Pengaruh transaksi online shopping terhadap loyalitas pengguna aktif

Authors

  • Siska Ernawati Fatimah Fakultas Ekonomi Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon.
  • Lis Tatin Herdinadiatin Fakultas Ekonomi Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon.
  • Ario Purdianto Fakultas Ekonomi Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon.
  • Nadhira Azzahra Fakultas Ekonomi Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon.

DOI:

https://doi.org/10.30872/jakt.v18i4.10269

Keywords:

Transaksi online shopping, loyalitas konsumen, kepuasan konsumen

Abstract

Perkembangan e-commerce saat ini menjadi  pilihan bisnis di era pandemi covid 19. Kondisi pasar yang semakin dinamis dengan persaingan semakin kompetitif, menimbulkan perubahan pola pada perilaku berbelanja di masyarakat termasuk di Indonesia. Belanja online menjadi pilihan konsumen untuk berbelanja pada saat ini karena mudah dilakukan, praktis, dan aman untuk melakukan transaksi jual beli. Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia, namun masih banyak pengguna aplikasi tokopedia beralih ke marketplace lain dengan berbagai alasan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Transaksi Online Shopping terhadap Loyalitas Pengguna Aktif Aplikasi Tokopedia di Kota Cirebon melalui Kepuasan Konsumen. Populasi penelitian ini Pengguna Aktif Aplikasi Tokopedia di Kota Cirebon. Teknik pengambilan sampel dengan sample random sampling sebanyak 100 responden. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analysis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Transaksi Online Shopping berpengaruh secara langsung signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Transaksi Online Shopping berpengaruh secara langsung signifikan terhadap Kepuasan Konsumen. Sedangkan kepuasan konsumen berhasil memediasi Transaksi Online Shopping terhadap Loyalitas Pengguna Aktif Aplikasi Tokopedia.

References

Agustina, F. I. (2020). Pengaruh Persepsi Nilai dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Alfamart di Kota Mataram. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Aisyah Siregar, I. (2020). PENGARUH TRANSAKSI ONLINE SHOPPING, KEPERCAYAAN DAN RISIKO TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA E-COMMERCE. JURNAL MUHAMMADIYAH MANAJEMEN BISNIS, 1(2).

Andhini, A., & Khuzaini. (2017). Pengaruh Transaksi Online Shopping, dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen pada E-commerce. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(7), 1–23. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1753/1763

Aprilia, L., Maming, J., & Pakki, E. (2020). The Influence Of Trust And Service Quality On Loyalty Through Customer Satisfaction At State-Owned Banks In Makassar City. Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 3(1), 36–48. https://doi.org/10.26487/hjabe.v3i1.295

Ardiani, E., & Murwatiningsih. (2017). Membangun Loyalitas Konsumen Melalui Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen. Management Analysis Journal, 6(3), 274–284.

Deyalage, P. A., & Kulathunga, D. (2020). Exploring Key Factors for Customer Satisfaction in Online Shopping: A Systematic Literature Review. International Business Management, 06(1), 163–190.

Dhiranty, A., Suharjo, B., & Suprayitno, G. (2017). AN ANALYSIS ON CUSTOMER SATISFACTION, TRUST AND LOYALTY TOWARD ONLINE SHOP (A CASE STUDY OF TOKOPEDIA.COM). Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship. https://doi.org/10.17358/ijbe.3.2.102

Diana Leli Indratno, S. R. (2018). PENGARUH KEPUASAN TRANSAKSI ONLINE DAN KEPERCAYAAN TERHADAP SIKAP KONSUMEN PADA E-COMMERCE (STUDI KASUS PEMBELIAN PRODUK LAZADA.CO.ID PADA MAHASISWA DI KOTA YOGYAKARTA). Jurnal Bisnis Teori Dan Implementasi, 9(2), 146–157.

Nirawati, L., Ayu, B., Safitri, D., & Ahmad, R. F. (2020). Pengaruh Kemudahan Transaksi dan Kepercayaan Produk Loyalitas Pelanggan Gojek (Studi Pada Mahasiswa Aktif Administrasi Bisnis UPN “Veteran†Jawa Timur). Jurnal Syntax Idea, 2(9), 594–604.

Purthi, C. D., & Gupta, P. (2017). THE IMPACT OF ONLINE SHOPPING ON CUSTOMER SATISFACTION IN Mr . Chander Deep Purthi , ( Research Scholar ). 5(5), 1–11.

Singh, H. (2020). Customer Satisfaction and Loyalty Towards Online Shopping : a Study in Ludhiana. 17(6), 14552–14560.

Suwarsito, S., Ghozali, S., Setianingrum, H. W., & Alawiyah, S. (2020). Quality of Service, Satisfaction and The Effect towards Customer Loyalty. Jurnal Manajemen Bisnis, 7(1), 32–39. https://doi.org/10.33096/jmb.v7i1.419

Published

2021-12-27

Issue

Section

Articles