumo. (1997) Akuntansi di Indonesia. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Islamiyani, S. P. (2018). Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Biaya Operasional Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus Pada Sektor Lembaga Pembiayaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). https://elibrary.unikom.ac.id/id

Lilia, Wirda. (2018). Pengaruh Good Corporate Governance, Modal Kerja, Solvability, Aset Turnover, Dan Biaya Operasional Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Periode 2013-2015. Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma (JRAM), 5(1). 14-19.

https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/JRAM/article/view/485/436

Maulida. I. S. R. (2019) Pengaruh Biaya Promosi Dan Biaya Tenaga Kerja Terhadap Profitabilitas Di PT. Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 3(1), 15-27.

https://elearning2.unisba.ac.id/index.php/amwaluna/article

Melanthon Rumapea, M. (2017). Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode 2013-2015. Jurnal Akuntansi dan Keuangan METHODIST, 1(1), 45-56

http://methosika.net/index.php/jsika/article

Rimardhani, H., R. Rustam Hidayat, Dwiatmanto. (2015). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Perusahaan. (Studi kasus Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar di BEI Tahun 2012-2014). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 31(1).

http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article

Rudianto. (2012). Pengantar Akuntansi, Konsep Dan Tehnik Penyusunan Laporan Keuangan, Adaptasi IFRS. Penerbit Erlangga.

Safitri, A. F. I., dan Ifah Lathifah. (2019). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan Dan Ukuran Persediaan Terhadap Profitabilitas (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2017) Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 4(1), 21-30.

Https://E-Journal.STIE-AUB.ac.id/index.php/AKTUAL

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Sutedi, A. (2011). Good Coorporate Governance. Jakarta: Penerbit Sinar Grafika.

www.idx.co.id

Zandra, R. A. P. (2015) Pengaruh Biaya Operasional dan Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas. Jurnal Akuntansi dan Investasi, 1(1), 93-107.

http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_aktiva/article




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v19i1.10621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nur Kholis, Heri Susanto, Rosita Rosita, Hestin Mutmainah


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan