Pengaruh green brand image, green satisfaction, dan green trust terhadap green loyalty

Laila Nurul Firmansah, Henny Welsa, Nonik Kusuma Ningrum

Abstract


Penelitian ini disusun untuk mengetahui pengaruh Green Brand Image, Green Satisfaction, dan Green Trust Terhadap Green Loyalty (Studi Kasus Pada Konsumen Starbucks Coffee Yogyakarta). Penelitian tersebut menggunakan metode survey sehingga populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen Starbucks Coffe periode Juli 2021. Penelitian ini menggunakan teknik yaitu purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner untuk pengambilan sampel sebanyak 100 orang konsumen Starbucks Coffe periode Juli 2021. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa Green Brand Image, Green Trust, Green Satisfaction berpengaruh secara simultan terhadap green loyalty pada konsumen Starbucks Coffee. (1) Variabel green brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap green loyalty karena thitung lebih besar dari nilai ttabel (3,098>1,975), nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,003<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,161. (2) Variabel Green trust berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap green loyalty karena nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (3,296>1,975), nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 (0,001<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,201. (3) Variabel Green satisfaction berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap green loyalty karena nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (3,296>1,975), nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 (0,001<0,05), dan koefisien regresi mempunyai nilai positif sebesar 0,201.


Keywords


Green brand image; green satisfaction; green trust; green loyalty

References


Adji, J., dan Semuel, H. 2014. Pengaruh Statisfactions dan Trust Terhadap Minat Beli Konsumen (Purchase Intention) Di Starbucks The Square Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2 (1), pp: 1-10.

Akbar, W., Hassan, S., Khurshid, S., and Niaz, M. 2014. Antecedents Affecting Customer‘s Purchase Intentions towards Green Products. Journal of Sociological Research, Vol. 5 (1), pp: 1948-5468.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Chang & Fong. 2010. Green Product Quality, Green Customer Satisfaction, Green Corporate Image and Green Customer Loyalty. African Journal of Business Management. 4 (13):2837-2842.

Chen, Y. S., and Chang, S. H. 2013. Greenwash and Green Trust: The Mediation Effects of Green Consumer Confusion and Green Perceived Risk. Journal Bus Ethics, 114, pp: 489-500.

Chen, Yu-Shan. (2010). The Drivers Of Green Brand Equity: Green Brand Image, Green Satisfaction, and Green Trust. Journal Of Business Ethics, Vol 93(2): Hal. 307-319.

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Cretu, A. E., and Brodie, R. J. (2007). The Influence of Brands Image and Company Reputation Where. Industrial Marketing Management 36, 230 – 240.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen, Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Griffin, Ricky W.(2016). Perilaku Organisasi-Manajemen Sumber. Daya Manusia dan Organisasi Edisi Kesembilan. Jakarta: Salemba Empat.

Halim, Julia dan Kempa, Sesilya. 2016. Pengaruh Green Perceived Value, Green Perceived Risk, Green Trust, Dan Perceived Price Terhadap Green Purchase Intention Produk Ac Low Watt Di Surabaya. AGORA. Vol. 4, No. 1, (2016).

Hutomo, Agyl Satrio, 2010. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Produk Makanan Tela Krezz Cabang Bekasiâ€, Jurnal Manajemen dan Bisnis Gunadarma, Depok, 2010.

Ismani, Platomi. 2008. Pengaruh Citra Merek. FISIP UI.

Kang, S. dan Hur, W.M. (2012). “Investigating the Antecedents of Green Brand Equity: A Sustainable Development Perspectiveâ€. Corporate Social Responsibility and Environmental Management. Wiley-Blackwell. Vol. 19 (5). Hal. 306–316.

Kennedy, Jhon E & R. Dermawan Soemanagara. (2006). Marketing. Comunication. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Populer.

Kotler, Philip & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management. Edisi 15, Global Edition. United Kingdom: Pcarson Education.

Lee, Kaman. 2008. Oppotunies for Green Marketing: Young Consumers. Marketing Intelligence & Planning, Vol. 26, No. 6: 573-586.

Lin. N.H and Lin. B.S. (2007). The effect Of brand image and product knowledge on purchase intention moderated by price discount. Journal of international management studies.

Martinez, Patricia. 2015 "Customer loyalty: exploring its antecedents from a green marketing perspective". International Journal of Contemporary Hospitality Management, Vol. 27 Issue: 5, pp.896-917.

Martinez, Patricia., 2015, ‘Customer Loyalty: Exploring it’s Antecedents From a Green marketing Perspective’, International Journal of Hospitality Management, Vol. 27 No. 25.

Nasution, 2002. Metode Research: Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Neviana. (2010). Triple Bottom Line: Lebih Dari Sekedar Profit. Retrieved 27 Oktober 2017 from http://swa.co.id/my-article/triple-bottom-line-lebih-dari-sekadar-profit.

Nuttavuthisit, K. dan Thøgersen, J. (2017). “The Importance of Consumer Trust for the Emergence of a Market for Green Products: The Case of Organic Foodâ€. Journal of Business Ethics. Springer Netherlands. 140 (2). Hal. 23–337.

Ottman, Jacquelyn A. (2011). The New Rules of Green Marketing, UK: Greenleaf Publishing.

Permana, M.S. & Haryanto, J.O., 2014.Pengaruh Country of Origin, Brand Image dan Persepsi Kualitas terhadap Intensi Pembelian. Jurnal Manajemen, 18(3), pp.365–380.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2008). Consumer behavior and marketing strategy. (8th ed.). Singapore: McGraw-Hill.

Polo, A.I., Frías, D.M. and Rodríguez, M.A. 2013. Antecedents of Loyalty Toward Rural Hospitality Enterprises: The Moderating Effect of The Customer’s Previous Experience. International Journal of Hospitality Management, Vol 34, No 1. pp. 127-137.

Pratama, M. A. 2014. Profil Green Consumers Indonesia: Identifikasi Segmen dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Green Products. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya. 3 (1).

Ramadhan, 2010. Analisis Antesenden Green Brand Equity Hubungannya dengan Customer Loyalty. Journal of Management, Vol 35, No. 3. pp. 1-20.

Saleem, M. A., Khan, M. A., & Alam, S. (2015) Antecedents of Green Purchase Intentions: Evidence from Customers of Electronics Products from Multan District. Journal of European Academic Research, (II), 14900-14916.

Situmorang, J. (2011). Pemasaran Hijau Yang Semakin Menjadi Kebutuhan Dalam Dunia Bisnis. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.7, No.2: hal. 131–142.

Starbucks Company Profile – Mission Statement. (n.d) Retrieved from https://www.starbucks.com/about-us/company-information/mission-statement.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: CV. Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.10279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Laila Nurul Firmansah, Henny Welsa, Nonik Kusuma Ningrum


Crossref logo 

Editorial Address

Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan
Faculty of Economics and Business, Mulawarman University
Jl. Tanah Grogot No.1 Samarinda Kalimantan Timur 75119
Email: jakt.feb.unmul@gmail.com

StatCounter: Akuntabel: Jurnal Akuntansi dan Keuangan